6 Penyebab Sakit Kepala, Mual, Mata Kabur dan Cara Mengatasi

Sakit kepala menjadi tanda ketika ada hal yang kurang normal baik itu pada otak atau organ lain di tubuh. Sakit kepala juga menjadi tanda sakit ringan yang sangat umum seperti flu, batuk, penyakit infeksi dan jenis penyakit lain. Namun hal yang perlu diwaspadai adalah ketika Anda menderita sakit kepala disertai dengan pandangan mata yang tidak biasa.

Sakit kepala bisa membuat Anda merasa mual dan sangat tidak nyaman. Saat sakit kepala sangat parah dan gejala ini muncul maka bisa menyebabkan penderita pingsan. Kemudian sebenarnya memang sakit kepala bisa membuat mata tidak berfungsi dengan normal. Hal ini karena fungsi syaraf mata memang berhubungan dengan fungsi otak. Pandangan mata kabur berarti menjadi bukti bahwa ada hal yang tidak normal dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa jenis penyebab dan cara mengatasi sakit kepala mual mata kabur.

1. Kondisi hipoglikemia

Kondisi hipoglikemia sangat rentan untuk penderita diabetes ketika kadar gula dalam darah menurun dengan sangat cepat. Penderita diabetes yang mendapatkan perawatan suntikan insulin setiap hari juga sangat rentan terkena masalah ini. Penyebab lain masalah hipoglikemia juga paling sering terjadi pada orang yang  sedang diet, mengurangi makan dalam jumlah berlebihan, mengurangi porsi makan secara tidak biasa, dan olahraga yang berlebihan. Atlit juga sangat rentan dengan kondisi ini sehingga membutuhkan waktu untuk memulihkan kondisi.

Gejala yang terjadi jika mengalami hipoglikemia adalah seperti pandangan mata kabur, sakit kepala dan mata terasa sakit, mengeluarkan keringat berlebihan atau sampai keringat dingin, sulit untuk berkonsentrasi, tubuh sangat lelah dan gemetar.

Cara mengatasi:

• Pertama harus periksa kadar gula apakah normal atau tidak.
  • Biasakan untuk makan sesuai dengan aktifitas yang dijalani.
  • Jika sedang diet maka coba diet dengan cara yang lebih sehat.
  • Jika harus berkendara maka lakukan hati-hati atau tidak berkendara sampai kondisi kesehatan pulih lagi.

2. Akibat migrain

Penyakit migrain ternyata juga akan menyebabkan dampak yang sama seperti sakit kepala disertai dengan pandangan mata kabur. Sakit kepala biasanya hanya menyerang satu sisi kepala saja. Sebenarnya gejala lain juga bisa menyertai tergantung dengan jenis jenis migrain. Gejala yang pasti selain sakit kepala adalah pandangan mata yang kabur sesuai dengan sisi kepala yang terserang migrain, nafsu makan menurun, menjadi lebih sensitif pada aroma, suara dan cahaya.

Penyebab migrain sebenarnya juga sangat beragam. Mulai dari makanan yang mengandung tinggi garam, efek dari MSG pada makanan, alkohol, kafein, stres dan kurang tidur atau perubahan waktu tidur yang mendesak. Penyebab dari migrain bisa memicu pandangan kabur bisa terjadi karena selama beberapa waktu otak kekurangan aliran darah dan kemudian efek ini diterima oleh bagian mata.

Cara Mengatasi:

• Olesi minyak yang hangat pada pelipis dan dahi
  • Cobalah perawatan akupressure secara rutin
  • Melakukan yoga secara teratur
  • Konsumsi makanan sepat seperti alpukat, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian dan produk susu.
  • Hindari kafein dan minum air jahe hangat.

3. Efek dari tekanan darah rendah

Penyakit tekanan darah rendah ternyata juga bisa menyebabkan efek sakit kepala dan kondisi yang tidak nyaman seperti pandangan mata kabur. Hal ini bisa menyebabkan kondisi yang tidak disangka karena sering terjadi secara mendadak. Tekanan darah rendah bisa terjadi karena tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg.

Penyebab paling sering dari tekanan darah rendah seperti dehidrasi, gangguan jantung, gangguan alergi, pendarahan dan kurang nutrisi seperti asam folat dan vitamin B12. Gejala yang paling jelas dari kepala pusing saat melihat ke atas, pandangan mata menjadi kabur, lemas, lemah, mual, konsentrasi berkurang dan bisa pingsan. Cara mengatasinya cobalah untuk mulai minum banyak air putih, konsumsi makanan tinggi zat besi seperti bayam, hindari konsumsi karbohidrat berlebihan dan cobalah olahraga ringan yang teratur.

4. Penyakit glaukoma

Salah satu penyakit lain yang sering menyebabkan kondisi ini adalah seperti glaukoma. Penyakit ini bisa merusak sistem syaraf mata sehingga bisa menyebabkan kebutaan permanen. Glaukoma bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu tipe sudut terbuka primer dan tertutup primer. Jika Anda menderita glaukoma sudut terbuka primer maka biasanya gangguan mata terjadi secara mendadak. Jika mengalami glaukoma sudut tertutup maka biasanya sering menyebabkan gejala seperti pandangan mata kabur, sakit kepala, mual, muntah dan nyeri pada mata.

Perawatan untuk penyakit glaukoma bukan untuk menyembuhkan kondisi ini tapi untuk mengurangi gejala dan tingkat keparahan secara perlahan. karena itu perawatan bisa dilakukan sesuai dengan tipe penyakit. Umumnya dilakukan dengan memberikan obat tetes, tindakan terapi laser dan prosedur operasi. Semua tindakan ini harus dilakukan oleh dokter spesialis mata.

5. Efek dari cedera atau trauma

Masalah sakit kepala disertai dengan pandangan mata yang kabur ternyata bisa terjadi karena efek dari trauma kepala. Hal yang paling sering dari kondisi ini adalah jika cedera atau trauma terjadi pada posisi leher yang membuat leher mendapatkan benturan dengan keras. Misalnya saja pada orang yang pernah mengalami kecelakaan mobil, cedera saat olahraga dan jatuh dari sepeda motor yang membuat kepala terbentur keras. Efek dari trauma ini bisa menyebabkan masalah pada otot, sendi, tulang dan ligamen. Biasanya gejala yang muncul dalam waktu 24 jam adalah sakit kepala, pandangan mata kabur, leher kaku, mual dan muntah. Orang yang terkena cedera kepala harus mendapatkan pengawasan di rumah sakit selama beberapa hari untuk mengatasi gejala yang muncul. Pemeriksaan penunjang seperti MRI atau CT Scan diperlukan. Kemudian tindakan fisioterapi dan obat juga bisa diberikan untuk meringankan gejala.

6. Penyakit pada sistem syaraf

Penyebab lain dari kondisi pandangan mata kabur yang disertai dengan sakit kepala adalah jika terjadi gangguan sistem syaraf dan pembuluh darah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh masalah seperti efek dari trauma atau cedera pada kepala. Sementara itu pecah pembuluh darah pada otak bisa karena dampak penyakit hipertensi atau stroke. Penyakit kritis seperti tumor atau kanker otak juga bisa menyebabkan gejala ini. Tidak ada langkah langsung untuk merawat kondisi ini. Namun dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan menyeluruh kemudian menentukan apa pemicu kondisi ini. Setelah itu pasien baru akan dipantau terus menerus.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit kepala mual mata kabur. Karena kondisi ini bisa berhubungan dengan cedera atau penyakit tertentu pada otak maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan periksa ke dokter.

, , , ,
Kategori : Kesehatan