Sponsors Link

Sakit Kepala Sebelah Kiri: Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Sakit kepala sebelah kiri, mungkin sebagian dari Anda para pembaca pernah atau bahkan jadi ‘langganan’ dari sakit kepala jenis ini. Tak bisa dipungkiri kalau sakit kepala adalah jenis sakit yang amat menyiksa. Kerap kali ketika sakit kepala sebelah kiri menyerang semua aktivitas jadi terganggu dan harus dihentikan. Rasa pusing, kepala berdenyut, tegang atau seperti ditusuk membuat penderitanya sulit untuk fokus melakukan kegiatan. Belum lagi jika gejala-gejala lain muncul mengiringi gejala utama yang terasa di kepala sebelah kiri. Beberapa gejala sakit seperti mual, muntah, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran dan lain sebagainya biasanya jadi buntut dari sakit kepala sebelah kiri.

ads

Jadi, apa Anda termasuk orang yang sering mengalami sakit kepala jenis ini? Jangan anggap remeh sakit kepala sebelah kiri. Sakit kepala sebelah kiri yang terjadi dalam waktu lama dan berulang dapat mengindikasikan penyakit yang mungkin sedang menjangkit Anda. Bisa juga menandakan jenis sakit kepala lain yang menetap dan menyerang secara periodik karena ada gangguan sistem di kepala.

Baca juga :

Oleh karenanya, kenali jenis sakit kepala sebelah kiri yang sedang Anda alami. Pahami berbagai jenis, penyebab, gejala, bahaya, pengobatan dan pencegahannya. Dengan memahami semua itu Anda bisa menyelamatkan kesehatan Anda dan menyingkirkan sakit kepala sebelah kiri hingga resiko untuk terulang bisa diminimalkan. Mari kita ulas 10 jenis sakit kepala sebelah kiri dan berbagai seluk-beluk dari sakit kepala yang satu ini.

1. Migrain

Migrain adalah sakit kepala yang menyerang salah satu sisi kepala. Jika terjadi di sisi kepala sebelah kiri maka kepala sebelah kiri saja yang sakit. Jika di sisi kepala sebelah kanan maka yang sakit hanya kepala bagian kanan. Migrain biasanya terjadi karena adanya penyempitan atau pelebaran pembuluh darah di otak, sehingga menimbulkan rasa sakit. Namun hal lain juga bisa jadi penyebab terjadinya migrain seperti stress, cahaya, suara, aktivitas hormonal, alkohol, bebauan,makanan dan alkohol. Lama waktu berlangsung dari migrain sendiri tidak pasti, ada saat dimana sakit kepala sebelah kiri karena migrain akan sembuh dalam hitungan jam namun bisa juga berlangsung beberapa hari. Migrain bisa kembali datang sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi. Baca juga : Bagian-Bagian Kepala Manusia

  • Gejala

Rasa sakit yang timbul akibat migrain bisa beragam dari rasa kepala seperti berdenyut, sakit seperti ditusuk, kadang bahkan diiringi rasa mual dan penglihatan menjadi kabur. Selain itu sakit kepala sebelah kiri akibat migrain juga membuat orang semakin sensitif pada suara sehingga sangat mudah terganggu oleh kebisingan. Pada beberapa kasus rasa sakit akan semakin menjadi ketika melakukan aktivitas, sehingga penderitanya terpaksa harus beristirahat.

  • Bahaya

Migrain bisa terjadi hanya beberapa jam tapi tidak menutup kemungkinan dapat berlangsung sampai 3 hari. Dan kabar buruk tambahannya; migrain bisa kembali datang sewaktu-waktu. Migrain di sisi kepala sebelah kiri juga bisa jadi indikasi penyakit lain seperti kerusakan pembuluh darah di kepala dan otak sebelah kiri, masalah jantung, stroke, cidera otak dan masalah kesehatan serius lainnya.

  • Pengobatan Medis

Jangan khawatir jika Anda terserang migrain, karena migrain bisa diobati. Hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi pada dokter terkait sakit kepala sebelah kiri yang Anda alami sehingga bisa diberikan diagnosa yang tepat. Adapun obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk meredakannya adalah yang mengandung zat analgesik seperti paracetamol dan aspirin. Ergotamin untuk sakit kepala sangat parah dan tak tertahankan sakitnya. Juga bisa menggunakan triptan jika diiringi mual dan muntah.

  • Pengobatan Non-Medis

Ada saat dimana mungkin Anda tidak ingin ke dokter atau mengkonsumsi obat, jika sakit kepala sebelah kiri ini baru Anda alami maka tindakan ini bisa jadi pengecualian. Namun jika sering, jangan pernah asal dalam menanganinya. Ketika sakit datang Anda bisa melakukan pengobatan dengan beristirahat di tempat yang tenang dan gelap, mengompres bagian kepala yang sakit, minum minuman hangat seperti teh, air jahe hangat atau ramuan berbahan pegagan.

  • Pencegahan

Pencegahan yang paling mudah dilakukan adalah dengan menghindari berbagai penyebab migrain seperti makanan dan minuman beralkohol, berbau menyengat, tidur yang cukup, mengatur pola makan dan olahraga teratur. Baca juga : Cara Mengobati Sakit Kepala

2. Aneurisma

Aneurisma ini adalah pembengkakan atau munculnya tonjolan yang menyerupai kantung pada pembuluh darah arteri di kepala. Pertumbuhan tonjolan ini tidak menimbulkan gejala atau tanda apapun sampai aneurisma ini mencapai ukuran yang besar atau bahkan pecah. Setelah ini terjadi barulah timbul rasa sakit yang sangat di sisi kepala yang tadinya terdapat aneurisma. Jika aneurisma berada di kepala bagian kiri maka akan timbul sakit kepala sebalah kiri.

  • Gejala

Sakit kepala sebelah kiri yang disebabkan aneurisma akan datang dengan tiba-tiba dan tingkat rasa sakitnya sangat tinggi, termasuk rasa sakit kepala yang parah dan tak tertahankan. Jika ada syaraf yang tertekan maka bisa menimbulkan gangguan penglihatan dan wajah mati rasa. Jika penyebab sakit kepala adalah adanya aneurisma maka sebaiknya dilakukan pengobatan intensif yang tepat.

  • Bahaya

Jika aneurisma dibiarkan tanpa adanya pengobatan maka ukuran benjolan akan semakin besar. Akibatnya berbagai sel, pembuluh darah dan syaraf akan terdesak dan makin terhimpit. Keadaan ini akan berujung pada kerusakan syaraf dan jaringan atau organ yang berkaitan dengan syaraf tersebut.

Sponsors Link

  • Pengobatan Medis

Jika Anda pergi ke dokter dan melakukan pemeriksaan maka Anda akan di CT Scan untuk mengetahui lokasi dan ukuran dari aneurisma. Jika ukurannya tidak mengkhawatirkan kemungkinan dokter hanya akan melakukan pemantauan dan jadwal periksa rutin. Obat penghilang rasa sakit, anti kejang dan calcium channel blocker juga akan diresepkan. Tapi jika aneurisma dalam kondisi yang mengkhawatirkan tindakan yang dilakukan adalah operasi.

  • Pengobatan Non-Medis

Belum ada pengobatan non-medis yang benar-benar ampuh untuk menyembuhkan aneurisma. Namun jika hanya untuk meredakan bisa digunakan minuman hangat untuk sakit kepala seperti wedang jahe, teh cammomile dan istirahat.

  • Pencegahan

Pencegahan agar bisa terhindar dari sakit kepala sebelah kiri yang satu ini utamanya dengan menjalankan gaya hidup sehat. Hindari mengkonsumsi makanan tinggi garam dan lemak, jangan merokok, hindari konsumsi alkohol dan rajin berolahraga.

Baca juga:

3. Sakit Kepala Pre-Menstruasi

Sakit kepala di bagian kiri yang satu ini hanya menyerang wanita. Sebenarnya tidak hanya bagian kepala sebelah kiri saja, bagian sebelah kanan juga punya potensi yang sama untuk terserang sakit kepala. Sakit kepala sebelah kiri yang disebabkan menstruasi termasuk sakit kepala yang sulit dihindari karena merupakan siklus biologi dari tubuh wanita. Penyebab utama sakit kepala sebelah kiri yang dikarenakan siklus menstruasi adalah penurunan hormon estrogen pada wanita ketika menstruasi.

  • Gejala

Rasa sakit yang muncul bisa terjadi selama beberapa hari sebelum menstruasi atau ketika menstruasi. Namun sakit kepala ini bisa mereda dan hilang dengan sendirinya. Rasa sakit yang dapat berupa pusing, kepala dan leher kaku, terasa berat atau tertekan.

  • Bahaya

Ketika hormon menurun dan muncul sakit kepala biasanya penderitanya akan sangat sensitif dan mudah marah. Belum lagi jika dipadukan dengan tanda-tanda PMS lainnya, akan sangat mengganggu kegiatan. Sakit kepala sebelah kiri yang satu ini juga bisa rutin menyerang setiap bulannya.

  • Pengobatan Medis

Pemberian obat pereda rasa sakit dan nyeri akan sangat membantu mengusir sakit kepala pre-menstruasi. Pilihlah obat yang mengandung aspirin dan paracetamol.

  • Pengobatan Non-Medis

Istirahatlah sejenak dari aktivitas Anda ketika sakit kepala datang. Lepaskan semua beban dan coba untuk relax, kompres bagian kepala yang sakit dan minum teh mint akan sangat membantu.

  • Pencegahan

Pahami apa yang jadi pemicu utama dari sakit kepala. Bisa jadi ketika mendekati masa PMS kegiatan atau makanan tertentu dapat menjadi pemicu tambahan. Hindari kegiatan fisik yang melelahkan dan makanan pemicu sakit kepala sebisa mungkin. Kemudian lakukan olahraga secara teratur dan hindari stress berlebih.

Baca juga:

4. Sinusitis

Ketika salah satu bagian saluran sinus mengalami peradangan atau infeksi maka sakit kepala bisa jadi salah satu gejalanya. Seringkali orang mengira ini adalah migrain ketika bagian kepala yang terasa sakit hanya di sebelah. Jika peradangan saluran sinus terjadi di sisi kiri maka biasanya kepala yang sakit juga yang sebelah kiri. Saluran sinus sendiri ada di dalam rongga wajah berada di balik area pipi dan kening.

  • Gejala

Selain sakit kepala sebelah kiri gejala lain yang muncul adalah hidung tersumbat, demam, nyeri di bagian wajah, nafas berbau, indra penciuman menurun.

  • Bahaya

Jika tidak diobati maka peradangan akan semakin parah dan terjadi infeksi di saluran sinus. Jika demikian maka gejala akan terus muncul sehingga penderita merasa selalu sakit. Dalam jangka lama saluran sinus dapat mengalami pembusukan.

Sponsors Link

  • Pengobatan Medis

Pada penderita sinusitis ringan pemberian obat yang mengandung antibiotik, decogestan dan steroid akan membantu penyembuhan, tentunya dengan resep dokter. Pada infeksi sinus yang sudah parah biasanya dokter akan menyarankan dilakukan operasi.

  • Pengobatan Non-Medis

Pemberian uap dan obat herbal beraroma kuat dapat membantu meringankan gejala seperti pusing dan hidung tersumbat.

  • Pencegahan

Untuk mencegah terserang sinusitis yang mengakibatkan sakit kepala sebelah kiri sebaiknya selalu jaga kebersihan saluran pernafasan. Virus bisa masuk dengan mudah dari udara kotor yang terhirup setiap hari. Gunakan masker di daerah dengan polusi udara tinggi, jangan mengeluarkan ingus dari dalam hidung secara paksa karena akan melukai saluran sinus.

Baca juga :

5. Sakit Kepala Tegang

Penyebab sakit kepala tegang adalah kurang tidur, tegang otot, stress, postur tubuh yang kurang benar dan telat makan. Sakit kepala ini bisa datang secara perlahan dan menjadi parah kemudian menghilang dengan sendirinya. Tapi akan kembali datang dalam waktu dekat dengan tingkat rasa sakit yang sama atau lebih parah.

  • Gejala

Ketika sakit kepala tegang menyerang penderitanya akan merasakan tekanan dan nyeri di salah satu sisi kepala. Rasa nyeri ini juga menyerang bagian leher dan pundak sehingga terasa kaku.

  • Bahaya

Dalam jangka waktu yang lama akan sangat mengganggu aktivitas dari si penderita. Otot akan sering menegang dan susah untuk relax. Bahkan ini bisa jadi tanda dari penyakit berbahaya lainnya.

  • Pengobatan Medis

Konsumsi obat mengandung zat analgesik seperti ibuprofen, aspirin dan paracetamol akan dapat meringankan gejala yang muncul.

  • Pengobatan Non-Medis

Lakukan peregangan di bagian tubuh yang terasa kaku secara perlahan, kompres dengan air hangat dan cobalah untuk lebih santai.

  • Pencegahan

Untuk mencegah sakit kepala tegang datang kembali duduk, berjalan dan tidurlah dengan posisi yang benar sehingga otot di daerah pundak, leher dan kepala tidak menegang. Lakukan relaksasi dengan melakukan peregangan saat bangun tidur dan disela-sela waktu bekerja untuk membuat otot lebih lentur dan fleksibel.

Baca juga :

6. Stroke

Penyebab dari stroke adalah adanya penyumbatan di pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju organ otak bisa. Penyumbatan ini mengakibatkan berbagai nutrisi dan oksigen yang seharusnya di kirim ke otak menjadi terhambat. Selain itu gumpalan yang ada di dalam pembuluh darah pada organ otak dapat mengakibatkan tekanan di syaraf-syaraf otak. Berbagai keadaan yang ada ini jika berkumpul jadi satu akan menimbulkan sakit kepala sebelah kiri jika penyumbatan utamanya terjadi di pembuluh-pembuluh darah yang berkaitan dengan otak sebelah kiri.

  • Gejala

Sakit kepala yang sangat hebat datang secara tiba-tiba, disertai dengan leher kaku. Gejala lain dari sakit kepala sebelah kiri jenis stroke adalah hilangnya keseimbangan dan koordinasi penderita,kesulitan menelan, penglihatan kabur, bekunang-kunang. Dalam kasus stroke tingkat lanjut bagian badan tertentu dapat kehilangan fungsinya.

  • Bahaya

Bahaya dari penyakit ini adalah kerusakan saraf dan sistem kordinasi syaraf di otak sehingga membuat fungsi bagian tubuh tertentu terganggu. Pada kasus yang lebih parah dapat mengakibatkan kelumpuhan hingga kematian.

  • Pengobatan Medis

Pengobatan yang diberikan oleh dokter biasanya berupa obat untuk menurunkan kolesterol jahat, tekanan darah dan menghilangkan sumbatan (darah beku) di pembuluh darah. Pada beberapa kondisi operasi perlu dilakukan untuk menyembuhkan pasien.

  • Pengobatan Non-Medis

Pengobatan juga dapat dilakukan dengan melakukan latihan/terapi secara mandiri setiap hari agar syaraf-syaraf terangsang sehingga bisa aktif lagi dan peredaran darah menjadi lancar. Untuk Anda yang masih mengalami gejala awal kurangi makanan yang dapat menimbulkan penyumbatan dalam pembuluh darah dan tenangkan pikiran, jangan stres ataupun panik dapat meredakan gejala.

  • Pencegahan

Untuk mencegah tanda-tanda dan penyakit stroke menyerang dapat dilakukan beberapa upaya seperti mengatur pola makan, menjaga berat badan dan kadar kolesterol, jangan merokok dan mengkonsumsi alkohol, istirahat yang cukup, menghindari stres dan rajin berolahraga.

Baca juga:

7. Sakit Kepala Kiri Disebabkan Makanan dan Minuman

Anda sebaiknya memperhatikan pola makan dan minum, baik itu waktunya maupun nutrisinya. Karena jika telat makan maka kebutuhan nutrisi tubuh dan otak akan terlambat pula terpenuhi. Dalam keadaan ini biasanya otak akan memberikan signal berupa rasa sakit di kepala seperti pusing. Namun, ada juga beberapa makanan dan minuman yang dapat menimbulkan sakit kepala sebelah kiri. Minuman yang tinggi kafein seperti kopi, atau yang berbau tajam seperti durian, memiliki rasa tajam khas makanan dan minuman hasil fermentasi yang mengandung alkohol tinggi, keju, coklat dan sebagainya dapat memicu sakit kepala sebelah kiri.

ads
  • Gejala

Ketika memakan atau meminum sesuatu kepala Anda terasa pusing, berdenyut atau terasa tegang dan berat. Gejala susulan berupa rasa mual, kembung dan muntah hingga pandangan menjadi kabur dan sensitif terhadap cahaya.

  • Bahaya

Bahaya sakit kepala ini adalah dapat membuat Anda merasa tidak enak secara tiba-tiba jika tidak mengetahui makanan yang jadi pemicunya. Bila sewaktu-waktu terjadi dapat membuat tubuh teracuni karena sebenarnya tubuh tidak kuat atau alergi.

  • Pengobatan Medis

Periksakan lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui penyebab utamanya. Karena bisa jadi Anda memang tidak kuat atau alergi pada makanan dan minuman tertentu. Atau juga bisa karena makanan yang Anda konsumsi beracun. Obat untuk sakit kepala ini adalah obat pereda nyeri, paracetamol, ibuprofen dan aspirin.

  • Pengobatan Non-Medis

Jika Anda merasa ingin muntah maka jangan ditahan, muntahkan saja karena ini bisa membuat sakit kepala sebelah kiri Anda membaik. Istirahatlah sejenak, minum minuman hangat dan kompres bagian kepala yang sakit.

  • Pencegahan

Untuk mencegah sakit kepala jenis ini datang kembali hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang jadi penyebabnya. Atau jika memang harus mengkonsumsi jangan berlebihan. Baca juga : Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Pijatan

8.  Tumor Otak

Tumor otak juga bisa jadi sebab terjadinya sakit kepala sebelah kiri. Pertumbuhan tumor di otak akan memberikan tekanan di rongga kepala sehingga pembuluh darah dan syaraf terhimpit. Tekanan dari tumor yang tumbuh ini akan membuat kepala terasa sakit. Rasa sakit akibat tumor otak ini terasa menusuk di dalam kepala dan sangat nyeri hingga tidak bisa ditahan.

  • Gejala

Rasa sakit kepala seperti ditusuk di bagian dalam kepala yang datang tiba-tiba dan berlangsung cukup lama. Sakit kemudian akan mereda dan kembali menjadi sangat sakit. Gejala ini datang secara periodik dan semakin lama akan semakin sering terjadi.

  • Bahaya

Tumor pada otak dapat merusak sistem koordinasi syaraf yang berpusat di otak sehingga dapat melumpuhkan bagian tubuh tertentu. Tumor yang semakin besar dapat membuat orang sering kehilangan kesadaran, memori dan kewarasan. Jika sudah semakin parah bisa beresiko kematian.

  • Pengobatan Medis

Pemberian obat untuk menghancurkan tumor dan radiasi akan dianjurkan oleh dokter jika masih ada harapan tumor dijinakkan. Tapi jika ukurannya sudah sangat besar dan mengganggu otak maka operasi adalah jalan keluarnya.

  • Pengobatan Non-Medis

Pengobatan herbal untuk menghancurkan sel tumor bisa dikonsumsi. Bahan herbal itu diantaranya ramuan daun sirsak dan tanaman keladi tikus.

  • Pencegahan

Untuk mencegah Anda harus menerapkan pola hidup yang sehat, pastikan mengkonsumsi makanan bergizi, kurangi konsumsi bahan kimia seperti obat-obatan, jangan merokok, perbanyak minum air putih dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Baca juga: Penyebab Sakit Kepala

9. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala yang satu ini termasuk langka, hanya sekitar 1 % penderita sakit kepala yang pernah mengalami sakit kepala cluster. Penyebab dari sakit kepala kiri jenis ini dapat berupa cuaca yang terlalu panas, alkohol, aroma yang sangat menyengat, kurang itirahat bahkan faktor keturunan.

  • Gejala

Sakit kepala muncul dengan pola tertentu dan berulang-ulang. Gejala lain adalah air mata keluar terus-terus, mata terasa sakit, merah dan bengkak, hidung tersumbat dan rasa nyeri yang hebat.

  • Bahaya

Sakit kepala cluster dapat menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih berbahaya. Jika sering terjadi maka penglihatan bisa rusak dan sangat mengganggu aktivitas.

  • Pengobatan Medis

Biasanya dokter akan meresepkan obat khusus untuk meredakan sakit kepala pasien,  kandungan utama dari obat adalah anti inflamasi, triptan, dehidroergetamin, oktreotida. Pompa kalsium juga bisa jadi salah satu cara pengobatan.

  • Pengobatan Non-Medis

Pengobatan bisa dilakukan dengan segera beristirahat ketika gejala muncul, menenangkan pikiran dan mengompres mata agar tidak bengkak. Memijit bagian kepala yang sakit secara perlahan juga akan cukup membantu.

  • Pencegahan

Pencegahan sakit kepala cluster hampir ama dengan pencegahan sakit kepala lainnya yaitu dengan menghindari stress, istirahat cukup, makan teratur dan bergizi serta olahraga. Baca juga: Cara Mencegah Sakit Kepala

10. Stress

Stress juga bisa menimbulkan sakit kepala sebelah kiri, tekanan pekerjaan dan aktivitas yang padat dapat membuat Anda secara tidak sadar mengalami stress. Berbagai permasalahan juga dapat memicu stress penyebab sakit kepala.

  • Gejala

Rasa sakit seperti pusing dan kepala tegang yang terjadi secara perlahan. Tingkat rasa sakit mulai dari ringan sampai menengah, tapi berlangsung lama bahkan dalam hitungan hari baru mulai reda.

  • Bahaya

Stress berlebihan dapat menjadi awal dari depresi yang dapat mengundang berbagai penyakit serius lainnya. Kegiatan dan pekerjaan juga akan terbengkalai karena kehilangan fokus.

  • Pengobatan Medis

Obat sakit kepala yang di jual di warung dapat menjadi solusi, kandungan aspirin dan ibuprofen di dalamnya dapat meredakan sakit kepala.

  • Pengobatan Non-Medis

Istirahat ditempat yang tenang akan membuat gejala mereda dan hilang. Aroma terapi yang menenangkan dan teh herbal juga ampuh mengusir sakit kepala dan kepenatan yang membandel.

  • Pencegahan

Untuk tindakan pencegahan lakukanlah itirahat yang cukup setiap harinya dan lakukan peregangan disela aktivitas. Sisihkan waktu anda untuk me time dan membebaskan diri dari kesibukan. Melakukan liburan singkat juga dapat membuat Anda terhindar dari stress. Baca juga: Sakit Kepala Bagian Depan

Nah, sekarang Anda telah mengetahui berbagai jenis, penyebab, gejala, bahaya, pengobatan dan pencegahan sakit kepala sebelah kiri. Jagalah kesehatan Anda karena kepala adalah bagian penting dari tubuh. Jika terjadi masalah pada organ yang ada di dalam kepala maka efeknya bisa sangat fatal. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai sakit kepala.

, , , , , ,
Oleh :