Sponsors Link

11 Cara Mencegah Sakit Kepala saat Bangun Tidur

Sponsors Link

Sakit kepala dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Biasanya terjadi ketika habis dalam posisi duduk atau jongkok kemudian berdiri. Nah kepala terasa seperti berputar dan pandangan mata menjadi gelap. Jika itu yang Anda rasakan berarti Anda mengalami tekanan darah rendah atau biasanya di sebut kurang darah. Tapi pernahkah Anda merasakan sakit kepala saat bangun tidur?

ads

Biasanya sakit kepala yang satu ini dibarengi dengan mata yang berkunang-kunang bahkan sampai pandangan seperti menguning. Ternyata sebagian orang pernah mengalaminya, terutama saat bangun tidur di pagi hari. Sebab pada pukul 4-8 pagi secara normal tubuh memproduksi sedikit hormon untuk pereda nyeri yang disebut endorfin dan enkephalin. Nah pada saat itu hormon adrenalin diproduksi lebih banyak, dan hormon yang satu ini berperan penting untuk mengatur pembesaran serta pengecilan pembuluh darah salah satunya pembuluh darah pada otak. Kondisi inilah yang menyebabkan sakit kepala yang muncul di pagi hari saat bangun tidur.

Kondisi seperti itu juga dapat terjadi awalnya karena disebabkan oleh berbagai kondisi medis seperti adanya sakit kepala tegang, migrain, pola tidur yang tidak teratur, sakit kepala cluster, terlalu banyak tidur, bahkan sampai yang berbahaya yaitu tumor otak. Jika dirasa mengalami hal serupa lebih sering langsung saja periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan indikasi yang tepat. Jika hanya mengira-ngira Anda tidak akan pernah tahu apa yang dialami. Berikut ini ada beberapa tips atau cara untuk mengurangi timbulnya keluhan yang dapat Anda lakukan.

  1. Mengatur pola tidur yang teratur. Misalnya saat ini Anda hanya tidur 3-4 jam setiap hari coba diubah menjadi 7-8 jam setiap harinya.
  2. Mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang.
  3. Makanlah secara teratur, sebab pola makan teratur juga akan mengurangi sakit kepala dan jenis sakit kepala apapun itu.
  4. Batasi penggunaan MSG, jika saat ini Anda selalu mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung campuran MSG, maka Anda dapat mengurangi dengan menggunakan pola makan sehat. Tanpa MSG dan diubah menjadi campuran gula dan garam saja.
  5. Minum cukup air mineral. Biasanya orang melupakan yang satu ini, bahkan tidak minum sama sekali. Faktor ini juga dapat menjadi penyebab sakit kepala. Padahal kita dianjurkan untuk minum air mineral 2-3 liter sehari agar terhindar dari dehidrasi pemicu sakit kepala.
  6. Hindari konsumsi kafein, rokok, dan alkohol. Mengkonsumsi ini sama saja mengurangi kadar oksigen sekaligus cairan dalam tubuh yang menyebabkan dehidrasi sekaligus mendatangkan pemicu sakit kepala.
  7. Berolahraga secara rutin, dengan melakukan olah tubuh secara rutin juga akan mengurangi berbagai macam resiko penyakit seperti penyebab sakit kepala berkepanjangan.
  8. Mengelola stres dengan bijak. Dalam hal yang satu ini untuk menghindari adanya sakit kepala sebaiknya kita dapat mengelola kadar stres pada diri sendiri. Sebab, stres merupakan salah satu pemicu datangnya sakit kepala.
  9. Konsumsi buah-buahan. Ada beberapa jenis buah yang mampu meredakan pusing di kepala. Salah satunya buah semangka. Sebab semangka mengandung banyak air sehingga dapat menghilangkan pusing akibat dehidrasi.
  10. Konsumsi minuman pereda sakit kepala yang manjur dan menyehatkan. Seperti jamu tradisional, semakin sering mengkonsumsi jamu atau herbal alami maka semakin menjadikan tubuh sehat dan bugar.
  11. Dianjurkan bagi siapa saja yang bangun tidur untuk tidak langsung bangun melainkan tunggu atau berbaring sekitar 10-15 menit untuk melonggarkan otot-otot pada bagian tubuh termasuk kepala. Karena sangat ditakutkan terjadi sakit kepala terus-menerus atau menuju kepada bahaya penyakit vertigo.
Sponsors Link

Tapi sebelumnya lebih baik Anda mengetahui jenis sakit kepala atau tidak. Jika sudah mengetahui Anda dapat mengkonsultasikan langsung kepada dokter. Selain dapat diatasi dari beberapa hal diatas mungkin Anda dapat melakukan hal yang satu ini. Jika sakit kepala setelah bangun tidur kambuh biarkan tubuh berbaring terlebih dahulu selama 10 menit untuk merelaksasikan tubuh dan menstabilkan tubuh sebelum Anda langsung bangun dari tidur. Selalu menyediakan air mineral di samping Anda sebab meminum air mineral saat setelah bangun tidur dapat menetralisir racun yang dikelola pada tubuh saat malam hari.

Mendeteksi penyakit yang berhubungan dengan kepala harus sejak dini. Sebab bahaya penyakit vertigo berawal dari seringnya sakit kepala. Selain itu juga pusing penyebab sakit kepala berlebihan. Cara yang tepat adalah kita harus mendeteksi sejak dini, namun alangkah baiknya periksakan langsung kepada ahlinya yaitu dokter spesialis saraf. Demikianlah beberapa cara atau tips untuk mengatasi sakit kepala setelah bangun tidur. Jika terasa sering seperti itu segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapat identifikasi yang tepat. Jangan sampai hanya mengira-ngira saja akan tambah memperparah kondisi Anda.

Ikuti apa yang disarankan oleh dokter, seperti memantau makan makanan sesuatu. Pasti Anda tidak mau selalu saja mengalami sakit kepala saat bangun tidur. Bahkan dapat menghambat waktu Anda dan aktivitas yang seharusnya dilakukan saat itu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan