Sponsors Link

7 Penyebab Sakit Kepala Setiap Hari dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Setiap orang tentu tidak menginginkan adanya kondisi permasalahan kesehatan pada tubuhnya yang dapat memberikan rasa sakit, kondisi mengganggu, dan menghalangi setiap aktivitas harian. Salah satu bentuk permasalahan pada tubuh yang dapat memberikan dampak besar adalah adanya permasalahan pada kepala. Permasalahan di kepala menjadi suatu hal yang patut diwaspadai dan harus segera diatasi jika memang sudah terjadi baik yang ringan maupun berat. Hal ini dikarenakan pada kepala terdiri dari bagian bagian yang penting dan fungsinya vital bagi aktivitas tubuh.

ads

Beberapa bagian bagian kepala yang penting tersebut memiliki fungsi vital masing masing. Bagian tersebut diantaranya mulut sebagai pintu masuk makanan kedalam saluran pencernaan tubuh dan tempat lidah yang merupakan indera perasa, hidung sebagai indera penciuman dan awal sistem pernafasan, mata sebagai indera penglihatan, kuping sebagai indera pendengaran, serta otak yang merupakan pusat saraf dan pusat kendali tubuh manusia

Kondisi sakit kepala atau pusing yang merupakan masalah paling ringan di kepala saja dapat menyebabkan seseorang sulit beraktivitas, berkonsentrasi, mengambil keputusan, merasakan nyeri di bagian kepala apalagi kondisi masalah yang lebih besar. Sakit kepala yang terjadi setiap hari bisa jadi merupakan keadaan yang biasa dan perlu diperhatikan dengan baik. Berikut beberapa penjelasan mengenai penyebab dari kondisi sakit kepala setiap hari yang perlu diperhatikan dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut dalam ulasan dibawah ini.

  1. Penyakit tekanan darah tinggi

Penyebab pertama yang dapat menjadikan seseorang merasakan sakit kepala setiap hari atau terus menerus adalah karena adanya penyakit tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan nama hipertensi. Penyakit hipertensi terjadi karena adanya peningkatan tekanan darah tubuh yang terjadi akibat berbagai macam penyebab. Salah satu bentuk gejala dan akibat dari adanya penyakit hipertensi tersebut adalah sakit kepala yang akan hilang jika tekanan darah tubuh kembali normal.

Untuk dapat mengatasi kondisi sakit kepala yang muncul sebagai gejala penyakit peningkatan tekanan darah atau hipertensi adalah dengan mengatasi hipertensi tersebut dan mengkonsumsi obat pereda sakit kepala seperti paracetamol, asam mefenamat, dan antalgin. Cara menurunkan tekanan darah dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat anti hipertensi, beristirahat, mengkonsumsi makanan tertentu yang menyehatkan, serta banyak minum air putih.

  1. Sakit kepala tegang kronis

Penyebab sakit kepala berlebihan selanjutnya yang menjadi seseorang merasakan sakit kepala berkepanjangan bahkan berhari hari adalah karena sakit kepala tegang yang kronis. Sakit kepala tegang ditandai dengan munculnya rasa nyeri atau sakit pada kedua sisi kepala sepert terasa tertekan. Sakit kepala tegang dapat dipicu oleh terjadinya sensitivitas kepala dan aktivitas yang berat pada otak. Untuk mengatasinya dapat dengan mengistirahatkan tubuh beberapa waktu dengan tidak memaksimalkan kinerja otak pada kepala atau mengkonsumsi obat nyeri.

  1.  Tumor otak

Hal yang cukup berbahaya dan perlu diwaspadai ketika seseorang merasakan sakit kepala berkepanjangan hingga berhari hari adalah kondisi tumor otak. Tumor otak merupakan keadaan dimana tumbuhnya sel apnormal pada otak yang dapat menyebabakan kerusakan sel otak dan terjadinya berbagai komplikasi. Salah satu gejala yang paling umum terjadi pada kepala karena adanya tumor otak adalah sakit kepala terus menerus. Untuk dapat mengatasi kondisi tumor otak maka diperlukan diagnosis medis yang jelas serta tindakan medis yang tepat yang bisa jadi perlu untuk dilakukan tindakan operasi.

  1. Cedera di kepala

Hal lain yang juga dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala berkepanjangan adalah karena adanya cidera di kepala yang tidak diketahui atau riwayat cidera yang kambuh. Cedera atau trauma kepala yang terjadi di bagian luar kepala mungkin bisa dideteksi dengan cepat namun cedera yang terjadi di dalam kepala perlu pemeriksaan lebih lanjut dan harus dilakukan diagnosis secara medis agar dapat ditentukan cara yang tepat untuk mengatasinya sehingga kondisi sakit kepala setiap hari dapat teratasi.

Sponsors Link

  1. Peningkatan tekanan intrakranial

Peningkatan tekanan intrakranial yang merupakan penyebab sakit kepala terus menerus dapat dipicu oleh berbagai kondisi seperti tumor otak, kista, atau kondisi volume cairan otak yang meningkat. Gejalanya bukan hanya sakit kepala namun juga dapat diikuti dengan gangguan saraf seperti muntah, kejang kejang, hingga munculnya gangguan penglihatan. Untuk dapat mengatasinya maka diperlukan pemeriksaan lebih lanjut terkait kondisi penyebab peningkatan tekanan intrakranial pada otak tersebut yang menimbulkan kondisi sakit kepala.

  1. Sakit kepala usia lanjut

Kondisi penyebab lainnya yang juga dapat memicu terjadinya sakit kepala berkepanjangnya hingga berhari hari adalah karena keadaan sakit kepala usia lanjut. Kondisi sakit kepala usia lanjut tersebut terjadi karena penurunan kesehatan pada orang tua dan dipicu oleh beberapa penyakit di usia tua seperti glaucoma, infeksi herpes, penyakit pembuluh darah, dan akibat adanya kondisi psikologis tertentu.

  1. Sakit kepala berulang

Sakit kepala berulang atau sakit kepala rebound merupakan kondisi dimana sakit kepala terjadi secara berulang dan terus menerus dalam beberapa hari. Sakit kepala berulang tersebut dapat dipicu oleh kondisi efek samping dari penghentian obat nyeri dan ergotamine dalam pengobatan migrain secara mendadak. Untuk mencegah dan mengatasinya maka penggunaan obat pada penderita migrain harus dilakukan dengan benar terutama ketika penghentian pemakaiannya harus secara bertahap.

Itulah beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab sakit kepala setiap hari yang perlu diperhatikan dan diwaspadai. Setiap penyebab yang dijelaskan diatas dapat diatasi dengan cara yang berbeda beda namun yang terpenting adalah melakukan konsultasi dengan dokter agar memperoleh tindakan medis yang tepat sebelum penyebab sakit kepala berkepanjangan tersebut semakin lebih parah.

, ,