Sponsors Link

Jenis dan Merk Shampo untuk Tinea Capitis yang Aman Serta Efektif

Sponsors Link

Kesehatan merupakan salah satu hal yang harus selalu dijaga oleh setiap orang mengingat adanya banyak perkembangan penyakit yang belakangan ini semakin mudah dialami oleh seseorang termasuk penyakit penyakit berbahaya. Kondisi perkembangan penyakit yang pesat tersebut disebabkan oleh keadaan lingkungan dan adanya kebiasaan gaya hidup kurang sehat termasuk konsumsi alkohol dan minum keras serta makanan makanan yang tidak baik. Kondisi kesehatan yang terganggu dapat menyebabkan gangguan aktivitas dan proses yang terjadi di dalam tubuh terutama pada bagian tubuh yang terkena.

ads

Kondisi permasalahan kesehatan dapat terjadi pada bagian bagian kepala yang bukan hanya berupa rasa sakit atau pusing namun juga dapat terjadi di bagian rambut. Rambut yang bermasalah bukan hanya akan menyebabkan gangguan kondisi kesehatan saja namun juga bisa menjadikan penampilan tubuh menjadi berkurang atau negatif. Salah satu permasalahan yang dapat terjadi pada rambut dan kulit kepala disebut sebagai tinea capitis. Tinea capitis sendiri secara definisi merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau jamur dermatofit terutama karena kondisi kebersihan yang kurang terjaga atau tertular dari pembawa.

Permasalahan tinea capitis sebagai salah satu jenis penyakit kepala dapat diketahui dari adanya gejala gejala yang terjadi pada rambut dan kulit kepala diantaranya seperti munculnya kondisi kulit yang mengelupas seperti ketombe dan gejala dermatitis seboroik, munculnya pola pustula, dan adanya titik hitam hingga kondisi koreng. Kondisi tinea capitis dapat diatas dengan menggunakan shampo berbahan aktif tertentu. Berikut penjelasan mengenai beberapa jenis shampo untuk tinea capitis yang dapat digunakan dalam ulasan di bawah ini.

Shampo Ketoconazole

Jenis shampo untuk mengatasi penyakit tinea capitis yang pertama adalah shampo ketoconazole. Ketoconazole merupakan senyawa anti jamur yang cocok untuk membantu mengatasi tinea capitis yang disebabkan oleh adanya infeksi jamur dermatofit. Penggunaan shampo ketoconazole biasanya harus menggunakan rekomendasi atau resep dari dokter mengingat bahan utamanya memiliki efek samping ketika salah dalam penetapan cara penggunaan dan dosisnya. Ada beberapa merk shampo ketoconazole yang dapat dipilih dalam mengobati tinea capitis tersebut diantaranya seperti :

  1. Ketomed

Merk shampo dengan bahan aktif ketoconazole yang pertama dan paling mudah diperoleh adalah shampo ketomed. Shampo yang diproduksi oleh SDM atau PT surya dermato medica laboratoties tersebut memiliki kandungan bahan aktif ketoconazol sebesar 2 %. Ketomed diindikasikan untuk dapat mengatasi kondisi ketombe dan infeksi jamur dengan dosis pemakaian yang berbeda. Sebagai shampo untuk tinea capitis, ketomed setidaknya digunakan dua kali sehari pada pagi dan sore selama kurang lebih lima hari. Cara penggunaan shampo ketomed tersebut cukup sederhana yakni hanya dengan menggunakan seperti penggunaan shampo pada umumnya namun ditambah dengan pendiaman selama 3 – 5 menit sebelum dibilas.

  1. Zoloral

Merk shampo lainnya yang juga memiliki kandungan ketoconazole adalah zoloral yang diproduksi oleh perusahaan farmasi bernama PT. Ikapharmindo putra mas. Sama halnya dengan ketomed, zoloral juga berbahan aktif ketoconazole sebanyak 2 %. Indikasi penggunaan zoloral dan ketomed pun sama yakni untuk mengatasi ketombe dan infeksi bakteri seperti pada penyakit tinea capitis. Zoloral menjadi altenatif pilihan shampo ketoconazole yang lebih murah dibandingkan dengan ketomed namun secara efektifitas seharusnya sama mengingat jumlah bahan aktif yang terdapat dalam sediaan tersebut juga sama. Selain shampo, zoloral juga memiliki bentuk sediaan ketoconazole yang lain yakni berupa salep.

  1. Nizoral

Selain kedua merk shampo diatas, nizoral juga menjadi salah satu merk shampo yang juga memiliki kandungan bahan aktif ketoconazol sehingga dapat digunakan dalam mengatasi tinea capitis namun tidak untuk psoriasis kulit kepala. Nizoral dalam sediaan shampo diindikasikan untuk mengatasi beberapa masalah seperti ketombe, rambut berminyak, merah, dan bersisik, serta beberapa permasalahan rambut akibat infeksi jamur yang salah satunya adalah tinea capitis. Nizoral memiliki besaran bahan aktif ketoconazole yang berbeda yakni 1 % dan 2 %.

Sponsors Link

  1. Fungasol SS

Shampo yang memiliki kandungan bahan aktif ketoconazole lainnya adalah fungasol SS yang sama dengan Nizoral dengan besaran bahan aktif hanya sebesar 1 %. Fungasol SS dengan kandungan dan jumlah bahan aktif yang sama tentu memiliki indikasi yang serupa juga salah satunya mengatasi infeksi jamur tinea capitis. Beberapa merk shampo yang juga memiliki kandungan ketoconazole lainnya seperti Erazol, Sebizole, dan lain sebagainya.

Shampo Selenium

Selain shampo yang memiliki kandungan ketoconazole, jenis lainnya yang juga dapat membantu dalam pengobatan tinea capitis adalah shampo selenium. Shampo selenium juga diindikasikan untuk mengatasi kondisi ketombe, infeksi pada kulit kepala, mengatasi gatal pada kulit kepala, dan mengatasi perubahan warna kulit atau panu. Shampo selenium yang paling banyak didengar dan diketahui adalah selsun dengan beberapa variannya. Selsun merupakan merk shampo selenium yang diproduksi oleh perusahaan farmasi bernama rohto. Ada dua varian yang paling sering digunakan untuk mengatasi tinea capitis diantaranya seperti :

  1. Selsun blue,  yang memiliki kemasan berwarna biru dengan kandungan selenium sulfida 1 %.
  2. Selsun yellow, yang memiliki kemasan berwarna orange dengan kekuatan bahan aktif yang lebih besar yakni 1,85 %. Selsun orange digunakan untuk kondisi yang lebih parah dan tidak dapat diatasi dengan selsun blue.
  3. Selsun yellow double impact, jenis varian yang juga dapat digunakan untuk mengatasi tinea capitis lainnya adalah selsun yellow double impact yang memiliki dua bahan aktif yakni selenium dan zinc PTO.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis shampo untuk tinea capitis yang dapat digunakan dalam mengatasi salah satu penyakit kulit kepala akibat infeksi jamur yang efektif. Pengunaan obat obatan minum dapat digunakan ketika shampo tidak mampu mengatasi tinea capitis secara efektif.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan