Sponsors Link

Tengkorak Kepala Tidak Rata : Penyebab, Efek Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kepala merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting berkaitan dengan organ organ denga fungsi yang terdapat disana. Bagian bagian kepala terdiri dari tulang tulang yang berfungsi untuk melindungi organ di dalamnya serta memberikan bentuk bagi kepala maupun wajah. Beberapa organ penting yang terdapat di kepala diantaranya seperti otak sebagai pusat syaraf, mata sebagai indera penglihatan, hidung sebagai indera penciuman, lidah sebagai indera perasa, telinga sebagai indera pendengaran, dan berbagai bagian tubuh dengan manfaat penting lainnya.

ads

Dari beberapa bagian tulang yang ada, tengkorak merupakan tulang penting yang harus dijaga dari kondisi gangguan atau jenis sakit kepala seperti trauma fisik. Hal ini dikarenakan tengkorak merupakan bagian tulang pipih yang bertugas melindungi otak sebagai pusat kendali tubuh manusia. Meskipun tengkorak memiliki masa regenerasi dan pemulihan yang lebih cepat dibandingkan dengan tulang pada anggota tubuh lainya, tengkorak tetap harus mendapatkan perlindungan dari berbagai kondisi berbahaya untuk menghindari munculnya ciri ciri kepala retak pada bagian tengkorak yang cuku membahayakan.

Pada perkembangannnya, tulang tengkorak mulai terbentuk di dalam kandungan ketika usia kehamilan mulai memasuki 10 minggu dengan bentuk yang masih mengarah pada kondisi seharusnya hingga terus tumbuh sampai dewasa. Dalam perjalanannya, berbagai masalah atau gangguan pada tengkorak dapat terjadi yang salah satunya adalah kondisi dimana tengkorak kepala tidak rata. Dalam artikel kali ini, drsakitkepala.com akan mengulang mengenai penyebab tengkorak kepala tidak rata dan cara mengatasinya yang dijelaskan dalam uraian dibawah ini.

Penyebab Tengkorak Kepala Tidak Rata

Kondisi tulang tengkorak kepala yang tidak rata ini biasanya lebih banyak diketahui pada anak anak karena pada usia anak anak, orang tua tentu akan memberikan perhatikan yang lebih pada setiap kondisi fisiknya. Meskipun banyak ditemui pada anak anak, kondisi kepala yang tidak rata juga dapat terjadi pada orang dewasa. Berikut ini beberapa penyebab tengkorak kepala tidak rata pada orang dewasa yang perlu diketahui.

  • Cedera kepala, penyebab pertama yang dapat menjadikan kepala mengalami konditi tidak rata pada orang dewasa adalah karena adanya cedera pada bagian tengkorak kepala yang dapat disebebkan oleh benturan maupun pukulan secara langsung atau dapat disebut sebagai trauma kepala. Kondisi pukulan atau benturan yang tidak berat mungkin hanya akan menyebabkan kepala tidak rata akibat adanya pembengkakan atau hematoma (benjolan).
  • Fraktur pada tengkorak, jika kondisi pukulan atau benturan yang terjadi pada kepala berlangsung sangat keras dapat menyebabkan kepala retak atau terjadi fraktur pada bagian tengkorak yang dapat terlihat melalui beberapa ciri ciri kepala retak. Kondisi kerusakan pada tengkorak terutama jenis fraktur terbuka dapat menyebabkan bagian tulang tengkorang muncul ke permukaan sehingga terasa tidak rata.
  • Gangguan pertumbuhan tulang, kondisi lainnya yang juga dapat menjadi penyebab tengkorak kepala tidak rata adalah akibat dari adanya gangguan pertumbuhan tulang kepala yang sudah berlangsung sejak kecil dan baru terlihat ketika dewasa.
  • Penyebab lainnya, beberapa kondisi lain yang juga dapat menjadikan kepala tidak rata diantaranya bisul pada kulit kepala, tumor, kista pada kulit kepala, lipoma (benjolan kecil di kepala tapi tidak sakit), dan beberapa penyebab lainnya.

Pada bayi dengan usia di bawah 2 tahun, selain faktor keturunan dan gangguan pertumbuhan tulang pada bagian kepala, masih adanya ubun ubun juga dapat menjadikan kepala bayi tidak rata terutama ketika mengalami sakit, kekurangan cairan tubuh, dan lain sebagainya.

Efek Tengkorak Kepala Tidak Rata

Efek yang timbul dari kondisi kepala atau tengkorak kepala yang tidak rata berbeda beda pada setiap keadaan tergantung dari penyebabnya. Yang jelas, kondisi tengkorak pada bagian kepala akan terasa tidak nyaman dan mengarah pada kondisi sakit sehingga sangat menganggu seseorang dalam beraktifitas. Sakit pada daerah yang tidak rata tersebut terkadang bisa jadi muncul dan bisa jadi tidak karena setiap kondisi penyebab dari tengkorak tidak rata tersebut memiliki ciri ciri fisik yang berbeda satu sama lain.

Cara Mengatasi Tengkorak Kepala Tidak Rata

Sama halnya dengan efek yang dapat timbul dari kondisi tengkorak kepala tidak rata, cara mengatasi kelainan tersebut tentu juga berbeda sesuai dengan penyebabnya. Untuk dapat mengetahui secara jelas terkait penyebab dan bagimana cara mengatasinya maka mereka yang merasakan adanya tanda tengkorak kepala yang tidak rata dapat langsung segera memeriksakan kondisinya dengan dokter yang tepat. Terkait dengan kondisi sakit dan bengkak yang muncul, konsumsi antipiretik dan antiinflamasi tentu dapat membantu meringankan gejala yang ada.  Selalu usahakan untuk tidak memegang bahkan memijat bagian yang tidak rata pada tengkorak kepala tersebut.

Itulah beberapa uraian penjelasan mengenai kondisi kepala yang tidak rata berkaitan dengan penyebab, efek atau dampak negatifnya bagi kesehatan serta beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Memeriksakan konidsi kepala yang tidak rata merupakan satu satunya cara paling tepat untuk dapat segera mengetahui diagnosisi dari keadaan tersebut dan tindakan medis yang akan dilakukan oleh dokter.

 

 

, , , ,