Sponsors Link

18 Tanda-Tanda Vertigo dan Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Vertigo pada umumnya adalah penyakit yang akan memberikan sensasi pusing luar biasa kepada penderitanya. Vertigo dapat menjangkit siapa saja. Remaja ataupun dewasa, laki-laki maupun perempuan, semuanya berpotensi untuk terjangkit penyakit ini.

ads

 

Penyakit vertigo tentu tidak serta-merta menjangkit seseorang, sehingga Anda bisa mendeteksinya lebih awal sebelum penyakit ini menjadi lebih parah. Terdapat beberapa gejala yang menjadi tanda-tanda vertigo, antara lain :

1. Sakit Kepala Hebat

Vertigo memang diidentikkan dengan sakit kepala yang hebat dan bahkan sulit untuk digambarkan. Sakit yang dirasakan oleh penderita vertigo berbeda dengan sakit kepala pada umumnya. Sang penderita akan merasakan seperti tubuhnya berputar dan mengambang, serta akan mengerang kesakitan saat menolehkan kepala ke salah satu arah. Jika sudah parah, maka rasa sakitnya akan lebih parah dan semakin sulit untuk digambarkan.

2. Pandangan Kabur

Kondisi pandangan juga akan kabur apabila Anda menderita vertigo. Hal ini dikarenakan rasa pusing yang berlebihan sehingga Anda akan kesulitan untuk melihat dengan jelas. Keadaan di sekitar Anda akan terlihat seperti bergerak, persis seperti saat Anda naik kendaraan. Apapun yang Anda lihat nampak seperti bergerak maju atau mundur meskipun Anda berada dalam keadaan diam dan statis. Jangankan untuk melihat dengan jelas, bahkan Anda akan kesulitan untuk membuka mata dalam kondisi seperti ini.

3. Kondisi Tubuh Melemah

Tanda-tanda vertigo lainnya adalah kondisi tubuh yang semakin melemah setiap harinya. Apapun aktivitas yang Anda lakukan, tubuh Anda akan mengalami sulit bergerak dan langkah kaki pun menjadi berat. Bahkan, saat baru bangun tidur setelah beristirahat pun rasa lelah masih saja Anda rasakan. Untuk meningkatkan stamina, perbanyaklah meminum air putih dan konsumsi makanan yang bisa menunjang kebutuhan gizi Anda.

4. Nafsu Makan Berkurang

Turunnya nafsu makan seseorang menunjukkan ada yang salah dari kesehatan Anda. Tak dapat dipungkiri bahwa semua orang yang sakit, secara alamiah akan kehilangan nafsu makan. Saat Anda merasa tidak ingin memakan apapun, ada baiknya jika Anda menepis rasa itu. Saat Anda terkena vertigo, keseimbangan tubuh akan terganggu sehingga Anda perlu menjaga asupan makanan untuk tubuh Anda. Makanan yang Anda konsumsi akan menjadi sumber energi untuk Anda. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga pola makan Anda meskipun Anda merasa kesulitan menelan makanan.

5. Keringat Dingin

Berkeringat adalah cara kulit mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh. Hal ini wajar terjadi pada siapapun terutama saat selesai melakukan aktivitas berat ataupun berolahraga. Akan tetapi kondisi tersebut hanya berlaku bagi orang normal atau dengan kata lain tidak sedang menderita suatu penyakit apapun. Saat Anda terjangkit vertigo, Anda akan banyak mengeluarkan keringat. Keringat yang Anda keluarkan pun berbeda dengan keringat biasanya. Normalnya, orang yang berkeringat akan merasakan gerah dan kepanasan, namun apabila Anda terkena vertigo, keringat yang Anda rasakan adalah keringat dingin. Kondisi ini serupa dengan orang yang mengalami demam. Anda tetap merasakan dingin meski tubuh anda dibanjiri oleh keringat.

6. Gerakan Mata Tidak Normal

Mata yang bergerak tidak normal adalah tanda-tanda vertigo menjangkit Anda. Gerakan mata yang tidak normal dapat ditandai dengan cepatnya pergerakan bola mata ke atas dan ke bawah, serta ke kiri dan kanan. Kondisi ini sering disebut nistagmus, yakni kondisi akibat adanya gangguan pada telinga bagian dalam dan rasa pusing yang sulit tergambarkan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, gangguan pada gerakan mata juga bisa dikaitkan dengan adanya gangguan pada saraf otak. Agar dapat mendeteksi gerakan mata yang tidak normal, Anda bisa mencobanya dengan memalingkan kepala secara tiba-tiba. Cara lain juga dapat anda lakukan seperti meneteskan air ke dalam lubang telinga.

Sponsors Link

7. Sulit Berdiri Tegak

Apabila Anda mulai terkena vertigo, tanda-tanda awal yang akan Anda rasakan adalah sulit berdiri tegak dan hilang keseimbangan. Jangankan untuk berjalan, bahkan untuk berdiri dengan baik pun sangat sulit untuk dilakukan. Lingkungan di sekitar Anda seperti berputar sehingga mempengaruhi keseimbangan tubuh Anda. Anda akan merasa seperti ingin jatuh dan berjalan layaknya orang yang sedang mabuk. Akibat keseimbangan tubuh yang menurun, bagi seorang penderita vertigo adalah hal yang wajar apabila muncul perasaan oleng bahkan saat duduk sekalipun. Hal ini menyebabkan penderitanya akan kesulitan melakukan aktivitas apapun, sehingga sebaiknya menghabiskan banyak waktu untuk beristirahat di tempat tidur.

8. Perasaan Ingin Pingsan

Saat sakit kepala melanda, pandangan kabur, dan lingkungan di sekeliling Anda terasa berputar, maka efek selanjutnya yang akan Anda rasakan adalah perasaan seperti ingin pingsan. Rasa sakit yang hebat akan menjadikan pandangan Anda seketika gelap selama beberapa detik, lalu tanpa Anda sadari tubuh Anda sudah jatuh ke lantai. Jika Anda merasakan kondisi seperti ini atau bahkan sampai pingsan selama beberapa saat, maka sebaiknya segera melakukan pengobatan agar vertigo dapat segera ditangani.

9. Gangguan Pendengaran

Apabila terdapat gangguan pada telinga bagian dalam juga menjadi tanda Anda terjangkit vertigo. Terganggunya telinga bagian dalam ini akan menyebabkan gangguan pendengaran pada penderitanya. Biasanya, orang yang menderita vertigo tahap awal akan kesulitan mendengarkan pada waktu-waktu tertentu, terutama pada saat sakit kepala yang hebat melanda karena pada kondisi seperti ini telinga serasa berdengung, sehingga suara yang Anda dengarkan menjadi samar-samar.

ads

10. Mual dan Muntah

Rasa mual merupakan suatu kewajaran yang terjadi apabila seseorang mengalami pusing. Jangankan bagi orang yang mengidap vertigo, bahkan bagi orang yang mengalami sakit kepala biasa pun kerap merasakan mual. Bagi penderita vertigo, kondisi sekitar yang terasa berputar inilah yang menyebabkan perasaan mual. Dan bahkan, mual yang Anda rasakan benar-benar seperti ingin mengeluarkan isi perut. Jika Anda merasakan hal seperti itu, maka sangat dianjurkan untuk tidak menahan muntah. Meskipun kondisi Anda tidak serta-merta pulih, akan tetapi setelah muntah anda akan merasa lebih baik dari sebelumnya.

11. Terlihat Pucat

Selain tanda-tanda vertigo yang telah disebutkan tadi, gejala lain yang nampak apabila anda terkena vertigo adalah wajah terlihat pucat. Tidak hanya wajah saja, tapi sekujur tubuh pun bisa terlihat pucat bila kondisi mulai memprihatinkan. Wajah pucat biasanya muncul saat Anda merasakan mual dan muntah, namun juga bisa terjadi saat Anda merasakan sakit kepala yang hebat pula. Jika wajah Anda sudah berubah menjadi pucat, sebaiknya anda tidak memaksakan diri untuk beraktivitas. Wajah yang pucat adalah cara tubuh untuk memberikan ‘kode’ agar Anda beristirahat dengan maksimal dan tidak terlalu banyak bergerak.

Penyebab Vertigo

Banyak faktor yang menyebabkan penyakit vertigo bisa menyerang seseorang. Terdapat beberapa penyebab yang umum, seperti :

  1. Gangguan Telinga Bagian Dalam. Penyebab yang paling sering adalah adanya gangguan pada telinga bagian dalam yang menyebabkan masalah dalam mekanisme keseimbangan tubuh. Penyakit ini juga dikenal dengan sebutan Benign Paroxysmal Positional Vertigo.
  2. Migrain. Penyakit yang biasa disebut sebagai sakit kepala sebelah kiri maupun kanan ini adalah salah satu jenis sakit kepala yang memberikan efek luar biasa kepada penderitanya. Seringkali, orang yang menderita migrain juga akan merasakan penglihatan seperti berputar. Sakit yang diderita biasanya berlangsung selama beberapa menit, namun bisa bertahan sampai berhari-hari.
  3. Penyakit Meniere. Penyakit ini menyerang telinga bagian dalam yang mana akan menyebabkan telinga bagian dalam kebanjiran cairan, sehingga akan menyebabkan kepala pusing karena tubuh kehilangan keseimbangan. Efek sakit yang diberikan oleh penyakit ini bisa sampai berjam-jam, dan juga bisa mengakibatkan penderitanya kehilangan kesadaran.
  4. Penyakit Sistem Saraf Pusat. Vertigo juga disebabkan oleh karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat. Penyakit yang berkaitan dengan gangguan sistem saraf pusat, seperti otak, stroke, multiple sclerosis, dan kerusakan pada leher.
  5. Posisi Tidur. Saat Anda ingin tidur, pastikan posisi bantal Anda tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Buatlah kepala dan leher Anda merasa nyaman untuk menghindari posisi tidur yang salah. Selain itu, saat baru bangun tidur hindarilah bangkit secara cepat. Sebaiknya saat anda sudah bangun, tetaplah berbaring selama beberapa menit kemudian bangkit dengan perlahan.
  6. Terdapat Infeksi atau Peradangan. Penyakit seperti flu dan pilek adalah contoh peradangan atau infeksi yang diakibatkan oleh virus dan bakteri. Peradangan yang dialami seseorang bisa mempengaruhi telinga bagian dalam sehingga dapat memicu vertigo.
  7. Faktor Lain. Gangguan penglihatan, trauma, mabuk, efek obat-obatan tertentu, pengaruh alkohol, dan kondisi tubuh yang terlalu lelah juga merupakan penyebab penyakit vertigo bisa muncul.

Itulah tadi penjelasan mengenai tanda-tanda vertigo dan penyebabnya. Apabila Anda mengalami beberapa tanda-tanda yang telah disebutkan, maka besar kemungkinan Anda menderita penyakit vertigo. Ciri-ciri vertigo pada anak juga tidak beda jauh dengan tanda-tanda yang telah dijelaskan di atas. Kebanyakan orang sering menganggap remeh awal mula penyakit ini dengan anggapan bahwa apa yang mereka alami hanyalah sakit kepala biasa.

Vertigo memang diawali dari rasa sakit di kepala, namun diluar itu banyak pula tanda-tanda yang mengikutinya. Apabila gejala tersebut didiamkan, maka vertigo akan menjadi penyakit yang ganas dan membahayakan kesehatan Anda. Jika Anda mengalami hal yang persis dengan apa yang telah dijelaskan, sebaiknya Anda segera berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan, karena dikhawatirkan penyakit ini akan bertambah parah dan bahkan memicu penyakit lainnya.

, , , ,