Sponsors Link

Penyebab dan Pencegahan Sakit Kepala Sebelah Kiri karena Sakit Gigi

Sponsors Link

Seperti telah kita ketahui bahwa sakit gigi mampu menimbulkan beberapa dampak dan juga efek tertentu yang tentunya sangat mengganggu aktifitas kita sehari – hari, karena sakit gigi membuat seluruh badan sakit terutama efeknya yang paling terasa adalah pada kepala, seringkali sakit gigi menimbulkan efek sakit kepala, entah itu sakit kepala terus menerus maupun sakit kepala berdenyut hebat. Sehingga banyak sekali yang mengatakan bahwa lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi.  Selain menyebabkan efek timbulnya sakit kepala, sakit gigi dapat menimbulkan sakit pada mata, punggung hingga seluruh tubuh. Sehingga seringkali banyak orang yang menanyakan cara mengatasi sakit gigi ini dengan cepat.

ads

Telah disebutkan tadi, bahwa sakit gigi menimbulkan efek sakit kepala, jika terjadi masalah gigi pada gigi bagian kiri maka biasanya sakit kepala yang menyerang pun adalah kepala bagian kiri, begitupun sebaliknya. Sehingga seringkali yang menjadi penyebab sakit kepala bagian kiri tersebut adalah sakit gigi atau adanya masalah pada gigi bagian kiri Anda. Karena telah kita ketahui tentunya, bahwa sakit kepala penyebabnya terbagi menjadi dua jenis yaitu penyebab sakit kepala primer dan sekunder. Kalau penyebab sakit kepala primer adalah karena adanya struktur pada bagian kepala yang bermasalah, sedangkan pada penyebab sakit kepala sekunder yaitu karena adanya penyakit tertentu yang dialami, yang disini penyebabnya adalah sakit gigi atau adanya masalah pada gigi.

Penyebab sakit kepala sebelah kiri karena sakit gigi umumnya disebabkan karena adanya masalah pada gigi bagian kiri. Karena pada gigi terdapat banyak saraf yang berasal dari saraf kranial fasial dan juga saraf trigeminal, yang mana kedua saraf ini juga bagian dari saraf kepala dan juga wajah. Hal inilah yang menjadi penyebab timbulnya sakit kepala sebelah kiri tersebut. Untuk lebih detailnya ada beberapa kondisi gigi yang menyebabkan timbulnya sakit kepala ini, yaitu ;

  • Gigi berlubang

Pada gigi yang sudah berlubang cukup dalam tentunya hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri atau sakit pada gigi yang menyebar hingga menimbulkan nyeri atau sakit pada kepala. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu aktifitas Anda sehari-hari, oleh karena itu memang sangat dianjurkan bagi kita untuk menjaga kesehatan gigi guna mencegah terjadinya berbagai masalah pada gigi.

  • Infeksi gigi

Infeksi yang terjadi pada gigi dapat menyebabkan sakit nya beberapa bagian tubuh seperti kepala, mata, dan yang lainnya. Hal ini dikarenakan, pada bagian dalam gigi tersebut terdapat pulpa yang mana pada pulpa ini terdapat pembuluh darah. Sehingga apabila terjadi infeksi pada gigi otomatis menyerang bagian pulpa tersebut dan hal tersebut dapat menyebar ke beberapa bagian tubuh tertentu seperti yang paling fatal adalah jantung. Yang mana jika infeksi tersebut sudah menjalar sampai ke jantung maka hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya penyakit endokarditis yaitu suatu infeksi yang menyerang lapisan dalam ruang jantung dan katup jantung.

Selain itu, infeksi pada gigi ini juga sangat berbahaya bagi tubuh Anda, karena bakteri tersebut dapat menyebar ke seluruh tubuh Anda melalui pembuluh darah. Terutama pada ibu hamil yang mengalami infeksi pada gigi, infeksi gigi tersebut dapat menyebabkan kelahiran prematur yang disebabkan oleh terganggunya pertumbuhan janin karena infeksi dari bakteri tersebut.

Tentunya untuk mencegah timbulnya atau terjadinya sakit kepala sebelah kiri karena sakit gigi penting bagi kita untuk menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari berbagai masalah pada gigi dan juga bagian organ tubuh lainnya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi :

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Tidak hanya tubuh saja yang memerlukan makanan sehat, namun gigi pun begitu pula adanya. Kurangi mengkonsumsi makanan – makanan serta minuman manis, serta menghindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang masih dalam keadaan panas. Serta meningkatkan konsumsi makanan yang sehat seperti ikan – ikanan, ayam, berbagai jenis sayur – sayuran serta buah – buahan segar. Karena berbagai jenis makanan sehat tersebut mengandung vitamin serta nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan serta kekuatan gigi.

Sponsors Link

2. Rutin menyikat gigi

Sikatlah gigi Anda minimal 2 kali sehari. Selain itu alangkah lebih bagusnya lagi bagi Anda untuk menyikat gigi Anda setiap kali sehabis makan atau sehabis mengkonsumsi makanan atau minuman manis, itu lebih baik lagi. Jikalau memang tidak bisa menyikat gigi setelah makan, maka minimal kumur – kumur lah. Hal tersebut agar tidak ada sisa – sisa makanan yang menempel pada gigi, yang mana lama kelamaan akan menjadi bakteri yang membuat gigi Anda berlubang.

3. Perbanyak minum air putih

Perbanyaklah minum air putih, hal ini agar produksi air liur tetap optimal. Air liur berfungsi sangat penting bagi kesehatan gigi Anda, karena membantu dalam proses pendistribusian fluoride ke seluruh gigi sehingga dapat meminimalisir terjadinya gigi berlubang.

4. Rutin memeriksakan gigi ke dokter

Dengan rutin memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi dapat mengurangi resiko timbulnya berbagai masalah pada gigi. Karena ada beberapa bakteri ataupun kotoran pada gigi yang tidak dapat dijangkau dan dibersihkan dengan hanya menyikat dengan sikat gigi biasa, sehingga perlu dengan alat yang biasa digunakan untuk membersihkan karang gigi.

Itulah tadi beberapa cara untuk mencegah sakit kepala sebelah kiri karena sakit gigi. Semoga bermanfaat!

, , ,