Sponsors Link

7 Tanaman Obat Sakit Kepala yang Terbukti Manjur

Sponsors Link

Menderita sakit kepala memang tidak menyenangkan. Sakit kepala tidak hanya menyebabkan sakit pada bagian dalam kepala tapi juga bagian tubuh lain. Secara umum sakit kepala akan membuat leher kaku, leher tidak bisa terasa normal, telinga berdengung, pusing, kepala melayang, badan meriang dan demam. Ini artinya bahwa sakit kepala memang menyerang otak dan sistem syaraf dalam telinga. Jika sudah seperti ini maka lebih baik untuk segera mengobati sakit kepala.

ads

Memang ada beberapa obat medis untuk mengatasi sakit kepala dan bisa didapatkan dengan sangat mudah. Misalnya adalah aspirin, ibuprophen dan paracetamol yang bisa dibeli di apotik tanpa harus menggunakan resep. Tapi sayangnya obat bisa menyebabkan kecanduan dan sangat berbahaya jika digunakan jangka panjang tanpa resep dokter. Nah untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan sakit kepala maka Anda bisa menggunakan berbagai bahan dari tanaman.

Berikut ini akan kami ulas lengkap mengenai tanaman obat sakit kepala paling alami.

  • Jahe

Jahe biasanya digunakan sebagai bahan masakan atau untuk membuat minuman penghangat badan. Jahe memiliki aroma yang sangat harum dan bisa menenangkan ketika dihirup. Ternyata jahe juga bisa mengatasi sakit kepala dengan cara menenangkan pembuluh darah di otak dan mengatasi peradangan akibat penyakit tertentu termasuk seperti flu dan efek insomnia.

Jahe juga bisa mengatasi masalah sakit kepala terus menerus akibat berbagai penyebab. Hal ini karena jahe mengandung bahan yang sangat baik untuk melawan peradangan, mengatasi bakteri dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan karena beberapa efek tersebut akhirnya jahe sangat disarankan untuk mengatasi serangan migrain. Jahe juga tidka menyebabkan kecanduan dan efek samping.

Cara menggunakan jahe adalah dengan memasak akar atau rimpangnya dengan air sampai mendidih kemudian saring lalu minum airnya. Air jahe juga bisa diminum dengan madu dan lemon.

  • Tanaman mint

Tanaman mint biasanya diambil pada daun yang ternyata sangat baik untuk mengatasi berbagai keluhan pada sakit kepala. Daun mint mengandung menthol dan bahan menthone yang akan merangsang peradangan pada sakit kepala mereda kemudian sembuh. Karena itulah masalah sakit kepala berdenyut hebat akibat migren atau vertigo bisa diatasi dengan daun mint ini.

Cara untuk menggunakan daun mint adalah dengan membuat minuman hangat dari daun mint. Kemudian Anda juga bisa mengambil daun mint yang segar lalu tempelkan pada dahi. Cara ini sangat alami dan tidak ada efek samping.

  • Cengkeh

Tanaman cengkeh juga dianggap salah satu tanaman yang sangat berkhasiat untuk mengobati sakit kepala. Cengkeh bisa bekerja untuk menghilangkan sakit kepala dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan tenang. Kemudian cengkeh bisa mengatur tekanan darah bisa normal lagi sehingga sakit kepala sembuh sendiri secara alami.

Cengkeh tidak hanya mengobati sakit kepala biasa tapi juga sebagai penanganan vertigo di rumah. Caranya sangat mudah yaitu dengan menumbuk cengkeh sampai lembut. Kemudian masukkan dalam kain khusus yang lembut dan tipis. Saat sakit kepala menyerang maka hirup aromanya. Perhatikan juga bahwa sebaiknya cengkeh tidak dimasak menjadi teh atau ramuan lain karena dikhawatirkan bisa membuat reaksi tubuh yang berat.

  • Tanaman basil

Pernahkah Anda melihat tanaman basil? Di Indonesia ini juga termasuk sebagai kelompok tanaman kemangi. Basil ternyata sangat terkenal sebagai tanaman obat sakit kepala karena bisa membuat otot kepala dan leher menjadi sangat santai. Basil memiliki efek analgesik dimana ini bisa mengurangi rasa sakit dan menenangkan. Karena itulah basil juga meredakan sakit kepala di ubun ubun akibat stres dan banyak pikiran.

Cara untuk menggunakan daun basil adalah dengan merebus daun basil selama kurang lebih 5 menit sampai mendidih. Kemudian dinginkan dan minum saat masih hangat. Anda bisa menambahkan madu atau lemon untuk memberi rasa daun mint.

  • Tanaman ketumbar

Kemudian Anda juga bisa menggunakan tananam ketumbar untuk mengatasi sakit kepala yang buruk. Ketumbar bisa mengatasi sakit kepala yang berhubungan dengan kadar gula yang tidak stabil. Selain itu juga sering digunakan untuk mencegah sakit kepala akibat migrain yang parah. Dan juga akan mengatasi sakit kepala karena flu, alergi, dan sinusitis.

Sponsors Link

Bahan antiinflamasi dalam tanaman ketumbar dipercaya bisa mengatasi kondisi sakit kepala yang buruk. Hal ini bahkan sudah pernah dibuktikan dengan penelitian pada penderita penyakit radang sendi, migrain dan diabetes. Cara untuk menggunakan tanaman ketumbar terutama pada biji dan daunnya. Biji dan daun bisa direbus sampai matang. Kemudian saring dan minum airnya. Jika gejala cukup ringan maka bisa menggunakan biji dan daun sebagai bahan arometerapi saja.

  • Tanaman rosemary

Tanaman rosemary juga sangat baik untuk mengatasi sakit kepala akibat berbagai kondisi atau penyakit. Hanya saja sebaiknya digunakan untuk penyakit ringan misalnya flu, sinusitis, atau terkait kondisi penyebab sakit kepala termasuk stres dan tekanan darah rendah. Bagian yang bisa digunakan untuk merawat sakit kepala adalah daun rosemary yang mengandung bahan asam rosmarinic. Karena aroma ini maka daun bisa menyembuhkan sakit kepala dengan cara memberi efek tenang, nyaman dan tidak memicu penyebab sakit kepala.

Caranya adalah dengan merendam daun rosemari dalam air hangat sampai mengeluarkan aroma. Kemudian ambil airnya untuk memijat lembut di bagian sekitar kepala, kening, dahi dan leher. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial dari daun rosemary.

  • Buah markisa

Tanaman buah markisa juga sangat baik untuk mengatasi sakit kepala karena bisa memberi efek yang menenangkan, mengatasi rasa cemas yang berlebihan dan juga membuat tubuh bisa istirahat dengan baik. Jika sakit kepala sudah sampai menyebabkan insomnia maka bisa menggunakan tanaman ini. Cara kerja dari tanaman ini adalah dengan membuat sistem syaraf menjadi lebih tenang dan bisa mengatasi sakit kepala dengan cepat.

Caranya adalah dengan merebus daun dan bunga tanaman markisa, kemudian ambil airnya dan gunakan untuk mengompres. Anda juga bisa menggunakan airnya untuk memijat leher dengan campuran minyak hangat seperti minyak telon dan minyak kayu putih.

Itulah ternyata tanaman obat sakit kepala paling alami. Tanaman ini ternyata sangat bermanfaat sehingga Anda bisa menanamnya di pot atau kebun kecil. Namun tidak disarankan untuk penderita sakit kepala karena penyakit kronis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan