Sponsors Link

Apakah Stroke Batang Otak Bisa Sembuh Total?

Sponsors Link

Setiap individu manusia tentu pernah mengalami permasalahan pada daerah kepala seperti kondisi yang paling ringan yakni sakit kepala atau pusing hingga keadaan yang mungkin berdampak besar. Kondisi permasalahan pada kepala tersebut menjadi keadaan yang harus benar benar diperhatikan dan tidak boleh disepelekan mengingat kepala merupakan bagian tubuh penting dalam segala proses dan aktivitas yang dijalaninya serta tempat dari berbagai organ tubuh yang penting.

ads

Beberapa bagian bagian kepala yang penting tersebut diantaranya seperti beberapa indera seperti mata, hidung, lidah, dan telinga, serta terutama adalah otak sebagai pusat syaraf dan kendali tubuh. Kondisi permasalahan pada daerah kepala yang paling dirasa sangat berbahaya dan berdampak buruk adalah ketika permasalahan kepala tersebut terjadi pada otak sebagai bagian atau orang tubuh penting dan pusat kendali dari tubuh manusia. Permasalahan pada daerah otak tentu dapat terjadi dalam berbagai bentuk dan jenis sakit kepala.

Stroke menjadi salah satu jenis masalah pada daerah otak yang berdampak paling merugikan. Stroke dapat terjadi pada beberapa bagian otak yang salah satunya terjadi di daerah batang otak. Kondisi stroke yang terjadi pada seseorang sering kali dipertanyakan apakah dapat sembuh dan kembali normal kembali. Berikut ini penjelasan mengenai stroke batang otak bisa sembuh atau tidak yang merupakan pokok pembahasan dalam artikel dari drsakitkepala.com berikut ini.

Stroke batang otak merupakan kondisi terhambatnya aliran darah pada pembuluh darah yang menuju ke batang otak. Hambatan aliran darah yang menuju  batang otak yang terletah tepat dibelakang otak besar dan berbatasan langsung dengan sum sum tulang belakang akan menyebabkan terjadinya hamabatan sirkulasi darah yang menyebabkan suplay nutrisi dan oksigen yang diperlukan untuk sel serta jaringan batang otak untuk tetap hidup dan berfungsi menjadi tidak tersedia. Kondisi stroke pada batang otak tersebut dapat disebabkan oleh dua kondisi yakni.

1. Penyumbatan pembuluh darah

Penyumbatan pembuluh darah yang mengarah pada batang otak dapat menyebabkan terjadinya hambatan pada laju aliran darah yang menuju ke batang otak dan menjadi cikal bakal terjadinya stroke. Penyumbatan pembuluh darah tersebut dapat disebabkan oleh beberapa kondisi diantaranya seperti :

  • Hipertensi, penyakit hipertensi menjadi penyebab pertama yang dapat menjadikan pembuluh darah tersumbat. Kondisi sumbatan tersebut dihasilkan dari peradangan yang muncul akibat terjadinya gesekan antara aliran darah yang kuat dengan dinding pembuluh darah.
  • Tumor, tumor maupun kanker yang terjadi pada daerah yang berdekatan dengan pembuluh darah batang otak dapat menekan pembuluh darah dan menyebabkan terjadinya hambatan aliran darah yang menuju ke batang otak.  Tumor perlu diatasi dengan jenis operasi kepala yang sesuai.
  • Stenosis, yang merupakan istilah medis untuk kondisi terjadinya penyempitan pada pembuluh darah terutama di daerah batang otak yang menyebabkan terjadinya stroke.

2. Gumpalan darah

Pengumpalan darah dapat menjadi penyebab selanjutnay terjadinya hambatan pada pembuluh darah yang memicu terjadinya stroke batang otak. Kondisi gumpalan darah tersebut banyak disebabkan oleh penyakit diabetes dan kolesterol yang menjadikan darah semakin kental dan dapat mengumpal dan menyebabkan stroke pada batang otak jika gumpalan tersebut menghambat pembuluh darah yang menuju ke batang otak.

3. Pecahnya pembuluh darah

Keadaan lain yang juga dapat menjadi penyebab terjadinya stroke batang otak adalah karena pecahnya pembuluh darah di bagian batang otak tersebut. Pecahnya pembuluh darah dapat disebabkan oleh beberapa kondisi diantaranya seperti kelainan pembuluh darah yang terjadi sejak kecil, tekanan darah yang terlalu tinggi dan berlangsung dalam waktu lama, cedera pada kepala, angiopati amiloid, dan berbagai macam keadaan lainnya.

Penyebab stroke batang otak yang dijelaskan diatas menjadi dasar penentuaan apakah stroke batang otak bisa sembuh atau tidak. Kondisi kesembuhan stroke batang otak tersebut sangat tergantung dari jenis stroke yang terjadi. Ada dua jenis stroke batang otak yakni stroke iskemik dan stroke hemoragik. Stroke iskemik terjadi jika ada penyumbatan aliran darah yang masuk ke dalam batang otak sedangkan stroke hemoragik merupakan kondisi stroke yang terjadi akibat pecahnya pembuluh darah yang menuju ke batang otak.

Kondisi stroke batang otak bisa sembuh atau tidaknya tergantung dari jenis stroke dan tingkat keparahan yang sudah terjadi. Stroke iskemik merupakan kondisi stroke batang otak yang masih bisa memiliki kesempatan untuk sembuh dibandingkan dengan stroke hemoragik di karena pecahnya pembuluh darah akan menyebabkan kerusakan fatal pada pembuluh darah yang lebih sulit untuk diatasi dibandingkan dengan penyumbatan yang terjadi. Meskipun memiliki peluang sembuh yang lebih tinggi, penanganan stroke iskemik harus dilakukan dengan tepat dan memperhatikan beberapa hal yang diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Penderita stroke iskemik batang otak harus segera mendapatkan penanganan medis yang tepat sesaat setelah terjadi serangan stroke.
  2. Penyumbatan pada stroke iskemik menjadi keadaan yang akan ditangani terlebih dahulu sesuai dengan penyebab yang melandasinya melalui berbagai cara seperti obat pengencer darah, obat radang, obat trombosis, bahkan jika diperlukan akan dibutuhkan operasi pembuluh darah pada batang otak.
  3. Setelah penyumbatan berhasil di atasi dan pasien dalam keadaan stabil maka yang perlu diatasi selanjutnya adalah penyebab adanya kondisi penyumbatan tersebut dengan cara yang disesuaikan dengan penyebabnya.
  4. Upaya pencegahan terjadinya serangan stroke selanjutnya sangat dibutuhkan dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat untuk menghindari penyakit arterosklerosis terjadi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai stroke batang otak bisa sembuh atau tidak yang disesuaikan dengan jenis dari stroke yang ada serta penyebab dan cara penanganan yang tepat. Stroke menjadi penyakit yang sudah sangat banyak penderitanya dengan dampak terburuknya adalah kematian.  Stroke dapat menjadikan fungsi batang otak kurang terlihat.

, , ,