Sponsors Link

5 Penyebab Sering Bersin dan Sakit Kepala yang Perlu Anda Ketahui

Sponsors Link

Bagi Anda yang mengalami sering bersin, pada dasarnya bersin ini merupakan salah satu cara tubuh untuk mencegah adanya benda asing yang masuk ke saluran pernapasan. Dengan kata lain, ketika Anda bersin berarti ada suatu benda asing yang memasuki hidung ada dan dengan cara bersin inilah benda asing tersebut dicegah masuk.

ads

Pada saat terjadi bersin ini, ada rangsangan tertentu yang menginstruksikan ke pusat bersin bahwa ada benda asing yang masuk ke hidung, dan harus dikeluarkan. Selanjutnya pesan tersebut akan sampai ke otak, kemudian otak akan memberikan pesan ke otot – otot, yang akhirnya akan membuat otot – otot tersebut bereaksi serta berkontraksi yang akhirnya menimbulkan bersin tersebut.

Penyebab sering bersin dan sakit kepala

Namun, pada kondisi bersin – bersin dan juga sakit kepala, bisa menandakan adanya suatu kondisi tertentu yang terjadi pada tubuh Anda. Berikut ada beberapa penyebab atau suatu kondisi yang menyebabkan timbulnya sering bersin dan sakit kepala terus menerus :

1. Flu

Pada saat Anda mengalami bersin – bersin yang disertai dengan sakit kepala, maka bisa jadi ini adalah salah satu gejala awal bahwa Anda akan mengalami flu atau yang biasa disebut pilek. Pada saat Anda mengalami flu, maka Anda akan mengalami gejala seperti sering bersin dan juga sakit kepala. Selain gejala bersin – bersin dan juga sakit kepala, pada saat flu Anda mungkin akan mengalami gejala lain seperti demam dan hidung tersumbat. Bagi Anda yang mengalami hal ini, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan masker, hal ini agar virus yang ada tidak menyebar ke orang lain dan juga dapat mencegah masuknya kuman dan virus – virus lain yang mungkin dapat memperburuk kondisi flu Anda, yang pada akhirnya sakit kepala serta bersin – bersin Anda sulit untuk diatasi.

Selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi sup hangat atau makanan berkuah lainnya yang hangat seperti bakso, sayur bayam, sayur asam, dll. Hal ini karena pada saat Anda mengalami flu, tubuh Anda sebenarnya sedang mengalami kedinginan, oleh karena itu untuk sementara hindari konsumsi makanan atau minuman yang dingin dan sebaliknya konsumsi minuman dan juga makanan berkuah yang hangat. Dan untuk minuman, cobalah untuk banyak mengkonsumsi susu hangat, selain membantu menghangatkan, kandungan nutrisi dan vitamin pada susu hangat ini juga mampu melawan virus penyebab flu, sehingga flu dapat diatasi.

2. Rhinitis alergi

Selanjutnya, penyebab sering bersin dan sakit kepala yang Anda alami salah satunya yaitu rhinitis alergi. Rhinitis alergi ini adalah suatu kondisi terjadinya peradangan pada lapisan lendir hidung, akibat dari reaksi alergi atau hipersensitivitas. Pemicu alerginya ini bisa karena debu, bulu hewan, kondisi cuaca tertentu, serbuk bunga dan yang lainnya. Gejala dari rhinitis alergi ini ada beberapa diantaranya, sering bersin, nyeri kepala, hidung gatal berair dan tersumbat, mata berair dan gatal, nyeri pada otot dan persendian, dan juga batuk.

Dan bagi Anda yang mempunyai hipersensitivitas terhadap kondisi tertentu, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Sebisa mungkin hindari paparan zat atau benda asing yang memicu terjadinya alergi.
  • Sering – sering mencuci tangan, karena tangan Anda adalah sarang kuman, tangan Anda gunakan untuk memegang berbagai benda dan juga barang dan paling sering terpapar oleh debu dan juga kotoran, oleh karena itu sebisa mungkin untuk sering mencuci tangan Anda dengan bersih.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan dan juga minuman dingin, seafood serta telur, karena biasanya makanan ini pemicu timbulnya alergi.
  • Perbanyak minum air putih hangat, serta minuman hangat lainnya, seperti jahe hangat, teh hangat, dll.
  • Jika ingin berpergian yang terkena udara bebas, gunakanlah masker.
  • Hindari memegang hidung atau bagian wajah Anda saat tangan Anda kotor.

Berikut beberapa cara untuk mengatasinya :

  • Membersihkan hidung Anda.
  • Menghirup uap aromatherapy. Dengan menghirup uap dari aroma therapy, dapat membuat hidung Anda lebih hangat dan juga membersihkan benda asing yang ada di dalamnya.
  • Minum secangkir teh. Dengan meminum secangkir teh, dapat membantu gejala sering bersin dan sakit kepala Anda mereda. Hal ini karena, kandungan anti oksidan yang tinggi yang terdapat pada teh chamomile ini dapat menghilangkan bersin yang ada.
  • Pengobatan dengan resep dokter. Yang terakhir yaitu, dengan segera berkonsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat anti alergi golongan antihistamin H-1. Dan bisa juga dengan dikombinasi dengan dekongestan atau obat kortikosteroid.

3. Sinusitis

Yang terakhir, penyebab dari sering bersin dan juga sakit kepala Anda bisa jadi adalah merupakan suatu tanda Anda terkena sinusitis. Gejala dari sinusitis ini yaitu, rasa sakit pada wajah dan dahi, lendir atau ingus yang keluar berwarna hijau, hidung tersumbat, sakit kepala berdenyut hebat, batuk dan sakit tenggorokan. Dan pada kondisi sinusitis ini, ada baiknya Anda untuk segera berkonsultasi ke dokter, karena pada kondisi sinusitis ini pada hidung Anda sudah terjadinya infeksi yang harus ditangani dengan tepat oleh dokter.

Itulah tadi beberapa penyebab Anda sering bersin dan sakit kepala. Yang dapat menjadi penyebab sakit kepala dan bersin – bersin Anda serta cara mengatasi sakit kepala dan bersin – bersin Anda. Semoga bermanfaat!

, ,