Sponsors Link

11 Gejala dan Cara Mengatasi Sakit Kepala Karena Kelelahan

Sponsors Link

Sakit kepala merupakan penyakit yang biasa terjadi dan diderita oleh siapa saja. Secara garis besar sakit kepala terbagi menjadi dua yaitu sakit kepala sekunder dan sakit kepala primer. Sakit kepala primer merupakan jenis sakit kepala yang belum diketahui penyebabnya secara pasti. Sedangkan sakit kepala sekunder merupakan jenis sakit kepala yang terjadi akibat penyakit tertentu.

ads

Banyak hal yang dapat menjadikan seseorang menderita sakit kepala seperti dehidrasi akibat cuaca panas, sakit maag, telat makan, dan akibat dari kelelahan. Nah saat ini kami akan membahas mengenai sakit kepala karena kelelahan. Setiap orang menjalani aktivitas rutin di kantor atau di rumah akan mengalami yang namanya fase kelelahan. Dimana saat tubuh memerlukan istirahat yang cukup atau hanya sekedar mengkonsumsi makanan untuk mengisi perut yang kosong.

Efek sakit kepala terus-menerus akan mengakibatkan gangguan pada aktivitas harian Anda. Apalagi jika Anda seorang ibu rumah tangga, pasti sangat mengganggu sekali dengan kondisi seperti itu. Seperti apa sih sakit kepala karena kelelahan?

  1. Kepala terasa berdenyut ketika hendak membaringkan badan. Kepala terasa berdenyut akan menjadi pembuka penyebabnya sakit kepala akibat kelelahan. Jika Anda merasakan hal serupa bisa jadi itu merupakan gejala sakit kepala karena kelelahan.
  2. Kepala serasa berputar, seperti orang memiliki penyakit darah rendah. Akan merasakan pusing berputar saat Anda lama berdiri atau duduk.
  3. Sesak napas, ini juga dapat terjadi pada seseorang yang menderita sakit kepala karena kelelahan. Sebab asupan nutrisi dan oksigen secara perlahan berkurang menuju otak. Sedangkan otak bekerja keras memenuhi aktivitas Anda.
  4. Lemas, biasa diderita bagi orang yang mengalami pusing kepala. Karena sakit kepala memiliki efek terhadap tubuh yang semakin hari semakin melemah. Sehingga membuat si penderita lemas.

Itulah beberapa efek atau rasa yang dirasakan oleh tubuh atau si penderita ketika sakit kepala bagian depan menyerang karena efek kelelahan. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini cara mengatasi sakit kepala karena kelelahan.

  1. Berolahraga secara teratur. Hal yang satu ini dapat juga Anda terapkan untuk mengatasi atau mengurangi sakit kepala. Sebab jika Anda rajin berolahraga maka sirkulasi darah akan lancar.
  2. Jaga berat badan ideal. Sebab hubungan sakit kepala dengan hipertensi yang kambuh dapat disebabkan oleh berat badan yang tidak ideal. Karena kadar lemak yang tinggi dapat berisiko sakit kepala.
  3. Mengatur pola makan, dalam hal yang satu ini Anda dianjurkan untuk mengatur pola makan agar terjadi keseimbangan antara gizi dan nutrisi. Hindari makanan penyebab sakit kepala berkepanjangan untuk mencegah sakit kepala terulang kembali.
  4. Istirahat yang cukup dan menghindari begadang. Salah satu kunci mengatasi sakit kepala dapat melakukan istirahat yang cukup.
  5. Menjaga pola tidur agar badan tetap vit dan segar. Jika Anda tidak memiliki riwayat vertigo Anda dapat menerapkan beberapa pola tidur yang tepat.
  6. Kurangi konsumsi teh, kopi, minuman bersoda, dan alkohol. Selain makanan Anda juga harus memperhatikan minuman yang dapat mengakibatkan sakit kepala. Jika dirasa Anda sakit kepala saat setelah meminum sesuatu sebaiknya segeralah meminum minuman pereda sakit kepala yang manjur dan menyehatkan, seperti jahe hangat.
  7. Mengelola stres. Stres juga dapat menjadi awal pemicu sakit kepala secara keseluruhan atau sakit kepala cluster. Untuk itu mengelola stres adalah sebuah tindakan yang harus Anda lakukan agar terhindar dari sakit kepala maupun menghilangkan sakit kepala secara alami.
Sponsors Link

Selain mengatasi beberapa cara diatas Anda juga dapat mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis sakit kepala yang berbahaya atau tidak. Agar Anda tidak salah dalam mengobati sakit kepala. Selain itu kenali juga penyebab sering sakit kepala dan mual, karena biasanya sakit kepala akibat kelelahan juga berpotensi dengan rasa mual. Sebab tidak ada makanan yang masuk dan digiling oleh usus, sehingga kepala akan pusing disertai mual dan akan berakibat penyakit maag.

Tak hanya itu, orang yang sedang hamil juga kerap kalau mengalami pusing atau sakit kepala. Sakit kepala saat hamil biasanya disebabkan oleh hormon pada si ibu. Seorang wanita jika sedang hamil memiliki kadar hormon yang berbeda dari biasanya seperti suhu tubuh, emosi, dan kestabilan berat badan. Selain itu sakit kepala juga dapat terjadi pada anak-anak, yang patut diwaspadai adalah penyebab sakit kepala pada anak kecil. Karena anak kecil akan merasa tidak nyaman dengan kondisi yang ia rasakan.

Tahukah Anda, bahwa pengaruh gigi berlubang dan sakit kepala akut ada ikatannya. Gigi berlubang memiliki saraf yang menyatu dengan kepala sehingga saat gigi sakit akan nyambung dengan kepala. Nah, pasti pernah Anda rasakan saat sakit gigi tiba-tiba pusing melanda itulah sebabnya saraf gigi nyambung dengan kepala. Yuk kita menjaga kesehatan tubuh sedini mungkin, rajinlah juga berolahraga agar sirkulasi udara dan darah selalu berganti menjadi lebih fresh dan memiliki oksigen yang baru. Jika tubuh sudah merasa lelah lebih baik Anda langsung beristirahat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup