Sponsors Link

10 Penyebab Sering Migrain Sebelah Kanan Dan Solusinya

Sponsors Link

Sakit kepala untuk orang dewasa memang hal yang sangat mengganggu. Masalahnya sakit kepala sering menyebabkan aktifitas terganggu dan tubuh menjadi tidak nyaman. Salah satunya adalah jenis sakit kepala yang menyerang pada salah satu sisi saja. Kondisi ini umumnya disebut dengan jenis-jenis migrain. Sakit kepala pada salah satu sisi bisa berkembang mulai dari bagian kepala atas, depan, samping sampai menjalar ke leher.

ads

Rasa sakit ini bisa berkembang mulai dari sangat ringan sampai sakit kepala berdenyut parah. Migrain bisa menyebabkan kondisi yang lebih berbahaya, terutama ketika tidak dirawat dengan tepat. Serangan migrain bisa terjadi cukup jarang sampai sangat sering. Jika sudah sangat sering maka pasti akan menggangu aktifitas dan istirahat. Karena itu Anda harus paham mengenai penyebab sering migrain sebelah kanan dan solusinya, seperti dibawah ini.

  • Kurang tidur

Kurang tidur ternyata bisa menyebabkan migrain sebelah kanan. Kondisi ini jika terjadi terus menerus juga menyebabkan penyebab sering sakit kepala dan mual. Tidur sebenarnya hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama pada malam hari, setelah tubuh sangat lelah pada siang hari. Tidur malam sangat penting untuk mengelola tenaga tubuh dan menjaga agar otak bisa berfungsi dengan baik. Jika kurang tidur akibat begadang terus menerus maka bisa menyebabkan migrain. Bahkan kurang tidur bisa menyebabkan masalah lain seperti serangan jantung dan kurang fokus.

Solusi: cobalah untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Kebiasaan tidur yang teratur pasti akan membantu mengatasi migrain.

  • Tidur terlalu lama

Selain kurang tidur, ternyata tidur terlalu lama juga akan menyebabkan migrain sebelah kanan. Kondisi ini sangat sering terjadi ketika tidur malam digantikan sebagai tidur siang. Akibatnya tubuh merespon waktu tidur dengan tidak nyaman. Selain migrain kanan maka juga bisa menyebabkan kepala sakit kepala terus menerus sepanjang hari. Kepala juga akan terasa lebih berat dan mata menjadi tidak nyaman.

Solusi: cobalah mengatur waktu tidur yang baik sesuai dengan kebutuhan aktifitas tubuh dan usia Anda.

  • Dampak stres

Stres juga bisa menyebabkan migrain sebelah kanan. Kondisi ini juga sangat rentan pada wanita yang merasa sangat tertekan dan sering disebut dengan istilah migrain basilar. Stres akan menyebabkan Anda menjadi gelisah, sangat cemas dan merasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa terjadi pada wanita atau pria yang bekerja secara berlebihan dan kurang istirahat. Stres sangat berbahaya karena tidak hanya menyebabkan migrain tapi juga serangan jantung dan kanker.

Solusi: Anda harus tahu gejalanya lebih awal, kemudian segera cuti dari aktifitas sehingga stres bisa dikelola dengan baik.

  • Perubahan aktifitas tubuh

Perubahan aktifitas tubuh juga akan menyebabkan migrain sebelah kanan meskipun tidak terlalu parah. Kondisi ini misalnya ketika Anda terbiasa bekerja rutin dan harus istirahat pada hari Minggu. Mungkin Anda terlalu banyak tidur saat libur sehingga akan merasa sakit kepala setelah bangun tidur. Perubahan aktifitas ini bisa terjadi pada semua orang sehingga risiko migrain memang lebih besar.

Solusi: cobalah untuk tidak melakukan perubahan aktifitas yang terlalu besar agar tubuh mulai beradaptasi secara ringan.

  • Efek kafein

Menyukai kopi dan jenis minuman lain yang mengandung kafein memang hal yang dianggap sangat wajar. Namun ternyata konsumsi kafein bisa menyebabkan migrain yang ringan mulai dari sebelah kanan kepala sampai ke semua bagian kepala. Semua ini sangat tergantung dengan berapa jumlah kafein yang Anda minum per hari. Gejala ini juga akan terjadi ketika Anda memutuskan untuk tidak mengonsumsi kafein dalam waktu yang mendadak dan cepat.

Solusi: untuk mengatasi bahaya migrain berkepanjangan maka cobalah membatasi kafein untuk tubuh. Jika ingin berhenti maka lakukan penarikan kafein dari tubuh secara perlahan.

  • Efek lingkungan yang tidak nyaman

Ternyata berbagai perubahan yang terjadi pada lingkungan juga menyebabkan kondisi yang sangat berbahaya untuk migrain. Misalnya saja Anda datang ke lingkungan yang terlalu panas, terlalu lembab, terlalu dingin, terlalu ramai atau terlalu terang. Semua kondisi lingkungan yang tidak nyaman akan menyebabkan hal yang berbahaya seperti migrain.

Solusi: cobalah untuk beradaptasi dengan lingkungan jika kondisinya berbeda dari lingkungan biasa Anda.

  • Efek hormon (khusus wanita)

Efek hormon juga bisa menyebabkan migrain kanan untuk wanita. Hal ini karena wanita akan mengalami gejolak perubahan hormon estrogen dan progesteron setiap bulan atau selama hamil. Meskipun ini hal yang sangat alami dan normal tapi sakit migrain bisa menyebabkan perubahan suasana hati pada wanita. Karena itu wanita harus tahu apa pemicu migrain terutama saat sudah dewasa atau sudah masuk usia puber. Terkadang kondisi ini juga terjadi pada wanita karena menggunakan alat kontrasepsi seperti IUD dan pil KB.

  • Konsumsi makanan

Migrain ternyata bisa disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu. Misalnya migrain sering terjadi setelah makan coklat, makanan laut dan berbagai jenis makanan yang lain. Kondisi ini yang ternyata tidak baik karena rasa migrain bisa berkembang sangat cepat. Bahkan ada hubungan antara konsumsi makanan tertentu dengan gejala awal migrain.

  • Efek layar komputer

Jika Anda menggunakan komputer atau ponsel dalam waktu yang sangat lama maka juga bisa menyebabkan migrain. Kondisi ini sering terjadi pada remaja atau orang dewasa yang menggunakan sosial media untuk beraktifitas. Kondisi ini sangat buruk karena terkadang migrain akan menyebabkan gangguan mata.

Solusi: cobalah untuk mengatur waktu saat bekerja dengan komputer, hindari meletakkan meja sangat dekat dengan komputer karena itu pasti akan membuat Anda kerja tidak nyaman.

  • Efek zat aditif

Ternyata efek dari zat aditif baik itu dari makanan atau minuman juga bisa menyebabkan migrain sebelah kanan. Kondisi ini paling sering terjadi karena dampak dari MSG atau monosodium glutamat. Bahkan juga bisa terjadi karena efek pemanis dan pemberi rasa buatan pada makanan kemasan dan minumannya.

Ternyata itulah semua penyebab sering migrain sebelah kanan dan solusinya. Untuk itu Anda harus tahu dulu apa penyebabnya dan baru kemudian memilih cara yang alami atau tetap berkonsultasi dengan dokter.

, ,
Oleh :