Sponsors Link

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Atas Telinga dan Penanganannya

Sponsors Link

Sakit kepala banyak sekali jenisnya, dan menurut penyebab sakit kepala, dibedakan atas dua jenis, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Pada keluhan sakit kepala sebelah kanan atas telinga bisa dikaitkan pada keduanya, bisa karena faktor penyebab primer seperti migrain, tension headache atau bisa karena faktor penyebab sekunder, seperti adanya masalah pada telinga atau pada mata Anda. Hal ini agar lebih diketahui secara pasti harus diperiksa melalui pemeriksaan fisik terlebih dahulu oleh dokter.

ads

Dan untuk mengetahui penyebab dan jenis sakit kepala sebelah kanan atas telinga ini, diperlukan berbagai anamnesa atau pertanyaan lebih lanjut kepada pasien, mengenai gejala penyerta sakit kepala kanan atas telinga tersebut, setelah dilakukan anamnesa atau pertanyaan yang diajukan kepada pasien, kemudian nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut, apakah terdapat tanda atau gejala lain yang nantinya akan ditemukan pada pemeriksaan fisik, baik yang dilihat melalui inspeksi atau perabaan pada palpasi, seperti apakah mata merah atau berair, apakah terdapat bengkak pada mata, apakah terdapat rasa nyeri di bagian telinga, apakah terdapat kemerahan pada telinga, atau nyeri saat ditekan pada telinga dan yang lainnya, yang semuanya akan diperiksa terutama pada bagian bagian kepala Anda.

Jika nanti sudah diperiksa, dan kemudian ada suatu kondisi tertentu, misalnya adanya nyeri perabaan pada saat palpasi tadi pada area tertentu yang memang vital, maka akan berlanjut pada pemeriksaan penunjang tambahan, seperti CT scan atau MRI. Namun jika tidak ada maka akan langsung diberikan obat baik itu untuk penghilang nyeri, atau anti inflamasi dan yang lainnya, sesuai pada hasil pemeriksaan yang telah dilakukan.  Dan sakit kepala sebelah kanan atas telinga ini biasanya secara umum disebabkan oleh beberapa penyebab berikut ini :

      1. Trigeminal neuralgia

Trigeminal neuralgia atau neuralgia trigeminal ini adalah suatu penyakit dengan kondisi nyeri pada bagian sisi wajah, namun biasa terjadi pada bagian sisi kanan wajah dekat pelipis dan atas telinga. Hal ini terjadi karena adanya rasa sakit pada saraf trigeminal yang merupakan saraf utama pada wajah yaitu terletak dekat dengan pelipis. Dan penyakit ini biasanya terjadi pada orang di usia 50 tahun ke atas dan lebih sering terjadi pada perempuan daripada laki – laki. Dan biasa berlangsung selama beberapa menit, dan Anda akan merasakan kepala yang lebih berat dan nyeri pada sebelah kanan, sakit kepala terus menerus serta sakit kepala berdenyut hebat yang jika tidak segera dilakukan penanganan akan menyebabkan lemahnya seluruh tubuh orang yang menderitanya. Selain itu, penyebab paling fatalnya, neuralgia trigeminal ini juga dapat melemahkan pembuluh darah batang otak dan bahkan bisa menyebabkan penyakit stroke.

      2. Arteritis temporalis atau arteritis sel raksasa

Penyebab sakit kepala sebelah kanan atas telinga lainnya yaitu arteritis temporalis atau biasa disebut Giant cell arteritis atau arteritis sel raksasa ini adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan yang menahun pada arteri – arteri besar, dan kerusakan pada arteri ini juga membawa dampak pada pasokan darah ke otak yang terhambat atau berkurang, pasalnya arteri – arteri ini adalah yang membawa darah menuju ke otak. Penyakit ini juga biasa menyerang lansia atau yang telah berusia 50 tahun ke atas, dan lebih banyak juga terjadi pada perempuan.

      3. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang atau yang biasa disebut tension headache juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit kepala sebelah kanan. Pasalnya, pada saat kondisi tegang, kepala sebelah kanan Anda dan seluruh otot – otot dan jaringan kepala sebelah kanan Anda akan mengalami tarikan yang kuat akibat tegang, yang akhirnya menimbulkan sakit kepala bahkan nyeri hebat pada kepala bagian kanan Anda.

Itulah tadi beberapa penyebab sakit kepala sebelah kanan atas telinga, dan berikut ini beberapa cara mengatasi atau penanganan terhadap nyeri kepala tersebut :

  • Melakukan pijatan pada bagian kepala yang sakit.
  • Mandi dengan air hangat dan minum air hangat atau teh hangat.
  • Istirahat yang cukup.
  • Melakukan hobi atau kegiatan yang Anda sukai.
  • Hindari berada di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Melakukan gerakan yoga atau gerakan rileksasi lainnya.
  • Minumlah paracetamol atau asam mefenamat jika nyeri tak kunjung reda, dan jangan lupa untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Baik sekian penjelasan tentang penyebab sakit kepala sebelah kanan atas telinga dan penanganannya. Semoga bermanfaat!

, ,