Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Karena Anemia

Sponsors Link

Sakit kepala banyak sekali penyebabnya, seperti stres atau banyak pikiran, kekurangan cairan kurang nutrisi, olahraga yang terlalu berat, pola makan yang tidak sehat, kurang istirahat dan salah satunya adalah sakit kepala karena anemia. Banyak orang yang mengeluhkan sakit kepala, dan setelah di cek ke dokter terdekat, ternyata kadar hemoglobin rendah atau terkena anemia.

ads

Anemia ini adalah suatu kondisi dimana tubuh memiliki kadar hemoglobin yang di bawah normal atau kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Dan merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Karena sel darah merah yang mengandung hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh berkurang saat seseorang tersebut terkena anemia. Yang menyebabkan kadar sel darah merah atau hemoglobin berkurang dan menyebabkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh pun kurang atau tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini menyebabkan orang yang anemia merasakan sakit kepala terus menerus atau pusing, lemah, mudah capek, lesu.

Penyebab sakit kepala saat anemia

Pada penderita anemia, seringkali merasakan penyebab sering sakit kepala dan mual, hal ini dikarenakan pada seseorang yang terkena anemia sel darah merah yang ada di dalam tubuh kurang dari angka normalnya dan menyebabkan terjadinya peningkatan pada penghancuran sel darah merah, terjadi pembesaran limpa, kerusakan mekanik pada sel darah merah, reaksi auto imun terhadap sel darah merah dan karena otak tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Dan jika anemia ini dibiarkan saja tidak diobati dalam jangka panjang, dapat menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung dan juga stroke.

Penyebab anemia

Pada seseorang yang terkena anemia jumlah sel darah merah atau hemoglobinnya kurang dari batas normalnya, yang hal ini disebabkan oleh :

  • Kurangnya asupan zat besi
  • Menderita penyakit kronis
  • Adanya kelainan
  • Kehilangan darah
  • Menstruasi berlebihan
  • Kehamilan
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Gejala anemia

Penting untuk mengetahui anemia sejak dini, oleh karena itu perlu bagi Anda mengetahui beberapa gejala seseorang terkena anemia :

  • Sering kelelahan
  • Kelopak mata tampak pucat
  • Sering mual
  • Merasakan pusing atau sakit kepala
  • Ujung kuku pucat
  • Sesak nafas
  • Kulit terlihat pucat
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Rambut mulai rontok
  • Menurunnya kekebalan tubuh

Dan berikut ini beberapa cara mengatasi sakit kepala karena anemia :

      1. Memenuhi asupan zat besi

Zat besi dalam tubuh sangat berperan penting, agar jumlah sel darah merah dalam tubuh tidak kekurangan jumlahnya. Oleh karena itu, untuk memenuhi ketersediaan sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh, sangat penting bagi Anda untuk memenuhi asupan zat besi Anda, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, seperti pada sayur-sayuran yang berwwarna hijau tua, buah, daging merah dan hati.

      2. Mencukupi kebutuhan istirahat Anda

Dengan tercukupinya waktu istirahat Anda dan tidak kurang karena begadang. Maka tubuh Anda pun dapat menjalankan fungsi organnya dengan maksimal, sehingga membuat Anda pada pagi harinya dapat bangun dengan keadaan segar tanpa sakit kepala.

      3. Rutin berolahraga

Dengan berolahraga secara rutin, membuat sel darah merah atau hemoglobin mengalir dengan lancar dan membuat tubuh Anda menjadi tidak kekurangan oksigen yang dapat menyebabkan pusing atau sakit kepala.

      4. Penuhi kebutuhan vitamin C Anda

Vitamin C ini ternyata tidak hanya ampuh mengatasi sariawan, kolesterol, dan sebagai anti oksidan. Namun vitamin ini juga membantu Anda mengatasi sakit kepala yang disebabkan oleh anemia. Pasalnya, vitamin C ini membantu mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh.

      5. Mengkonsumsi buah-buahan

Buah-buahan kaya akan berbagai kandungan nutrisi dan juga vitamin yang diperlukan oleh tubuh dalam memproduksi sel darah merah dan juga mengatasi penyakit anemia. Oleh karena itu, cobalah untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan Anda.

      6. Mengkonsumsi beras merah

Cara mengatasi sakit kepala karena anemia lainnya yaitu dengan mengganti beras putih Anda dengan beras merah. Pasalnya beras merah ini tidak hanya baik untuk menurunkan kolesterol, dan membuat pencernaan lebih lancar, namun beras merah ini ternyata juga kaya akan kandungan zat besi nya yang sangat baik untuk mengatasi sakit kepala karena anemia.

      7. Meningkatkan konsumsi sayuran 

Sayuran memang sudah terbukti dapat mengatasi berbagai penyakit tertentu, karena kandungannya yang kaya akan serat dan juga nutrisi serta rendah lemak jenuhnya. Untuk sakit kepala karena anemia, sayur-sayuran ini khususnya sayuran berwarna hijau tua, mengandung klorofil, mineral dan juga vitamin yang membantu proses produksi sel darah merah serta meningkatkan produksi sel darah merah.

      8. Ikan-ikanan

Berbagai jenis ikan sangat baik untuk dikonsumsi, terutama bagi para penderita anemia. Pasalnya, ikan mengandung B12 yang tinggi, yang mana vitamin B12 tersebut sangat baik bagi orang yang memiliki keluhan darah rendah.

      9. Kurangi minuman beralkohol dan berkafein

Mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga berkafein tidak dianjurkan bagi penderita anemia. Hal ini dikarenakan minuman tersebut dapat membuat penyerapan zat besi terhambat dan minuman berkafein dan beralkohol ini bersifat mengikat sel darah merah.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi sakit kepala karena anemia. Selamat mencoba!

 

, , ,