Sponsors Link

Penyebab Sakit Kepala Karena Depresi dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Di jaman millenial seperti sekarang ini, yang segala sesuatunya berdasarkan gengsi dan gaya hidup yang cukup tinggi, namun harga kebutuhan yang terus melonjak membuat sebagian orang di Indonesia atau bahkan di dunia ini mengalami sakit kepala karena depresi. Menurut WHO atau World Health Organization, terdapat lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia ini yang mengalami depresi. Dan perempuan memiliki angka yang cukup tinggi dibandingkan dengan laki-laki.

ads

Depresi termasuk kepada penyebab sakit kepala yang menduduki peringkat tertinggi. Sebab, segala masalah dan juga urusan hidup yang dipikirkan akan berujung kepada depresi, jika tidak ada penanganan dan juga kesadaran diri. Dan depresi ini secara tidak langsung adalah yang membuat Anda mengalami sakit kepala terus menerus.

Sakit kepala karena depresi ini terjadi, karena pada saat seseorang mengalami depresi, di dalam tubuh orang tersebut akan mengeluarkan hormon yang bernama kortisol, dan hormon kortisol inilah yang sifatnya merusak organ-organ pada tubuh Anda sehingga salah satunya menyebabkan Anda mengalami sakit kepala. Dan jika dibiarkan, efek sakit kepala karena stres ini, akan berdampak buruk bagi tubuh. Beberapa dampak negatif dari depresi, yaitu seperti : tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, dll.

Berikut beberapa tanda dan gejala seseorang terkena depresi :

  • Menarik diri

Orang yang cenderung menarik diri dari keseruan kegiatan, atau berkumpul bersama banyak orang dan merasa tidak tertarik lagi dengan kegiatan yang seru, ramai dan menyenangkan, merupakan salah satu tanda orang tersebut terkena depresi.

  • Pesimis

Orang yang mengalami depresi, cenderung merasa pesimis terhadap segala hal yang akan dilakukannya. Ia memandang segala sesuatunya dari segala kemungkinan buruk yang akan terjadi, dan selalu merasa akan gagal dan takut.

  • Kehilangan energi

Pada orang yang depresi, karena terlalu banyak berfikir dan menyebabkan hormon kortisol dalam tubuh menjadi berlebihan, sehingga pada orang yang depresi akan terasa seperti orang yang tidak mempunyai semangat dan kehilangan energi.

  • Mudah menangis

Tanda dan gejala lainnya dari seseorang yang depresi yaitu, orang yang terkena depresi biasanya akan mudah sekali menangis.

  • Kehilangan selera makan

Pada sebagian orang yang deperesi ia akan kehilangan selara makannya atau bahkan ada yang kebalikannya, yaitu nafsu makan melonjak drastis.

  • Banyak Tidur

Orang yang depresi akan merasa malas melakukan sesuatu dan cenderung hanya ingin tidur. Namun adapula orang depresi yang mengalami susah tidur karena banyaknya masalah yang dipikirkan

  • Gangguan pencernaan

Pada saat seseorang terkena depresi cenderung merasakan penyebab sakit kepala dan mual. Yaitu adanya gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan pada saat depresi asam lambung Anda naik dan akhirnya mengikis lambung Anda sehingga lambung Anda menjadi luka dan pencernaan juga menjadi terganggu.

  • Hilang konsentrasi

Depresi membuat seseorang menjadi kehilangan konsentrasi

Itulah beberapa tanda dan ciri orang yang terkena depresi selain sakit kepala. Dan harus mengetahui tanda dan ciri-ciri tersebut sejak dini agar mendapatkan penanganan secara segera sehingga terhindar dari berbagai macam komplikasinya.

Cara mengatasi sakit kepala karena depresi

1. Mendekatkan diri pada Allah swt

Dengan menambah ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah, insya Allah hati dan pikiran akan menjadi lebih tenang dan juga damai, sehingga depresi dapat terobati. Karena rata-rata orang yang mengalami depresi ini adalah orang yang tingkat kedekatannya dengan pencipta-Nya kurang.

2. Rutin berolahraga

Dengan rutin berolahraga akan membuat tubuh ini memproduksi hormon endorfin yang menimbulkan rasa bahagia.

3. Melakukan hobi Anda

Cobalah untuk melakukan hobi atau hal yang sangat Anda sukai, hal ini untuk menghindari Anda dari depresi serta juga dapat mengatasi rasa depresi.

4. Mandi air hangat

Air hangat dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh Anda. Dengan mandi air hangat, tubuh Anda menjadi terasa lebih rileks dan tidak ada lagi otot-otot yang tegang serta sakit kepala karena depresi.

5. Melakukan pijat

Pijat dapat menjadi salah satu cara menghilangkan sakit kepala dengan pijatan. Dengan pijatan yang tepat di kepala, mampu melancarkan aliran darah di kepala dan membantu mengurangi sakit kepala karena depresi serta melemaskan otot-otot yang tegang.

6. Memperbaiki postur tubuh

Sakit kepala karena depresi yang Anda rasakan bisa dikarenakan postur tubuh Anda yang kurang baik. Postur tubuh saat Anda berdiri dan juga duduk sangat berpengaruh terhadap sakit kepala yang Anda rasakan. Karena hal ini mampu mencegah ketegangan pada otot.

Itulah tadi penyebab terjadinya sakit kepala karena depresi dan juga cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

, , ,