Sponsors Link

Ketika Sakit Kepala Karena Banyak Pikiran Melanda

Sponsors Link

Ketika banyak pikiran melanda akibat banyaknya permasalahan, tugas atau deadline kantor, tugas kuliah dan yang lainnya. Dapat menyebabkan seseorang menjadi terasa pusing atau sakit kepala. Hal ini terjadi karena terjadinya peningkatan aktifitas impuls saraf di otak. Tidak hanya menyebabkan sakit kepala, banyak pikiran juga dapat menyebabkan berbagai penyakit fisik lainnya, seperti tekanan darah tinggi, maag, dll. Karena adanya pelepasan adrenalin ke dalam aliran darah.

ads

Dan selain karena banyak pikiran atau stres, penyebab sakit kepala ini juga dapat timbul karena beberapa penyebab atau faktor lain, seperti, gangguan tidur, posisi tubuh yang salah saat bekerja, kelelahan pada mata, pola hidup yang tidak sehat, waktu makan yang tidak teratur dan penghentian konsumsi kafein.

Penyakit sakit kepala karena banyak pikiran ini terjadi juga karena seseorang memiliki banyak permasalahan yang dipikirkannya, oleh karena itu secara tidak sadar otak pun menghasilkan hormon kortisol yang dapat merusak organ-organ tubuh termasuk pada kepala atau otak yang menyebabkan timbulnya sakit kepala terus menerus. Selain menyebabkan timbulnya sakit kepala, banyak pikiran juga dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit lainnya, seperti :

  1. Maag

Ketika Anda sedang banyak pikiran menyebabkan produksi asam lambung Anda naik. Dengan meningkatnya asam lambung tersebut menyebabkan lambung luka dan menyebabkan timbulnya maag.

2. Menurunnya daya ingat

Terlalu banyak berpikir membuat kepala Anda menjadi terganggu aktifitasnya, dan jika terlalu sering akan memberikan dampak pada menurunnya kemampuan memori otak. Menurut sebuah penelitian mengungkapkan, nahwa stres dapat menurunkan daya ingat Anda. Biasanya bagian ingatan yang diserang adalah pada bagian spasial yang memiliki fungsi membantu Anda mengingat lokasi atau suatu objek tertentu. Ketika Anda sedang banyak pikiran juga memicu naiknya hormon kortisol, yang menyebabkan penurunan memori Anda.

3. Sesak nafas

Sakit kepala karena banyak pikiran juga dapat berdampak lain pada sesaknya nafas Anda. Saat Anda banyak pikiran akan memicu pada naiknya denyut nadi atau jantung Anda, sehingga jantung menjadi bekerja lebih keras dan menimbulkan sesak nafas.

4. Darah tinggi (hipertensi)

Selanjutnya, karena banyak pikiran juga bisa memicu terjadinya darah tinggi. Hal ini karena pada saat Anda sedang banyak pikiran, Anda akan merasa tertekan, stres, cemas, atau khawatir.

5. Depresi

Dampak lain dari banyak pikiran selain sakit kepala yaitu depresi. Terlalu banyak berfikir atau terlalu mencemaskan sesuatu bahkan pada hal yang kecil, akan berdampak pada gangguan pada mental Anda dan juga depresi.

6. Gangguan libido

Banyak pikiran membuat pengaruh besar terhadap produksi esterogen dalam tubuh, yang memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan organ reproduksi. Dan jika proses produksi esterogen tidak berjalan dengan baik, akan berdampak pada terjadinya gangguan pada libido.

Itulah tadi berbagai dampak dari banyak pikiran selain sakit kepala. Oleh karena itu, cobalah untuk menenangkan diri Anda ketika sedang banyak masalah dan jangan terlalu dipikirkan secara terus menerus, namun cobalah untuk mencari solusi atau jalan keluarnya. Berikut beberapa cara mengatasi sakit kepala karena banyak pikiran :

  • Olahraga secara rutin

Karena dengan berolahraga secara rutin, dapat membuat tubuh Anda segar dan pikiran Anda menjadi lebih rileks dan tenang. Karena olahraga dapat meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh, yang mana endorfin tersebut berfungsi sebagai hormon yang meningkatkan relaksasi, sehingga tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih rileks dan bahagia.

  • Terapkan pola hidup sehat

Cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat untuk mengurangi beban yang ada di pikiranAnda sehingga lebih rileks. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, yaitu dengan meningkatkan makanan mengandung serat tinggi seperti sayuran, buah-buahan dan yogurt untuk merelaksasikan tubuh Anda sehingga tidak mudah stres. Buah-buahan untuk obat sakit kepala ini dianggap ampuh. Dan membatasi konsumsi makanan berlemak jenuh tinggi. Selain itu juga jangan lupa untuk tidak mengkonsumsi alkohol dan juga rokok.

  • Cobalah melakukan beberapa teknik relaksasi

Teknik relaksasi seperti yoga, meditasi serta pijat, dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh Anda, dan menghilangkan beban-beban pikiran pada kepala Anda. Seperti pijat, pijat dapat melancarkan aliran darah yang tersumbat dan menghilangkan ketegangan pada tubuh Anda sehingga dapat menghilangkan sakit kepala Anda, dan cara menghilangkan sakit kepala dengan pijatan lainnya.

  • Cukup istirahat dan perbaiki waktu tidur Anda

Cobalah untuk beristirahat yang cukup dan sebisa mungkin jauhi begadang, karena dengan begadang menurut sebuah penelitian, membawa dampak pada kurangnya waktu Anda untuk beristirahat sehingga dapat memicu meningkatnya stres dan sakit kepala karena banyak pikiran. Oleh karena itu, cobalah untuk tidur tepat waktu dan cobalah untuk istirahat atau tidur sejenak disela waktu istirahat kerja Anda. Karena tidur atau istirahat sejenak pada siang hari disela waktu istirahat kerja Anda, membawa dampak besar pada kesegaran otak Anda dan menghindarkan stres atau sakit kepala. Hal ini juga biasa terjadi pada anak yang suka tidur larut, dan merupakan penyebab sakit kepala pada anak.

  • Konsumsi analgesik

Dan yang terakhir, jika memang sakit kepala tak kunjung reda, cobalah untuk meminum analgesik atau obat sakit kepala. Namun tetap sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Itulah tadi berbagai dampak sakit kepala karena banyak pikiran dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat!

, , ,