Sponsors Link

5 Penyebab Sakit Kepala Tidak Bisa Tidur dan Pengatasannya

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mengalami sakit kepala dimalam hari atau sepanjang hari sampai membuat sulit tidur? Semua orang dewasa pasti pernah mengalami kondisi ini. Anda mungkin menjadi stres karena tidur malam menjadi kebutuhan yang penting untuk tubuh. Jadi ketika malam hari dan tidak bisa tidur maka tubuh akan menjadi sangat lelah dan tidak nyaman. Pada siang harinya tubuh Anda menjadi lemah dan tidak bertenaga sampai tidak bisa beraktifitas dengan normal.

ads

Jika masalah ini terjadi satu atau dua kali mungkin memang tidak masalah. Tapi jika terjadi setiap hari pasti sudah membuat stres dan tertekan. Karena itu masalah masalah sakit kepala ini harus ditemukan dan mendapatkan perawatan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa uraian tentang sakit kepala tidak bisa tidur termasuk penyebab dan perawatan.

1. Sakit kepala tegang

Salah satu penyebab sakit kepala berlebihan adalah jenis sakit kepala tegang dimana ini sangat umum untuk orang dewasa. Semua orang bisa terkena masalah ini namun memiliki tipe yang berbeda, seperti sakit kepala yang ringan dan sangat berat. Jika sudah sangat berat pasti akan membuat tidak bisa tidur dengan nyaman. Penyebab dari kondisi ini bisa berkaitan dengan stres yang berlebihan, rasa cemas sepanjang hari, kelelahan di siang hari, dan masalah otot tegang. Terkadang juga bisa dipicu oleh sakit gigi dan kebiasaan tidur yang tidak wajar.

Jika penyebab sulit tidur akibat sakit kepala tegang maka waspadai dengan tanda seperti sakit kepala sangat tumpul, sakit pada dahi dan kepala, leher dan bahu menjadi lemah dan disertai sesak nafas. Jika sudah sangat parah maka boleh minum obat seperti aspirin atau ibuprofen, naproxen, acetaminophen. Juga bisa mengatasi rasa sakit dengan manajemen stres, mengelola rasa cemas dan terapi akunpuntur.

2. Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster juga termasuk sakit kepala yang sangat menyakitkan sampai membuat penderita sulit untuk tidur. Banyak penderita yang merasa sangat sakit sampai ada tekanan pada mata dan biasanya sakit berlangsung selama beberapa hari sampai minggu dan kemudian bisa hilang sendiri. Beberapa penderita juga cenderung mengalami serangan sakit kepala ini pada malam hari. Tanda dari sakit kepala cluster seperti:

  • Sakit mendesak pada satu mata
  • Sakit terus berulang
  • Sakit menjalar sampai kepala luar
  • Mata menjadi merah
  • Ada pembuluh darah yang sobek
  • Hidung tersumbat
  • Kulit sangat pucat dan tidak bisa diam selama sakit kepala.

Segera datangi dokter untuk mendapatkan terapi oksigen, obat semprot pada hidung seperti sumatriptan yang berfungsi untuk menghambat pembuluh darah, meringankan sakit kepala berat dan obat DHE yang disuntikkan. Salep atau krim hangat juga bisa diberikan pada leher.

3. Akibat migrain

Beberapa jenis jenis migrain juga bisa menyebabkan sakit kepala yang buruk sampai tidak bisa tidur dengan nyenyak. Biasanya kondisi migrain terjadi karena serangan beberapa penyakit tertentu atau hanya karena sakit kepala saja. Jika terjadi migrain maka akan disertai dengan beberapa tanda seperti muntah, mual, mata peka terhadap cahaya, peka terhadap suara keras dan pandangan mata kabur.

Kondisi migrain juga bisa disebabkan oleh efek perubahan hormon, perubahan kondisi cuaca, makanan yang menyebabkan alergi, perubahan waktu tidur dan rangsangan dari luar termasuk cahaya lampu dan suara. Bisa minum obat pereda nyeri seperti aspirin dan ibuprofen. Juga harus mengendalikan stres, mengurangi kecemasan dan menjaga waktu istirahat lebih teratur. Konsumsi makanan sehat juga sangat diperlukan.

4. Sakit kepala hipnik

Jenis sakit kepala yang memang hanya terjadi pada malam hari adalah sakit kepala hipnik. Biasanya penderita akan merasa normal pada siang hari namun merasa sangat sakit pada malam hari. Juga sering disebut sebagai sakit kepala alarm karena rasa sakit yang parah bisa membangunkan waktu tidur akibat sakit kepala berdenyut hebat. Masalahnya sakit kepala ini bisa terjadi setiap malam di jam yang sama sehingga membuat penderita merasa stres dan tertekan. Biasanya ini hanya terjadi pada penderita yang berusia lanjut lebih dari 50 tahun.

Sponsors Link

Gejala yang perlu diwaspadai seperti sakit pada salah satu sisi kepala, bangun ketika sudah lebih dari jam 10 malam, sakit kepala berlangsung selama 2 sampai 4 jam, bisa disertai mual dan muntah, memicu stres. Jika sudah tidak tahan maka bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun perawatan alami dengan tidak minum kafein pada malam hari sangat diperlukan. Hindari juga makanan berlemak saat menjelang tidur dan biasakan untuk olahraga secara rutin.

5. Masalah psikologis

Mungkin semua orang sudah tahu bahwa sebenarnya penyakit sakit kepala bisa dipicu oleh beberapa hal termasuk seperti masalah psikologis. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sakit kepala sementara penderita tidak menyadarinya. Beberapa hal penyebab sakit kepala akibat tekanan psikologis seperti:

  • Bekerja terlalu keras: orang yang bekerja sangat keras biasanya akan merasa lebih lelah pada malam hari sehingga sampai merasa sakit kepala. Untuk mengatasinya maka cobalah untuk mengatur waktu kerja dan istirahat secara teratur sehingga tidak tertekan.
  • Cemas berlebihan : orang yang sangat cemas dan stres bisa mengalami kondisi ini dalam keadaan yang lebih parah. Selain rasa cemas itu sendiri juga bisa karena tekanan dan banyak pikiran. Ini kondisi yang berbahaya jika terjadi setiap hari karena bisa membuat tubuh kurang istirahat.
  • Kelaparan: kurang nutrisi dan tidak makan dengan cukup baik juga bisa membuat sakit kepala pada malam hari. Biasanya ini terjadi pada orang yang melakukan diet dengan keras sehingga justru kurang beberapa nutrisi penting untuk tubuh.

Setiap penderita sebaiknya mencoba untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu juga harus mengelola rasa stres baik dengan cara sendiri atau dengan bantuan ahli seperti psikolog. Coba juga untuk mengonsumsi air putih yang cukup serta mengurangi kafein. Jangan lupa untuk membiasakan tidur yang cukup dan olahraga secara rutin.

Itulah semua hal mengenai sakit kepala tidak bisa tidur termasuk penyebab dan perawatan. Semua orang yang pernah mengalami masalah ini sebaiknya waspada dan jika gejala memburuk maka jangan lupa untuk segera pergi ke dokter.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan