Penyebab Sakit Kepala Leher Kaku Mual Yang Patut Diperhatikan

Setiap orang pasti pernah merasakan adanya beberapa kondisi yang dapat dikategorikan sebagai permasalahan kesehatan pada kepala baik yang ringan maupun berat. Kondisi yang umumnya terjadi pada kebanyakan orang biasanya merupakan permasalahan kesehatan yang ringan pada kepala seperti sakit kepala atau pusing, kepala yang pening, nyeri pada kepala, dan lain sebagainya. Meskipun kondisi yang muncul pada kepala merupakan keadaan yang dapat dikatakan sebagai masalah ringan namun harus tetap menjadi perhatian khusus bagi masing masing individu.

Perhatian khusus tersebut perlu dilakukan mengingat bagian bagian kepala terdiri dari berbagai macam 0rgan vital yang memiliki manfaat dan peran penting dalam menunjang kehidupan serta aktivitas sehari hari. Beberapa bagian bagian kepala yang penting tersebut diantaranya beberapa indera tubuh seperti mata sebagai indera penglihatan, lidah sebagai indera perasa, kuping sebagai indera pendengaran, hidung sebagai indera penciuman, serta terutama otak sebagai pusat dari sistem syaraf pusat manusia.

Mengingat adanya berbagai macam organ penting tersebut tentu setiap individu tidak boleh meremehkan apapun bentuk permasalahan kesehatan yang terjadi di kepala yang salah satunya adalah kondisi sakit kepala leher kaku mual. Kondisi tersebut harus dipastikan mengenai penyebab sakit kepala tersebut dan dampak yang dapat muncul melalui pemeriksaan medis serta pemahaman terhadap keadaan yang ada yang dijelaskan dalam beberapa uraian dan ulasan di bawah ini.

1. Migrain

Penyebab pertama yang dapat memicu munculnya gejala sakit kepala leher kaku mual adalah karena sakit kepala sebelah atau yang sering dikenal dengan istilah migrain. Sakit kepala Migrain merupakan kondisi dimana terjadi sakit kepala yang muncul dengan kondisi nyeri pada salah satu sisi kepala saja. Denyutan dan nyeri yang muncul dari kondisi migrain akan terjadi berulang. Salah satu ciri yang cukup spesifik dari kondisi migrain meskipun tidak semua penderitanya mengalami adalah kondisi penderita yang sensitif terhadap cahaya maupun suara. Keadaan bahaya migrain berkepanjangan perlu diperhatikan dan diwasapadai.

1. Motion Sickness

Motion Sickness merupakan istilah yang digunakan dalam dunia medis untuk menjelaskan kondisi mabuk dalam perjalanan. Keadaan mabuk dalam perjalanan tersebut juga dapat menyebabkan munculnya gejala sakit kepala leher kaku mual. Mual dan muntah merupakan keadaan yang akan muncul pertama kali dari sesorang yang menderita mabuk perjalanan atau motion sickness diikuti dengan beberapa gejala lainnya yang dapat menyebabkan gangguan pada tubuh.

1. Perubahan hormonal

Penyebab sakit kepala dengan leher kaku disertai mual lainnya dapat terjadi karena perubahan hormonal terutama pada wanita. Perubahan hormonal seperti pada saat menstruasi, kehamilan, menopouse, penggunaan kontrasepsi hormon, pergantian hormon. Berbagai macam kondisi perubahan hormonal diatas dapat memicu terjadinya gejala mual yang disertai dengan sakit kepala dan leher kaku serta beberapa keadaan lain yang cukup menganggu meskipun tidak berdampak medis besar.

1. Trauma kepala

Trauma kepala dapat terjadi ketika bagian kepala mendapatkan tekanan atau benturan yang cukup keras. Kondisi trauma kepala tersebut memiliki resiko menimbulkan kondisi gegar otak yang dapat muncul dengan gejala sakit pada kepala disertai dengan rasa mual dan ingin muntah. Akan tetapi, beberapa penderita gegar otak terkadang juga tidak mengalami gejala yang disebutkan diatas tersebut.

1. Infeksi

Adanya infeksi yang menyerang sistem syaraf pusat seperti otak dan sum sum tulang belakang dapat menyebabkan munculnya gejala sakit kepala leher kaku mual. Kondisi infeksi pada sistem syaraf pusat tersebut harus diperhatikan  dengan baik dan benar mengingat adanya bahaya atau dampak yang cukup buruk. Beberapa infeksi yang dapat menyerang kepala diantaranya seperti meningitis atau peradangan pada membran pelindung otak maupun sum sum tulang belakang dan enchepalitis atau peradangan pada jaringan otak.

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan dengan berbagai macam penyebabnya. Kondisi dehidrasi ini dapat menyebabkan munculnya sakit kepala yang disertai dengan mual dan leher yang kaku. Tanda tanda sesorang mengalami dehidrasi dapat terlihat dari urinnya yang mengalami perubahan warna, demam, kram otot, melemahnya kemampuan mental, rasa lemah dan lesu, dan lain sebagainya.

1. Penyebab lainya

Selain beberapa kondisi yang disebutkan diatas, ada juga beberapa penyebab lainya yang bisa menimbulkan keadaan sakit pada kepala dan kram leher disertai mual maupun muntah. Beberapa penyebab lainnya tersebut diantaranya seperti radang di dalam telinga, efek samping dari penggunaan obat seperti anestesi pasca operasi, tumor otak, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab munculnya gejala sakit kepala leher kaku mual yang perlu diperhatikan karena beberapa kondisi yang dijelaskan diatas merupakan keadaan yang cukup berdampak negatif atau bahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan maka, ketika sesorang merasakan gejala sakit pada kepala dan leher yang kaku disertai dengan mual maupun muntah perlu melakukan pemeriksaan dengan dokter agar didiagnosisi dengan tepat dan mendapatkan tindakan medis yang benar.

, , , , ,