Sponsors Link

Sakit Kepala Sebelah Kanan Sampai Leher dan Mata : Penyebab dan Pencegahannya

Sponsors Link

Sakit kepala merupakan suatu kondisi dimana terkadang sulit ditemukan penyebab pastinya, contohnya adalah sakit kepala sebelah kanan sampai leher dan mata ini. Hal ini bisa menjadi pertanda suatu penyakit serius tertentu atau hanya gejala biasa yang dapat ditangani sendiri di rumah. Jenis sakit kepala juga dapat diketahui penyebab dan jenisnya juga berdasarkan letak sakitnya, ada sakit kepala yang terasa menyeluruh di seluruh kepala namun ada pula yang hanya pada bagian – bagian kepala tertentu saja, seperti pada sakit kepala sebelah kanan sampai leher dan mata ini.

ads

Penyebab sakit kepala ini juga dapat kita ketahui melalui pemeriksaan langsung oleh dokter. Karena disana nanti pasien akan ditanyakan langsung oleh dokter secara detailnya atau biasa disebut dengan anamnesa, kemudian setelah itu pasien akan dilakukan pemeriksaan fisik, agar dapat diketahui secara pasti penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai leher dan mata ini. Tidak hanya keseluruhan kepala, namun nanti mata sampai leher Anda juga akan diperiksa. Dan sakit kepala sebelah kanan Anda perlu penanganan dokter segera jika disertai tanda dan gejala berikut : sakit kepala berdenyut hebat, jika Anda tidak mengkonsumsi pereda sakit, sakit kepala akan terus berlanjut, Anda merasakan sakit kepala sebelah kanan yang terus menerus, demam, kejang, leher kaku, sulit bicara, tidak membaik bahkan setelah mengkonsumsi obat. Dan berikut beberapa penyebab yang sering dikaitkan dengan sakit kepala sebelah kanan sampai leher dan mata ini :

      1. Migrain 

Sakit kepala jenis migrain ini biasa menjadi penyebab timbulnya sakit kepala bagian kanan sampai mata dan juga leher, dan biasanya memang biasa terjadi hanya pada bagian sebelah kepala saja. Yang ditandai dengan beberapa gejala berikut : sakit kepala sebelah, nyeri berdenyut, mual muntah, munculnya sensitifitas yang tinggi terhadap cahaya maupun suara. Dan biasanya migrain ini berlangsung dari 4 sampai dengan 72 jam, yang dirasakannya yaitu hilang timbul. Dan kondisi migrain ini biasa diatasi dengan mengkonsumsi obat anti radang seperti asam mefenamat, ibu profen atau natrium diklofenak. Tidur dengan lampu dimatikan atau dengan cahaya yang redup serta dijauhkan dari kebisingan dan juga relaksasi merupakan beberapa hal yang dapat menangani migrain ini pula.

      2. Hemicrania cotinua

Penyebab timbulnya sakit kepala sebelah kanan sampai leher dan juga mata lainnya yaitu adanya kondisi seperti yang satu ini, yaitu hemicrania cotinua. Sakit kepala kronis ini merupakan sakit kepala terjadi secara terus menerus dan membuat jaringan serta saraf – saraf kepala tidak dapat aktif serta berfungsi secara maksimal. Perawatan yang rutin harus dilakukan pada sakit kepala sebelah kanan tipe ini. Sakit kepala hemicrania cotinua ini juga hanya terjadi pada satu sisi kepala saja dan tidak berpindah. Gejala penyertanya pada hemicrania cotinua ini menimbulkan beberapa gejala sebagai berikut, mata merah berair, nafas sesak, hidung berair, kelopak mata sayu, dan dirasakannya pada satu sisi kepala saja.

      3. Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster yang mana biasa terjadi dipicu oleh udara panas, kelelahan atau aktifitas yang berlebih, konsumsi minuman beralkohol dan mencium bau menyengat. Dan sakit kepala ini biasanya terjadi di satu sisi sekitar mata hingga ke dahi, leher dan bagian – bagian lainnya. Dan biasa terjadi pada malam hari selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam.

Dan ada beberapa penyebab lainnya, seperti, peradangan pada pembuluh darah, tekanan dalam rongga kepala, cedera otak bahkan meningitis. Berikut beberapa pencegahan agar tidak terjadi sakit kepala sebelah kanan dari mata sampai leher :

  • Istirahat yang cukup. Dengan cukup istirahat maka tubuh akan melakukan fungsinya pun dengan maksimal. Berbeda pada orang yang waktu tidur atau istirahatnya kurang.
  • Pola makan sehat. Cobalah untuk selalu menerapkan pola makan sehat, karena jenis makanan serta waktu makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Jika Anda menginginkan tubuh yang sehat, hendaklah konsisten dalam menerapkan konsumsi makanan yang sehat.
  • Cukup mengkonsumsi air putih. Telah kita ketahui, bahwa air putih sangatlah penting khasiatnya bagi kesehatan tubuh Anda. Dengan cukup mengkonsumsi air putih setiap harinya, maka racun racun dalam tubuh pun akan terbuang dengan sempurna.
  • Hindari stres, alkohol dan juga rokok.
  • Olahraga setiap hari minimal 15 menit. Karena olahraga sangatlah baik dalam menjaga kesehatan tubuh Anda, oleh karena itu olahraga lah secara rutin setiap harinya.

Demikian pembahasan mengenai penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai leher dan mata beserta cara pencegahannya. Semoga bermanfaat!

 

 

 

, , ,