Sponsors Link

Penyebab Sakit Kepala Yang Berkepanjangan Dan Berpindah Pindah

Sponsors Link

Setiap individu manusia mungkin memiliki pengalaman pernah merasakan permasalahan kesehatan di daerah kepala baik yang ringan maupun berat. Sakit kepala ringan yang paling sering dirasakan diantaranya seperti pusing, kepala nyeri, pening, dan lain sebagainya. Sedangkan sakit kepala yang dapat dikatakan berat dan bisa jadi juga diderita oleh beberapa orang diantaranya seperti trauma kepala hingga patah atau pendarahan tulang tengkorak, migrain, sakit kepala cluster, dan lain sebagainya,

ads

Kondisi permasalahan pada daerah kepala tersebut harus mendapatkan perhatian yang lebih mengingat adanya beberapa bagian bagian kepala yang sangat perfungsi dan berperan penting dalam setiap aktivitas yang dijalani oleh manusia. Beberapa bagian penting yang ada di kepala diantaranya indera indera manusia seperti hidung, lidah, telinga, mata, dan mulut sebagai pintu masuk sistem pencernaan, hidung sebagai pintu awal sistem pernafasan, serta yang paling penting adalah otak sebagai pusat kendali tubuh dan pusat sistem syaraf pusat.

Untuk menghindari dampak dampak yang berbahaya bagi kepala dan organ penting maka setiap adanya permasalahan kesehatan di daerah kepala harus dipahami dengan baik penyebab, akibat, maupun cara mengatasinya yang salah satu keadaan tersebut adalah kondisi sakit kepala yang berkepanjangan dan berpindah pindah. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai keadaan yang disebutkan diatas sebagai salah satu bentuk permasalahan yang perlu diperhatikan dengan baik dalam ulasan di bawah ini.

Sakit kepala menjadi suatu kondisi yang dapat dikatakan sebagai permasalahan kesehatan yang paling sering dirasakan. Kondisi sakit kepala perlu mendapatkan perhatian dan memang bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab seperti kondisi sakit kepala yang berkepanjangan dan berpindah pindah. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab dari munculnya kondisi sakit kepala tersebut seperti penjelasan dan ulasan di bawah ini.

  1. Sakit kepala tension

Sakit kepala tension merupakan kondisi nyeri, sesak, dan munculnya tekanan di bagian dahi, kepala, serta leher atau juga disebut sebagai sakit kepala tegang. Sakit kepala ini dapat berlangsung berkepanjangan ketika kondisi yang menyebabkanya tidak teratasi seperti keadaan stres, kurang istirahat, gelisah, serta kurangnya kadar zat besi di dalam tubuh. Pengobatan sakit kepala tension tersebut dapat dilakukan dengan cara mengatasi penyebabnya dan mengurangi gejala yang ada melalui konsumsi obat obatan serta memperbanyak istirahat.

  1. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala lain yang diduga merupakan kondisi yang memicu munculnya keadaan sakit kepala berkepanjangan dan berpindah pindah adalah sakit kepala cluster. Sakit kepala cluster merupakan salah satu jenis sakit kepala berat yang terjadi pada satu sisi kepala saja dan dapat dirasakan pada bagian mata, atas mata, dan menyebabkan terjadinya keadaan lain seperti mata merah, berkeringan di wajah, hidung tersumbat, dan keluarnya air mata. Pengatasanya dilakukan dengan konsumsi obat anti nyeri tertentu yang direkomendarikan oleh dokter.

  1. Sakit Kepala Migrain

Migrain merupakan kondisi sakit kepala yang terjadi dengan munculnya nyeri pada salah satu sisi kepala. Denyutan dan nyeri atau sakit yang muncul dari kondisi sakit kepala migrain tersebut terjadi berulang. Ciri lain dari sakit kepala migrain adalah munculnya beberapa gejala seperti mual dan muntah, mata yang sensitif terhadap cahaya, serta adanya perubahan nafsu makan maupun mood.

  1. Sakit kepala sekunder

Kondisi sakit kepala yang berkepanjangan dan dapat berpindah pindah kemungkinan juga disebabkan oleh kondisi sakit kepala sekunder. Sakit kepala sekunder tersebut terjadi akibat adnya permasalahan kesehatan lain seperti stroke, gangguan refraksi, sinusitis, glaucoma, infeksi telinga, masalah pada gigi, serta tumor otak.

  1. Psikomosis

Penyebab sakit kepala berkepanjangan lainnya adalah karena adanya kondisi psikomosis yang dapat memperparah permasalahan fisik. Psikomosis merupakan penyakit psikologis yang terjadi akibat keadaan mental yang terganggu dengan delusi atau halusinasi. Psikomosis dapat ditemui melalui gejala seperti sakit kepala, tubuh gemetaran, serta jantung yang bergetar. Untuk mengatasi kondisi psikomosis perlu dilakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis psikologis.

  1. Sakit Kepala Berulang

Sakit kepala berulang juga merupakan salah satu kondisi yang kemungkinan menyebabkan munculnya keadaan sakit di kepala yang berkepanjangan dan berpindah pindah lokasi nyerinya. Sakit kepala berulang atau dikenal dengan istilah rebound headaches dapat terjadi akibat konsumsi obat obatan pereda nyeri berkepanjangan atau penghentian yang tiba tiba dari penggunaan obat ergotamine untuk penderita migrain.

Itulah beberapa penyebab munculnya kondisi sakit kepala yang berkepanjangan dan berpindah pindah pada beberapa individu. Untuk memastikan penyebab yang menjadikan keadaan tersebut muncul maka perlu dilakukan pemeriksaan medis untuk menegagkan diagnosi yang tepat serta beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya sesuai dengan penyebab yang ada. Kondisi skait kepala berkepanjangan tentu tidak boleh dianggap remeh meningat dalam penjelasan di atas ada beberapa keadaan sakit kepala berat yang menjadi penyebabnya.

 

, , , ,