Sponsors Link

Sakit Kepala Pada Anak 5 Tahun : Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Penyebab sakit kepala pada anak 5 tahun ini sudah sering terjadi di kalangan mereka. Banyak hal yang menjadi penyebabnya, mulai dari yang memerlukan penanganan serius hingga yang dapat ditangani sendiri di rumah. Namun tetap perlu diwaspadai sakit kepala pada anak ini, dan kita kenali jenis-jenisnya, dan juga penyebabnya, hingga kita tahu langkah apa yang akan diambil sebagai cara untuk mengatasinya. Serta dapat dihindari sakit kepala pada anak.

ads

Jenis sakit kepala pada anak

Berikut beberapa jenis sakit kepala pada anak yang perlu diperhatikan, sehingga anak tidak mengalami sakit kepala terus menerus :

      1. Migrain

Jenis sakit kepala migrain ini merupakan jenis sakit kepala yang menurun. Jadi jika terdapat pada Anda atau suami maka otomatis anak Anda pun bisa ikut terkena sakit kepala migrain ini. Ciri anak Anda terkena migrain yaitu : anak akan terlihat pucat, lelah, perubahan mood, banyak makan atau hilang selera makan, mual, muntah, diare, dan demam.

      2. Sakit kepala otot tegang

Sakit kepala tegang ini dapat terjadi sebagai akibat dari postur yang salah dan juga posisi duduk yang salah atau bisa juga karena stres. Cirinya yaitu, anak akan terlihat enggan bermain dan lebih memilih tidur, rasa sakit akan hilang saat anak bermain, anak mengeluhkan sakit pada otot kepala dan juga leher, tidak disertai dengan mual dan muntah.

      3. Meningitis

Sakit kepala meningitis ini terjadi karena membran serta cairan spinal menutupi dan menekan otak, sehingga menyebabkan sirkulasi cairan spinal terganggu atau tidak lancar. Gejala anak terkena meningitis yaitu : mudah mengantuk, hilang selera makan, tidak dapat menekuk kepala ke dada, demam tinggi, sakit kepala disertai mual, dan sensitif terhadap cahaya.

      4. Tumor otak

Bila sakit kepala pada anak Anda terjadi hingga menyebabkan rasa sakit yang sangat dan membuatnya terbangun dari tidurnya dan terjadi di awal pagi nya, maka Anda perlu waspada akan tumor otak ini. Cobalah untuk memeriksakan dengan segera ke dokter spesialis anak.

      5. Sakit kepala cluster

Sakit kepala jenis cluster ini adalah sakit kepala yang terasa tajam dan berlangsung hingga 3 jam. Disertai dengan gejala lainnya, seperti, mudah lelah, hidung berair, serta merasa gelisah.

Penyebab sakit kepala pada anak 5 tahun

Seringkali, anak sulit untuk mengungkapkan rasa sakit pada kepala yang dirasakannya, oleh karena itu, sebagai orang tua, sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja penyebab timbulnya sakit kepala pada anak 5 tahun :

      1. Keturunan

Salah satu jenis sakit kepala dari faktor keturunan atau genetik ini adalah migrain. Oleh karena itu, bagi para suami istri yang mempunyai riwayat sakit kepala migrai, harus mewaspadai jika sewaktu-waktu hal tersebut menurun pada anak.

      2. Penyakit atau infeksi

Penyakit tertentu yang sedang diderita anak, seperti flu, radang tenggorokan, merupakan beberapa penyebab umum terjadinya sakit kepala pada anak. Namun perlu diwaspadai juga pada penyebab penyakit serius seperti meningitis, yang memerlukan penanganan yang serius.

      3. Faktor emosional

Jika anak kelelahan karena aktifitas yang terlalu banyak, atau karena masalah pertemanannya yang memicu stres, hal ini dapat menyebabkan kelelahan psikologis atau emosional pada anak, yang pada akhirnya menyebabkan sakit kepala.

      4. Cedera kepala

Cedera pada kepala anak akibat benturan dari benda asing atau yang lainnya, dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala pada anak.

      5. Kandungan zat pada makanan atau minuman tertentu

Seringkali, pada jajanan yang tidak sehat untuk anak sekarang ini menggunakan msg sebagai tambahannya. Hal ini merupakan penyebab pada sakit kepala anak. Selain itu, pengawet pada makanan dan juga soda pada minuman juga memicu timbulnya sakit kepala pada anak.

Itulah tadi beberapa penyebab sakit kepala pada anak 5 tahun yang perlu untuk diperhatikan oleh para orangtua.

Cara mengatasi sakit kepala pada anak

Berikut beberapa cara untuk mengatasi sakit kepala pada anak Anda di rumah :

  1. Ajak anak untuk beristirahat di ruangan yang minim cahaya dan juga dengan suhu yang sejuk, tidak terlalu dingin dan juga tidak panas.
  2. Kompres kepala anak dengan air hangat.
  3. Minta anak untuk minum air putih yang banyak.
  4. Berikan anak buah-buahan dan juga sayuran segar.
  5. Berikan pijatan pada bagian tubuh anak. Terutama pada bagian kepala, leher serta bahu.
  6. Hindari anak dari suara bising, sebisa mungkin anak berada di ruangan yang sunyi sehingga ia dapat beristirahat tanpa terganggu.
  7. Berikan anak ibu profen atau paracetamol.
  8. Segera bawa ke dokter jika sakit kepala pada anak tak kunjung reda.

Itulah tadi pembahasan mengenai penyebab serta cara mengatasi sakit kepala pada anak 5 tahun. Jangan lupa untuk tetap menerapkan gaya hidup serta pola makan sehat pada anak. Semoga bermanfaat!

, ,