Sponsors Link

Sakit Kepala karena Panas Matahari: Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Sakit kepala karena panas matahari adalah informasi yang mengenai fakta bahwa paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala terjadi. Seperti diketahui, sakit kepala adalah nyeri di bagian kepala yang dapat menyerang beberapa bagian kepala dan membuat penderitanya merasakan sakit yang tidak tertahankan.

ads

Sakit kepala dapat disebabkan oleh panas matahari tentu sudah dapat diterima oleh akal sehat. Namun, apa yang menjadi hubungan diantara keduanya adalah penyebab sakit kepala karena matahari itu sendiri. Apa saja penyebabnya? Berikut ini daftarnya.

4 Penyebab Sakit Kepala karena Panas Matahari yang Membahayakan

Sinar matahari dapat menyebabkan sakit kepala, mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu karena ada penyebab sakit kepala yang berkaitan dengan panas matahari itu sendiri. Kira-kira ada 4 penyebabnya. Simak penjelasan berikut ini mengenai keempat penyebab tersebut. Semoga dapat bermanfaat.

1. Akibat dari Dehidrasi

Berdiri di tempat panas dalam waktu lama diketahui dapat menyebabkan dehidrasi. Keadaan dehidrasi ini bisa menimbulkan sakit kepala dan tubuh akan terasa lemas. Pasalnya dehidrasi akan terus mengeluarkan keringat dan tubuh akan kekurangan cairan. Jadi pasokan oksigen ke kepala pun dapat berkurang dan membuat anda menjadi sakit kepala.

2. Akibat dari Suhu yang Meningkat

Suhu yang meningkat secara tiba tiba diketahui akan memberikan gangguan pada sistem jaringan saraf. Akhirnya otomatisasi dari sistem saraf untuk menjaga sistem kerja otak tersebut menjadi terpengaruh oleh meningkatnya suhu badan yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, hindarilah paparan sinar matahari langsung mengenai tubuh anda yang menjadi penyebab sakit kepala.

3. Akibat dari Sinar Matahari ke Mata

Sinar matahari yang membuat silau mata pun diketahui dapat mempengaruhi sakit kepala. Pasalnya, sinar matahari akan membuat mata menjadi silau dan mempengaruhi sejumlah penglihatan dan sarafnya. Akhirnya, otak merespon gangguan tersebut sebagai pemicu sakit kepala yang terasa meningkat. Itulah mengapa sering disebut ada hubungan sakit kepala dengan mata yang harus anda waspadai.

4. Akibat dari Panas di Kepala

Paparan sinar matahari langsung pada kepala diketahui juga menjadi penyebab sakit kepala yang paling umum menyerang seseorang. Keadaan ini mau tidak mau hanya dapat anda hindari dengan tidak terkena paparan langsung di bawah panas matahari tersebut.

Setelah mengetahui apa saja penyebab sakit kepala akibat matahari, maka selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah cara mengatasinya. Pada bagian selanjutnya, anda akan mempelajari sedikitnya 5 cara mengatasi sakit kepala akibat sinar matahari.

5 Cara Mengatasi Sakit Kepala karena Panas Matahari

Berikut ini informasi mengenai 5 cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati sakit kepala yang anda rasakan akibat dari pengaruh sinar matahari yang terpapar pada anda dalam kegiatan anda sehari-hari. Selamat mencoba khasiatnya!

1. Keringkan Keringat Tanpa AC

Setelah terkena sinar matahari anda akan merasa gerah. Sesaat setelah masuk ke ruangan anda langsung menghilangkan keringat dengan menggunakan AC. Hal ini harus anda hindari, lebih baik anda keringkan keringat anda menggunakan lap atau benda penyerap lainnya. Efek AC yang terlalu dingin hanya akan menyebabkan ketidakseimbangan suhu di tubuh anda yang dapat memicu jenis sakit kepala ini menjadi lebih terasa.

2. Hindari Minum Minuman Dingin

Juga jangan hilangkan rasa panas anda dengan minum air dingin sesaat setelah terpapar matahari. Lebih baik konsumsi air normal untuk mencukupi kebutuhan air anda. Air dingin malah dapat memicu sakit kepala lebih parah, karena kontras suhu yang terlalu jauh pada anak anda.

Sponsors Link

3. Aturlah Pola Makan Teratur Anda

Mengatur pola makan pun menjadi cara yang paling disarankan untuk anda mengatasi sakit kepala akibat matahari ini. Konsumsilah makanan yang mengandung kalsium dan vitamin untuk membantu tubuh mengurangi efek sakit kepala yang terasa akibat sinar matahari tersebut.

4. Istirahatkan Tubuh Beberapa Saat

Jika anda telah kelelahan beraktivitas di bawah sinar matahari, maka segeralah istirahatkan tubuh anda dengan menggunakan khasiat dari tidur. Tidur dapat memulihkan tubuh dengan menjaga suhu badan lebih stabil dan mencukupi stamina untuk kemudian dapat beraktivitas kembali.

5. Konsumsi Air Putih dengan Rajin

Terakhir anda disarankan untuk rajin mengonsumsi air putih selama beraktivitas di bawah sinar matahari. Permasalahannya adalah jika anda tidak rajin mengonsumsi air putih, maka anda dapat kekurangan cairan dan mengalami sakit kepala. Selain itu air putih memang termasuk dalam minuman pereda sakit kepala yang diakui khasiatnya.

Demikianlah tadi informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi sakit kepala karena panas matahari. Semoga informasi yang disampaikan ini sesuai dengan kebutuhan informasi anda. Jangan lupa untuk sebisa mungkin menghindari aktivitas yang menyebabkan paparan langsung sinar matahari ke kepala anda ataupun mata. Bagaimanapun juga obat sakit kepala tradisional seperti yang dijelaskan di atas lebih nyaman dilakukan daripada obat medis yang memiliki efek sakit kepala menjadi lebih beresiko. Jadi selamat mencoba.

, , , , ,