Sponsors Link

5 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Sampai ke Gigi dan Penanganannya

Sponsors Link

Telah kita bahas di artikel sebelumnya, bahwa sakit kepala berdasarkan penyebabnya itu dibagi menjadi 2 jenis sakit kepala, yang pertama yaitu sakit kepala primer dan yang kedua sakit kepala sekunder. Pada sakit kepala primer biasanya sulit diketahui penyebab pastinya, namun pada sakit kepala sekunder biasanya disertai oleh, sakit gigi, infeksi gigi, masalah pada mata, sinusitis dan yang lainnya. Dan disini akan kita bahas mengenai penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke gigi, lengkap dengan penanganannya.

ads

Ada beberapa penyebab timbulnya sakit kepala sebelah kanan sampai ke gigi, bisa jadi karena sakit kepala primer seperti migrain atau bisa juga sakit kepala sekunder, seperti terdapat masalah pada gigi. Dan untuk mengetahui lebih pastinya, sebenarnya bisa melakukan pemeriksaan langsung ke dokter, karena saat di dokter nantinya Anda akan ditanyakan secara detail apa saja yang Anda rasakan, setelah itu juga akan dilakukan pemeriksaan fisik baik pada bagian bagian kepala Anda maupun bagian dalam mulut Anda. Dan jika saat pemeriksaan fisik nanti ada beberapa tanda gejala tertentu, maka akan dilanjut pada pemeriksaan lainnya seperti CT scan atau rontgen pada gigi Anda. Namun, biasanya sakit kepala sebelah kanan sampai ke gigi disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

      1. Gusi bengkak

Umumnya keluhan gusi bengkak ini disebabkan oleh beberapa hal, sampai termasuk yang paling parah yaitu infeksi. Dan biasanya disertai dengan gejala lain seperti, gigi mudah berdarah saat disikat, bagian gusi lebih menonjol dari gusi lainnya dan timbulnya bau tidak sedap, serta terasa nyut nyutan atau nyeri pada gigi hingga sakit kepala. Dan biasanya hal ini terjadi karena plak pada gigi yang menumpuk akibat jarang dibersihkan. Karena pada dasarnya gusi yang sehat itu adalah, berwarna merah mudah, kencang dan kuat, serta terasa segar.

      2. Gigi berlubang

Gigi yang berlubang seringkali diabaikan, hingga lama kelamaan menjadi besar dan menimbulkan rasa nyeri pada gigi hingga ke kepala. Di dalam gigi Anda ini terdapat banyak saraf, yang mana saraf tersebut berhubungan dengan otak Anda, maka dari itu jika gigi Anda berlubang dan terasa sakit, maka otomatis rasa sakit nya itu akan menjalar sampai ke kepala Anda sehingga menimbulkan sakit kepala sampai ke gigi.

      3. Infeksi gigi

Infeksi pada gigi Anda dapat terjadi saat gigi Anda sudah berlubang cukup besar namun Anda membiarkannya begitu saja, hingga menyebar sampai ke akar dan pulpa. Yang mana pada saat Anda mengalami infeksi pada gigi Anda, maka akan menimbulkan sakit pada kepala Anda.

      4. Peradangan pada gusi (gingivitis)

Peradangan pada gigi atau yang dikenal dengan istilah medis gingivitis adalah suatu kondisi dimana terjadinya peradangan pada gusi, yang biasanya terdapat beberapa gejala sebagai berikut, gusi bengkak dan kemerahan merah nya merah tua, gusi mudah berdarah saat disikat, bau mulut, gusi yang mengkerut, yang mana apabila tidak segera diobati akan menyebabkan timbulnya infeksi pada gusi yang dapat membuat kerusakan pada jaringan lunak dan juga tulang penyangga gigi.

      5. Migrain 

Sakit kepala sebelah kanan sampai ke gigi, bisa juga disebabkan oleh migrain, migrain ini adalah sakit kepala sebelah yang dapat menjalar kemana mana rasa sakitnya. Yang mempunyai gejala yaitu, sensitif terhadap cahaya, sakit kepala berdenyut hebat, dan terjadinya hanya pada satu sisi kepala saja.

Dan berbagai permasalahan tersebut yang dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan sampai ke gigi, dapat diatasi dengan berbagai cara berikut ini :

  • Memberikan kompres dingin pada gusi yang bengkak untuk mengurangi bengkak.
  • Lebih rajin lagi menggosok gigi, meskipun saat gigi Anda masih sakit.
  • Cobalah untuk mengganti pasta gigi Anda dengan pasta gigi khusus untuk gusi bengkak dan gigi berlubang.
  • Minumlah obat pereda nyeri seperti paracetamol
  • Perbanyak makan sayur dan juga buah
  • Lakukan scalling
  • Pada gigi yang berlubang cobalah untuk segera melakukan penambalan gigi, dan jika sudah terlanjur mengenai akar, lakukanlah perawatan saluran akar terlebih dahulu setelah itu baru ditambal.
  • Menyikat gigi sesaat setelah makan atau minum yang manis.
  • Perbanyak minum air putih dan kurangi minum minuman yang manis, terlalu dingin atau panas, minuman yang bersoda dan berkafein.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan jagalah selalu kebersihan gigi Anda.

Itulah tadi beberapa penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke gigi. Semoga bermanfaat!

, ,