Sponsors Link

Penyebab Sakit Kepala Saat Batuk dan Menunduk serta Pengatasannya

Sponsors Link

Kepala menjadi salah satu bagian terpenting dari tubuh manusia yang memiliki peranan sangat vital terhadap keberlangsungan proses dan aktivitas yang sedang di jalani. Kepala terdiri dari berbagai macam bagian bagian yang memiliki fungsi penting terhadap kondisi tubuh seseorang. Bagian bagian kepala yang penting tersebut diantaranya seperti mata sebagai indera penglihatan, kuping sebagai indera pendengaran, mulut sebagai tempat lidah yang merupakan indera perasa dan awal masuknya makanan ke dalam saluran pencernaan tubuh, hidung sebagai indera penciuman,dan tentunya otak yang merupakan pusat kendali dan saraf tubuh.

ads

Sebagai bagian tubuh yang penting, adanya kondisi permasalahan pada kepala tentu dapat menyebabkan dampak yang bisa jadi cukup signifikan bahkan kondisi yang paling ringan sekalipun seperti pusing atau sakit kepala sudah dapat menjadikan seseorang mengalami kondisi yang berat dalam aktivitasnya. Penderita pusing sebagai jenis sakit kepala yang ringan dan banyak dialami di masyarakat pasti akan merasa kehilangan kemampuan konsentrasi, mengambil keputusan, dan lebih menginginkan untuk beristirahat dibandingkan harus menjalani suatu kegiatan tertentu.

Sakit kepala seperti pusing memang sering dianggap sebagai gejala yang ringan dan akan kembali dengan sendirinya Namun beberapa jenis sakit kepala lainnya haruslah tetap diwaspadai karena bisa jadi disebabkan atau dipengaruhi oleh kondisi sakit tertentu yang lebih besar. Salah satu kondisi sakit kepala yang dapat terjadi tersebut adalah ketika sakit kepala muncul saat batuk dan menunduk. Berikut penjelasan mengenai kondisi sakit kepala saat batuk dan menunduk dalam ulasan di bawah ini.

Kondisi sakit kepala saat menunduk maupun saat batuk tentu menjadi keadaan yang tidak boleh diremehkan danp perlu dipastikan penyebabnya agar dapat memberikan tindakan pengatasan yang lebih tepat. Beberapa penyebab yang menjadikan munculnya kondisi sakit kepala menunduk dan saat batuk tersebut diantaranya seperti :

  • Sakit kepala primer

Kondisi sakit kepala yang terjadi akibat batuk dan menunduk dapat terjadi akibat sakit kepala primer yang sebenarnya tidak berbahaya dan akan terjadi dalam tempo yang singkat serta seringkali sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan apapun. Kondisi sakit kepala primer akibat batuk tersebut terjadi karena adanya tekanan pada bagian kepala yang cukup kuat saat batuk. Sedangkan kondisi sakit kepala akibat menunduk dapat terjadi karena adanya penumpukan tekanan darah di kepala yang akan memberikan tekanan lebih dan memicu kondisi nyeri. Kondisi sakit kepala tersebut akan lebih mudah ditangani karena tidak memberikan dampak yang besar bagi kesehatan.

  • Sakit kepala sekunder

Selain kondisi sakit kepala primer, keadaan sakit kepala saat batuk dan menunduk juga dapat disebabkan oleh kondisi kondisi yang disebut sebagai sakit kepala sekunder. Berbeda dengan sakit kepala primer yang dampaknya tidak terlalu besar, sakit kepala sekunder dapat terjadi akibat penyakit atau kelainan yang berbahaya. Sakit kepala sekunder tersebut dapat terjadi karena adanya masalah serius pada otak atau akibat trauma dan cedera kepala yang menyebabkan tulang patah. Kondisi sakit kepala sekunder tersebut akan berlangsung dalam tempo yang panjang dan hanya dapat diatasi dengan pengobatan medis modern.

  • Sinusitis

Permasalahan pertama yang dapat menjad penyebab terjadinya kondisi sakit kepala saat batuk dan menunduk adalah adanya kondisi permasalahan kesehatan yang disebut sinusitis. Sinusitis merupakan istilah medis yang mengambarkan adanya kondisi peradangan pada saluran sinus. Saluran sinus itu sendiri merupakan rongga kecil berisi udara yang posisinya terletak pada bagian tulang pipi dan dahi. Fungsi rongga sinus tersebut adalah menghasilkan lendir yang dialirkan ke dalam rongga hidung untuk diteruskan ke bagian lain hingga menuju saluran pencernaan.

Peradangan pada bagian rongga sinus tersebut dapat terjadi akibat beberapa hal mulai dari infeksi baik bakteri, virus maupun jamur, hingga kondisi alergi yang dapat menutup lubang sinus tersebut. Gejala sinusitis tersebut mirip dengan kondisi sakit kepala migrain dan sakit kepala tegang. Yang membedakan antara sakit kepala akibat sinus dan sakit kepala migrain atau tegang adalah kondisi gejala penyertanya. Hubungan sinusitis dengan sakit kepala tersebut akan diikuti dengan demam, sakit kepala saat batuk atau menunduk, dan tentunya keluarnya cairan warna hijau atau kuning dari rongga hidung.

Sponsors Link

Itulah beberapa penyebab munculnya kondisi sakit kepala saat batuk dan menunduk yang perlu diperhatikan dengan baik karena penting untuk dapat menentukan cara yang tepat dalam mengatasinya. Melihat dari penyebab yang ada dan kondisi sakit yang sekarang berlangsung, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi kondisi sakit kepala saat batuk dan menunduk diantaranya seperti :

  • Relaks dan Istirahatkan tubuh, serta hindari agar tidak batuk atau menunduk terlebih dahulu. Mengistirahatkan tersebut berguna untuk memastikan apakah kondisi sakit berlangsung lama atau tidak. Mengurangi batuk dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi air hangat.
  • Gunakan obat pereda nyeri kepala, jika kondisi sakit pada kepala masih terus berlangsung maka cobalah untuk mengkonsumsi obat obatan sakit kepala yang ada di apotek. Penggunaan obat pereda nyeri tersebut sebaiknya hanya digunakan pada saat yang tepat dan dihentikan jika memang sudah tidak merasakan sakit untuk menghindari efek samping yang ada. Obat sakit kepala tradisional bisa juga menjadi alternatif pilihan lainnya.
  • Konsultasi dengan dokter, jika cara yang disebutkan diatas tidak memberikan hasil yang signifikan maka sebaiknya konsultasikan kondisi yang ada dengan dokter untuk memastikan penyebabnya dan tindakan medis yang tepat dalam mengobati pasien.

Kondisi sakit kepala saat batuk dan menunduk memang seringkali mengarah pada keadaan sinusitis atau radang pada rongga sinus namun tidak menutup kemungkinan terjadi karena jenis sakit kepala lainnya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan