Sponsors Link

Sering Pusing Gejala Apa, Waspadai 11 Penyakit Ini!

Sponsors Link

Pusing sering dianggap sebagai jenis sakit kepala biasa. Memang wajar bila pusing dianggap hal yang sangat biasa. Karena kita bisa merasa pusing kapan saja dan dimana saja. Namun ternyata pusing juga menjadi gejala penyakit yang tidak biasa. Pusing adalah kondisi ketika tubuh memberikan respon terhadap sebuah penyakit. Biasanya pusing memang tidak disertai dengan gejala penyakit yang serius.

ads

Rasa pusing dan sakit kepala memang berbeda, sehingga Anda harus menyadari apa yang dirasakan pada kepala. Pusing akan membuat kepala menjadi lebih berat, ada sensasi berputar seperti vertigo, sulit untuk seimbang dan pandangan kabur atau ringan seperti mau pingsan. Berbagai gejala ini akan bertambah parah jika tubuh beraktifitas. Lalu pusing itu sebenarnya penyakit apa? Berikut keterangan mengenai sering pusing gejala apa, waspadai 11 penyakit ini.

  • Gangguan sistem peredaran darah

Ketika tubuh Anda merasa mau pingsan dan tidak nyaman maka itu bisa jadi ada masalah dengan sistem peredaran darah dalam tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa jantung bekerja untuk memompa darah lalu lewat pembuluh darah sampai di semua bagian tubuh. Ketika bagian otak tidak mendapatkan darah yang cukup maka akan kekurangan oksigen. Dan inilah yang menyebabkan Anda merasa pusing sampai mau pingsan. Penyebab sakit kepala ini biasanya ditandai dengan detak jantung yang lambat atau cepat, gangguan irama detak jantung, gejala stroke, dan bahkan ada pendarahan keluar dari tubuh.

  • Vertigo

Vertigo sebenarnya memang bukan termasuk penyakit. Vertigo adalah kondisi yang menyertai dari penyakit lain yang menyerang tubuh. Gejala ini harus diwaspadai karena bisa menyebabkan kepala merasa berputar. Saat tubuh bergerak maka ada sensasi melayang yang akan menyebabkan mual atau muntah. Hal ini bisa terjadi karena proses penyampaian sinyak dari sistem syaraf bagian mata ke otak mengalami gangguan. Akhirnya mata seperti bergerak dengan gejala yang lebih buruk pada telinga.

  • Penyakit sistem syaraf

Pusing juga bisa menjadi gejala dari penyakit yang menyerang sistem syaraf. Kondisi inilah yang akhirnya membuat kepala menjadi sangat sakit dan tidak nyaman. Beberapa penyakit yang paling buruk dari kondisi ini seperti parkinson. Penyakit parkinson juga akan menyebabkan gangguan sistem syaraf dimana semua bagian tubuh akan bergetar dengan sangat kuat. Bahkan jika sudah parah akan ada sensasi kepala bergetar yang sulit diatasi. Jika sudah sangat parah maka biasanya penderita bisa kehilangan keseimbangan ketika beraktifitas.

  • Anemia

Pusing juga menjadi tanda dari penyakit anemia. Penyakit ini terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan zat besi. Zat besi sangat penting untuk produksi sel darah merah atau hemoglobin. Jika sel darah merah dalam tubuh tidak cukup maka tidak ada kendaraan untuk mengangkut oksigen ke semua bagian tubuh termasuk otak. Sehingga akhirnya kepala menjadi sangat pusing. Selain itu juga ditandai dengan beberapa gejala seperti mudah mengantuk, tubuh tidak nyaman, sesak nafas, lemas dan kepala berputar saat tubuh bergerak tiba-tiba. Karena itu cobalah dengan cara mengatasi sakit kepala karena anemia.

  • Hipoglikemia

Kadar gula sangat penting untuk tubuh karena dari situ tubuh bisa mendapatkan energi. Namun kadar gula darah yang berlebihan juga tidak baik karena memicu penyakit diabetes. Sementara itu jika kekurangan maka tubuh juga akan sakit dengan tanda sering pusing. Sering pusing pada penderita hipoglikemia akan menyebabkan kondisi yang sangat tidak nyaman karena tubuh seperti kehilangan tenaga. Untuk mengatasinya maka perlu mendapatkan asupan gula dari luar tubuh termasuk dengan makanan manis. Namun sebelum itu harus melakukan pemeriksaan kadar gula darah.

  • Stres

Stres sendiri sebenarnya memang bukan termasuk penyakit. Tapi ini adalah kondisi ketika tubuh mengalami tekanan yang sangat berat dan memiliki efek terbesar pada pikiran. Emosi pada orang yang sedang stres juga tidak stabil sehingga akan membuat otak tidak istirahat. Inilah yang akhirnya menyebabkan pusing dan sangat tidak nyaman sampai bisa pingsan. Stres bisa diatasi dengan mengelola pikiran dan mengurangi tekanan. Bantuan profesional seperti terapis sangat diperlukan jika stres sangat berat.

  • Masalah tekanan darah

Sirkulasi darah yang tidak normal ternyata juga akan menyebabkan pusing yang sangat parah. Kondisi ini bisa merujuk pada masalah tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi. Gejala penyakit ini bisa berbeda-beda sesuai dengan tekanan darah. Pada hipertensi atau tekanan darah tinggi biasanya disertai dengan pusing, berputar, mual, sakit pada leher dan gangguan irama detak jantung. Sementara itu pada penderita hipotensi bisa menyebabkan pusing, melayang, mengantuk dan pingsan.

  • Panik atau gangguan kecemasan

Serangan panik atau gangguan kecemasan bisa terjadi karena berbagai hal. Misalnya ketika merasa ketakutan, trauma, sangat stres atau tekanan. Kondisi ini akan menyerang dengan cepat sehingga menyebabkan kondisi yang tidak bisa diatasi perlahan. Penderita harus mendapatkan bantuan berupa terapi oksigen, obat penenang dan terapi dari ahli.

  • Gangguan pada mata

Gangguan pada mata juga akan menyebabkan rasa pusing yang tidak nyaman. Sakit kepala karena masalah pada mata termasuk seperti sakit kepala yang tidak tertahan, sakit kepala terus menerus, sakit kepala di sekitara mata dan kening serta sakit kepala dibagian belakang kepala. Kondisi ini sangat tidak nyaman karena mata sulit untuk fokus atau pandangan ganda. Karena itu segera periksa mata apakah terkena gangguan rabun jauh, rabun dekat atau mata silinder.

  • Penyakit meniere

Penyakit ini terjadi ketika ada penumpukan cairan pada telinga yang terjadi secara berlebihan. Kondisi ini akan membuat telinga dalam penuh dengan cairan. Penderita akan merasa beberapa gejala yang tidak nyaman seperti sakit kepala terus menerus, pusing, hilang keseimbangan tubuh dan vertigo mendadak. Kemudian juga akan merasa dering atau dengung pada telinga.

  • Migrain

Migrain sangat umum terjadi dan biasanya disertai dengan pusing yang mendadak atau bahkan bertahan dalam waktu lama. Migrain akan membuat penderita merasa pusing pada salah satu sisi kepala. Serangan ini bisa bertahan selama beberapa menit sampai jam.

Itulah semua ulasan mengenai sering pusing gejala apa, waspadai 11 penyakit ini! Ternyata penyakit pusing memang tidak bisa diabaikan dan sebaiknya harus periksa ke dokter.

, ,
Oleh :