Sponsors Link

Sakit Kepala Sebelah Kanan: Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Pernahkah Anda merasakan sakit di kepala namun hanya dibagian kanan saja? Jika pernah berarti Anda perlu membaca artikel ini. Sakit kepala Sebelah kanan terkadang memang disebabkan oleh hal-hal ringan, tapi sering pula karena ada penyakit serius. Lalu apa pembeda sakit kepala sebelah kiri dengan sakit kepala sebelah kanan? Jawabannya tidak ada pembeda khusus kecuali letak rasa sakitnya. Baik sakit kepala di sebelah kiri dan kanan keduanya dapat disebabkan oleh jenis sakit kepala yang sama khususnya penyakit yang berhubungan dengan kepala.

ads

Kepala manusia memiliki peranan yang sangat penting. Di kepala terdapat berbagai indera yang dibutuhkan manusia seperti pendengaran, penglihatan, penciuman dan sebagainya. Menilik lebih dalam dari kepala terdapat otak dan sistem syaraf yang merupakan pusat koordinasi dari segala aktivitas di dalam tubuh. Gangguan pada kepala bisa berakibat buruk pada otak dan saraf-saraf di dalamnya. Kerusakan otak akan membuat bagian tubuh yang lainnya juga terganggu bahkan beresiko fatal seperti kelumpuhan bagian tubuh tertentu atau total dan kematian.

Baca juga:

Mengingat betapa pentingnya organ dan jaringan yang ada di kepala ada baiknya Anda selalu menambah wawasan mengenai penyakit yang berhubungan dengan kepala dan berbagai jenis sakit kepala. Mari kita pahami segala hal yang menyangkut sakit kepala sebelah kanan agar jika itu merupakan tanda dari penyakit yang serius penanganan bisa diberikan sedini mungkin. Penanganan yang tepat di awal gejala akan sangat mempermudah pengobatan. Di bawah ini akan dibahas mengenai jenis sakit kepala yang dapat menyerang kepala bagian kanan, simak baik-baik dan pahamilah mana yang paling cenderung pada pengalaman Anda.

1. Meningitis

Meninges adalah selaput yang melingkupi otak. Meninges berfungsi untuk melindungi otak dan menjaganya dari berbagai gesekan atau benturan. Infeksi yang terjadi pada meninges dinamakan meningitis. Meningitis adalah peradangan pada meninges yang dapat disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, parasit dan sebagainya. Infeksi pada meninges tidak boleh dianggap remeh, karena meninges berkaitan langsung dengan otak.

Setiap orang mempunyai resiko untuk terkena meninges karena penyakit ini menyerang siapa saja di segala usia. Banyak orang belum terlalu paham dengan meningitis karena gejala awalnya memang mirip dengan sakit flu. Tidak semua orang mengalami gejala fisik yang mencolok dan hanya dokter yang bisa mendiagnosa penyakit ini. Penderita meningitis seringkali juga mengalami sakit kepala di bagian kanan atau di sisi kepala dimana pusat infeksi terjadi.

  • Gejala

Gejala utamanya adalah demam, leher kaku dan sakit kepala. Sakit kepala yang dialami pasien terasa sangat menyakitkan dan berpusat di bawah tulang tengkorak. Gejala sakit kepala sering bersamaan dengan kaku leher dan pundak serta kenaikan suhu badan. Meski suhu badan naik ujung jari-jari kaki dan tangan penderita terasa dingin. Mual hingga muntah, kehilangan kesadaran, kejang dan muncul ruam kemerahan di kulit juga menjadi gejala lain dari infeksi meninges.

  • Bahaya

Meningitis merupakan penyakit berbahaya, aktivitas virus atau penyebab lainnya di meninges dapat merambah ke otak. Seseorang yang mengidap meningitis bisa sewaktu-waktu terserang sakit kepala hebat hingga kehilangan kesadaran. Penderita juga akan mengalami kejang-kejang ketika aktivitas virus meningkat dan yang paling parah meningitis bisa menyebabkan kematian.

  • Pengobatan Medis

Pada tahap awal infeksi meninges dokter akan meresepkan obat penghilang rasa sakit kepala, antibiotik dan pemeriksaan berkala untuk memantau pemulihan. Pada pasien yang sudah parah perlu dilakukan perawatan intensif dan pemantauan fungsi alat vital pada tubuh sehingga harus di rawat di ICU.

  • Pengobatan Non-Medis

Pengobatan yang juga bisa dilakukan untuk menunjang pengobatan medis adalah dengan istirahat total, memperbaiki pola makan dan menjaga kesehatan, perbanyak minum air putih dan konsumi makanan yang mengandung anti bakterial alami seperti jahe, ganggang hijau, bawang putih, jus buah dan sebagainya.

  • Pencegahan

Pencegahan yang paling ampuh dari penyakit meningitis adalah vaksin. Di Indonesia vakin meningitis belum diprogramkan, biasanya hanya jamaah haji yang akan diberi vaksin ini. Namun, Anda bisa melakukan vaksin sendiri dengan mendatangi rumah sakit terdekat. Baca juga: Cara Mengobati Sakit Kepala.

2. Tumor Otak

Tumor bisa jadi cikal bakal dari kanker, apa jadinya jika tumor tumbuh di otak? Tentu hal ini akan sangat membahayakan. Sakit kepala sebelah kanan yang disebabkan oleh tumor otak mungkin pada awalnya akan terasa seperti migrain tapi akan semakin memburuk. Pertumbuhan sel tumor akan semakin menekan rongga kepala, otak, pembuluh darah dan organ otak. Tekanan ini akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa di bagian kepala. Sebab penyakit ini berbahaya, penanganannya tidak boleh dilakukan sembarangan agar tidak semakin membahayakan kesehatan.

  • Gejala

Pada masa awal pertumbuhan tumor penderita akan merasakan sakit kepala sedang yang sebentar hilang lalu timbul lagi. Seiring berjalannya waktu sakit kepala semakin sering terjadi dan tingkat rasa sakitnya naik menjadi akit yang terasa sangat menusuk di dalam kepala. Rasa sakitnya sangat luar biasa dan tak tertahankan yang mengakibatkan penderitanya kehilangan kesadaran.

  • Bahaya

Tumor yang tumbuh di otak akan membahayakan organ otak yang merupakan pusat koordinasi segala sistem di tubuh. Selain itu saraf-saraf yang terus terhimpit dapat mengalami kerusakan sehingga kegiatan atau bagian tubuh yang jadi tanggung jawabnya dapat mengalami gangguan atau kelumpuhan. Tumor otak juga mengancam penglihatan, pendengaran dan motorik seseorang.

  • Pengobatan Medis

Pengobatan seperti radiasi, kemoterapi, pemberian obat penghilang rasa sakit dan penghancur sel-sel tumor akan diberikan oleh dokter untuk menyembuhkan pasien. Pada tumor ganas yang perkembangannya cepat dan sudah angat membahayakan bisa jadi dokter akan melakukan operasi pengangkatan tumor.

  • Pengobatan Non-Medis

Beberapa bahan herbal dapat digunakan untuk mengobati tumor otak dan cukup mudah didapatkan serta pembuatannya cukup mudah. Daun sirsak, kunyit putih, tanaman keladi tikus, daun dewa dan daun ceremai bisa dimanfaatkan untuk menghancurkan tumor pada otak.

  • Pencegahan

Pencegahan dari penyakit ini tentunya dengan menjaga pola hidup yang sehat sejak dini jauh sebelum gejala muncul. Istirahatlah yang cukup, makan makanan yang sehat minim bahan kimia, olahraga teratur, perbanyak minum air putih, jangan mengkonsumsi alkohol dan merokok. Baca juga: Olahraga untuk Penderita Vertigo.

Sponsors Link

3. Cidera

Ketika mengalami cidera di bagian kepala sebelah kanan akibat kecelakaan, olahraga atau aktivitas lainnya, seseorang akan mengalami sakit kepala sebelah kanan pasca cidera. Sakit kepala ini muncul akibat adanya benturan yang membuat bagian kepala ada yang mengalami pembengkakan sehingga menimbulkan tekanan di luar atau di dalam kepala. Selain itu darah yang sempat membeku juga bisa jadi penyebabnya.

  • Gejala

Gejala sakit kepala sebelah kanan akibat cidera beragam mulai dari pusing hingga kepala serasa berdenyut. Sakit kepala ini akan muncul dengan tingkat rasa sakit ringan hingga sedang untuk cidera yang tidak fatal. Untuk cidera serius rasa sakitnya bisa membuat kepala terasa tegang dan seperti ditusuk. Frekuensi datangnya sakit kepala ini beragam dan paling sering terjadi di hari-hari pertama cidera dan akan semakin berkurang.

  • Bahaya

Jika cidera yang dialami dikategorikan sebagai cidera ringan maka tidak perlu terlalu khawatir karena rasa sakit yang muncul hanya wujud dari trauma. Namun jika cideranya serius sakit kepala bisa jadi indikasi keretakan tulang tengkorak, gagar otak atau kerusakan di salah satu bagian kepala.

  • Pengobatan Medis

Pemeriksaan menyeluruh seperti MRI atau CT scan akan sangat membantu mengetahui sumber utama dari sakit kepala. Dengan melakukan proses ini bisa diketahui apakah sakit kepala yang Anda derita serius atau tidak. Jika hanya sakit kepala ringan maka konsumsi obat yang mengandung penenang dan pereda sakit dapat membantu. Tapi jika serius tentu perlu dilakukan konsultasi dengan dokter untuk menentukan tindakan.

  • Pengobatan Non-Medis

Mengompres bagian kepala yang sakit dapat membantu meredakan rasa sakit yang ada. Selain itu istirahat yang cukup dan meminum minuman hangat dengan aroma menenangkan juga akan membuat Anda lebih relax juga kepala lebih tenang.

  • Pencegahan

Pencegahan yang paling utama tentu dengan selalu memperhatikan keselamatan ketika beraktivitas. Penggunaan peralatan pelindung dan kehati-hatian juga harus jadi poin utama agar kepala tidak cidera.

Baca juga: Efek Sakit Kepala Sebelah

4. Insomnia

Insomnia atau gangguan tidur yang membuat pengidapnya susah tidur juga bisa jadi salah satu jenis sakit kepala sebelah kanan. Ketika seseorang mengalami insomnia maka kebutuhan tidurnya akan tidak terpenuhi dan ini berlangsung dalam waktu yang lama. Kurang tidur membuat otak kurang istirahat, otot dan syaraf juga ikut tegang karena banyak digunakan. Orang dengan insomnia akut akan sering merasakan sakit kepala sehingga aktivitasnya terganggu.

  • Gejala

Kepala akan terasa pusing dan pening, seringnya dibagian depan, belakang atau salah satu sisinya. Rasa sakit tidak terlalu parah, masih bisa ditahan namun menyita konsentrasi. Bagian area mata juga biasanya terasa berat dan bengkak, kepala serasa diberi beban yang berat dan ini berlangsung hampir setiap hari terutama di jam jenuh.

  • Bahaya

Jika insomnia dibiarkan maka sakit kepala akan terus datang. Ini sangat tidak baik karena kesehatan akan terganggu, penderita akan sensitif terhadap kebisingan dan cahaya, badan lemas hingga bisa kehilangan kesadaran.

  • Pengobatan Medis

Obat medis utama adalah untuk mengobati insomnia, setelah itu dilanjutkan dengan obat sakit kepala yang mengandung penenang dan pereda rasa sakit seperti aspirin. Terapi juga bisa jadi pilihan.

  • Pengobatan Non-Medis

Minuman hangat seperti teh untuk insomnia, teh camomile, susu hangat dan aroma terapi dapat membantu menenangkan kepala yang sedang sakit karena insomnia. Pijatan lembut di area yang sakit juga dapat membantu mengusir gejala yang ada. Baca juga: Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Pijatan.

  • Pencegahan

Usahakan untuk mengistirahatkan pikiran dan tidur lebih awal, kurangi konsumsi kafein terutama setelah jam makan siang.

5. Infeksi di Bagian Tubuh Tertentu

Ketika bagian tubuh tertentu mengalami infeksi, radang tenggorokan misalnya, sakit kepala sebelah juga bisa terjadi sebagai dampak dari infeksi. Sakit kepala ini terjadi karena aktivitas sistem pertahanan tubuh yang secara mendadak harus habis-habisan melawan penyakit dan juga karena beberapa kandungan obat untuk infeksi tersebut.

  • Gejala

Gejala yang timbul beragam mulai dari kepala terasa berdenyut, pusing atau kepala terasa berat. Sakit kepala ini biasanya akan datang bersama gejala lain seperti demam, nyeri di bagian tubuh yang terinfeksi sampai badan lemas.

Sponsors Link

  • Bahaya

Jika infeksi berlangsung dalam jangka waktu lama sakit kepala akan semakin sering terjadi, akibatnya pekerjaan akan terbengkalai. Selain itu sakit kepala yang berkepanjangan dapat mengindikasikan virus atau bakteri penyebab infeksi mencapai kepala. Baca juga: Pertolongan Pertama pada Vertigo.

  • Pengobatan Medis

Obat yang paling utama adalah antibiotik untuk menghentikan serangan penyakit, anti inflamasi untuk meredakan peradangan dan penghilang rasa sakit untuk membuat sakit kepala mereda.

  • Pengobatan Non-Medis

Obat herbal seperti jahe, kunyit, temulawak dan bawang putih terkenal bisa mengusir benda asing dari tubuh karena memiliki sifat fagositosit. Ramuan tradisional berbahan dasar bahan tersebut bisa jadi alternatif pengobatan.

  • Pencegahan

Jagalah kebersihan lingkungan, tempat tinggal, makanan dan minuman agar tidak ada mikroorganisme yang ikut masuk ke dalam tubuh. Olahraga teratur akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit sehingga mudah untuk menyingkirkan gangguan kesehatan. Konsumsi multi vitamin juga akan membantu sekali.

Baca jug:

6. Migrain

Sakit kepala sebelah atau migrain nampaknya tidak asing lagi di telinga. Atau bahkan mungkin Anda sering mengalaminya? Jenis sakit kepala utama yang paling sering menyerang kepala sebelah kanan adalah migrain. Migrain terjadi hanya di salah satu sisi kepala pada satu periode, bisa hanya bagian kiri saja atau kanan aja. Penyebab migrain belum benar-benar pasti, alkohol, rokok dan bahan kimia bisa jadi penyebabnya. Namun perubahan aktivitas kimia di otak dan pelebaran atau penyempitan pembuluh darah di kepala juga bisa jadi sumbernya.

  • Gejala

Kepala seperti berdenyut di bagian kanan, rasa sakit konstan dari awal terjadi hingga kemudian mereda dengan sendirinya. Gejala lain dari migrain yang terjadi pada kepala sebelah kanan adalah sensitif terhadap cahaya, mual dan muntah.

  • Bahaya

Meski termasuk sakit kepala yang umum migrain juga dapat mengindikasikan penyakit lain yang serius. Penyakit ini biasanya adalah penyakit yang ada di kepala seperti tumor, meningitis dan sebagainya.

  • Pengobatan Medis

Meminum obat sakit kepala yang mengandung analgesik seperti paracetamol dan ibuprofen dapat menjadi solusi andalan meredakan sakit kepala ini.

  • Pengobatan Non-Medis

Untuk mengobati migrain dapat dilakukan dengan beristirahat di tempat yang gelap dan tenang. Memijat bagian kepala yang sakit dengan lembut dan mengompres bisa jadi pilihan.

  • Pencegahan

Untuk mencegah sakit kepala ini lakukanlah peregangan setiap kali bangun tidur. Konsumsi makanan sehat, hindari alkohol dan bahan kimia, jangan merokok. Baca juga: Makanan Penyebab Sakit Kepala.

7. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster adalah jenis sakit kepala sebelah kanan yang langka, karena hanya sekitar 1% dari orang yang pernah mengalami sakit kepala. Sakit kepala ini unik karena memiliki pola tertentu dan bisa menyerang kepala bagian kiri saja, kanan aja atau seluruh bagian.

  • Gejala

Ketika sakit kepala cluster menyerang mata penderitanya akan mengeluarkan air mata, bengkak dan memerah. Selain itu hidung juga terasa nyeri dan tersumbat. Sakit kepala ini terasa menekan dan terjadi berulang-ulang dengan pola tertentu seperti memiliki ritme.

  • Bahaya

Jika frekuensi terjadinya semakin rapat maka penglihatan bisa mengalami gangguan. Hal yang lebih mengkhawatirkan juga mungkin terjadi bila alasan utama dari terjadinya sakit kepala cluster adalah penyakit yang berbahaya di dalam kepala.

  • Pengobatan Medis

Obat dengan konposisi anti inflamasi, triptan dan oktreotida dikenal ampuh untuk meredakan sakit kepala ini. Namun pastikan untuk mendapatkan obat ini dengan resep dokter demi keselamatan Anda.

  • Pengobatan Non-Medis

Kompres mata yang bengkak, istirahatlah dari kegiatan sementara hingga sakit mereda.

  • Pencegahan

Makan sehat secara teratur, olahraga, istirahat yang cukup akan sangat membantu terhindar dari sakit kepala cluster.

Baca juga:

ads

8. Stress

Stres memang bisa jadi gerbang masuknya berbagai penyakit salah satunya sakit kepala sebelah kanan. Pikiran yang menumpuk, rasa cemas, kegiatan yang padat membuat kepala terasa penuh dan lelah. Orang dengan kesibukan tinggi biasanya akan sering mengalami sakit kepala karena stress level-nya tinggi.

  • Gejala

Kepala terasa kaku dan tegang, tidak jarang leher dan pundak juga ikut terasa pegal-pegal. Tapi rasa sakit yang dirasa termasuk ringan namun lama hilangnya terutama saat kegiatan sedang sangat padat.

  • Bahaya

Seperti telah disinggung bahwa stress adalah gerbang masuknya berbagai penyakit. Tidak hanya sakit di bagian kepala tapi juga bisa menimbulkan sakit di bagian lain seperti pencernaan.

  • Pengobatan Medis

Obat yang mengandung aspirin dapat menjadi solusi dari sakit kepala sebelah kanan jenis ini. Baca juga: Sakit Kepala di Ubun-Ubun.

  • Pengobatan Non-Medis

Meminum teh yang mampu menenangkan pikiran secara teratur, meletakkan wewangian yang menyegarkan di ruang kerja akan membuat pikiran tetap fres. Selain itu memberikan jeda untuk lebih santai di tengah kesibukan juga akan sangat baik efeknya. Dan terkadang kita juga perlu pergi berlibur untuk mendapatkan semangat baru.

  • Pencegahan

Atur jadwal dan pekerjaan Anda dengan baik sehingga kesibukan merata tidak hanya di masa-masa tertentu saja. Pastikan Anda memiliki me time setiap pekan, membebaskan diri dari belenggu kesibukan akan membuat pikiran tetap jernih. Istirahat yang cukup juga dapat membuat stress menurun dan mood membaik.

9. Peradangan dan Pendarahan di Otak

Di dalam otak terdapat banyak sekali pembuluh darah yang penting dengan berbagai macam tugas seperti menyuplai nutrisi dan oksigen untuk otak. Ketika terjadi peradangan pada pembuluh darah atau bahkan pendarahan di otak rasa sakit kepala muncul sebagai tanda. Itulah mengapa penting untuk memeriksakan sakit kepala, siapa tahu penyebabnya adalah masalah serius seperti ini.

  • Gejala

Sakit yang terjadi tiba-tiba saja datang dan terasa sangat menyakitkan, seperti ada tekanan dari dalam dengan titik tertentu sebagai pusat rasa sakit. Area mata dan kening juga bisa ikut terasa tertarik.

  • Bahaya

Pendarahan otak sangat berbahaya, karena dapat membuat penderitanya kehilangan kesadaran, koma atau bahkan kehilangan nyawa.

  • Pengobatan Medis

Hal pertama yang akan dilakukan dokter tentunya menemukan lokasi peradangan dan pendarahan dengan melakukan MRI atau CT Scan. Setelah diketahui pasien akan diobati sesuai dengan keadaannya. Jika pemberian obat saja cukup maka akan dibuatkan resep pereda sakit oleh dokter. Jika kondisinya serius, operasi bisa jadi jalan yang harus ditempuh.

  • Pengobatan Non-Medis

Pengobatan non-medis untuk peradangan atau pendarahan otak sebaiknya tidak dilakukan tanpa seizin dokter karena akibatnya bisa fatal. Perbanyak beristirahat, melakukan pola hidup sehat dan menjauhkan diri dari stress akan sangat membantu pengobatan.

  • Pencegahan

Jangan mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol berlebihan karena menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Jangan mengkonsumsi alkohol dan merokok serta jalankan pola hidup sehat.

Baca juga:

10. Konsumsi Kafein Berlebih

Bagi pecinta kafein, kurangilah konsumsi kafein harian Anda. karena kafein berlebih juga dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan.

  • Gejala

Kepala terasa pening di sisi kanan, utamanya kanan depan. Rasa sakit mulai dari ringan hingga sedang. Biasanya diiringi dengan mata terasa berat dan mual.

  • Bahaya

Jika sering mengalami sakit kepala karena kafein organ jantung juga dapat terkena imbasnya. Pencernaan terutama lambung juga dapat menanggung resiko masalah kesehatan yang serius.

  • Pengobatan Medis

Konsumsi obat sakit kepala yang beredar luas di pasaran dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala ini. Namun jika memang sangat sering terjadi sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

  • Pengobatan Non-Medis

Minum susu hangat dapat meredakan sakit kepala karena kafein, mengistirahatkan diri sebentar dan menyegarkan pikiran di tempat yang nyaman juga dapat dilakukan.

  • Pencegahan

Kurangi konumi kafein terutama ketika sore hingga menjelang tidur.

Baca Juga: Bagian-Bagian Kepala

Itulah tadi berbagai jenis sakit kepala sebelah kanan beserta semua hal yang terkait tentangnya. Semoga pengetahuan Anda bisa bertambah dan menjadi lebih peduli pada kesehatan.

, , , , , , ,
Oleh :