Sponsors Link

3 Tips Agar Vertigo Tidak Kambuh Lagi Terampuh

Sponsors Link

Tentunya tidak ada satu orang pun yang menginginkan penyakit yang sudah lama hilang muncul kembali. Atau adanya suatu penyakit yang bisa datang dengan secara mendadak. Kondisi seperti ini tentunya tidak akan menyenangkan dan mengganggu produktifitas kita dalam melakukan kegiatan kita sehari – hari.

ads

Selain penyakit ringan yang seringkali kita temui seperti flu, batuk, ataupun demam ternyata vertigo juga merupakan salah satu kondisi yang terbilang cukup buruk dan seringkali datang secara mendadak. Lalu, apakah kita tidak bisa terhindar atau pun mengatur datangnya penyakit ini bahkan menghindarinya agar tidak datang kembali?

Kondisi vertigo tak kunjung sembuh tentunya menjadi kondisi yang cukup memprihatinkan karena kondisi ini bisa menggangu produktifitas seseorang. Selain itu, tentunya siapa yang ingin merasakan sakit berlarut-larut dan merasa tidak berdaya untuk melakukan berbagai aktifitas.

Kondisi ini tentunya menjadi momok yang menakutkan baik bagi penderita dengan riwayat vertigo ataupun bagi mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit ini. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips agar vertigo tidak kambuh lagi:

1. Mengkonsumsi Cukup Air Mineral

Tubuh terdiri oleh lebih dari 70% cairan. Fakta ini menjadikan keharusan untuk mengkonsumsi air mineral sesuai dengan kebutuhan tubuh guna membantu menunjang proses metabolisme dan aktifitas dalam tubuh lainnya. Adanya penyebab cairan di otak pada orang dewasa tentu tidak diakibatkan karena konsumsi air berlebih, melainkan oleh beberapa kondisi dan faktor lainnya. Mengkonsumsi air mineral ataupun air putih tidak akan memberikan kita dampak negatif karena memang tubuh kita membutuhkannya.

Cairan dalam tubuh akan membantu melancarkan jalannya peredaran darah. Darah memegang peranan penting dalam tubuh. Darah yang bertugas menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Sehingga, untuk membantu mencegah rasa sakit dikepala yang disebabkan oleh riwayat vertigo, tubuh perlu konsumsi air yang cukup setiap harinya. Oleh karena itu, sangat baik jika tubuh mengkonsumsi cukup air mineral untuk mencegah terhambatnya peredaran darah yang akan membuat kondisi kesehatan Anda memburuk.

2. Beristirahat dengan Cukup

Penderita vertigo ataupun seseorang dengan riwayat vertigo memerlukan istirahat yang cukup. Sebenarnya pola istirahat yang cukup ini juga diberlakukan untuk semua orang dan tidak hanya untuk penderita penyakit tertentu. Akan tetapi, bagi penderita vertigo memang ada beberapa cara tidur orang vertigo yang disarankan untuk membantu kualitas tidur menjadi lebih nyaman. Memberikan tubuh waktu istirahat yang cukup sekurang-kurangnya 7 hingga 8 jam sehari. Dengan demikian tubuh akan memiliki kesempatan untuk meregenerasi sel dan jaringan yang rusak selama kegiatan yang terjadi dalam sehari penuh.

Apabila tubuh tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, seluruh sel dan jaringan yang rusak tidak akan bisa diregenerasi secara sempurna. Belum selesai proses regenerasi sel, tubuh sudah harus dipaksa kembali bekerja. Dalam jangka waktu panjang bukan hanya vertigo yang kembali, tapi permasalahan kesehatan lainnya akan muncul dengan mudah.

3. Berlatih Gerakan Foster

Ada gerakan foster yang bisa dilatih untuk membantu para penderita vertigo. Gerakan atau manuver foster ini bertujuan agar apabila vertigo datang dan kambuh maka rasa sakit yang ditimbulkan bisa berkurang. Apabila dilatih dengan rutin, tidak menutup kemungkinan penderita dengan riwayat vertigo bisa mengurangi frekuensi vertigo kembali secara mendadak.

Sebenarnya ada beberapa gerakan lainnya di samping gerakan foster seperti semont dan epley, pilihlah manuver gerakan yang sesuai dengan kondisi Anda. Untuk gerakan foster sendiri memiliki beberapa tahapan gerakan yaitu,

  • Lihatlah ke arah langit – langit dengan posisi berlutut,
  • Bersujud dan tempelkan dahi Anda pada lantai selama kurang lebih 30 detik untuk membantu vertigo terhenti,
  • Masih dalam posisi bersujud, putar kepala Anda baik ke kanan ataupun ke kiri sesuai dengan daerah rasa sakit yang dirasakan hingga membentuk sudut 45 derajat selama 30 detik,
  • Angkat kepala Anda setinggi bahu pada saat posisi sedang bersujud dengan mengarah ke daerah yang memiliki rasa sakit,
  • Bangun secara perlahan.
Sponsors Link

Setelah mengetahui beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah kondisi vertigo datang kembali, ada baiknya Anda mengetahui beberapa faktor penyebab kondisi ini dapat kambuh atau kembali lagi.

1. Kurang Konsumsi Air Mineral

Faktor utama adalah kurangnya konsumsi air mineral. Apabila konsumsi air mineral kurang hal ini akan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh (dehidrasi) akan membuat darah kita menjadi lebih kental. Dan semakin kental darah maka akan semakin sulit peredaran darah itu untuk bergerak dan menyalurkan oksigen serta nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

2. Tekanan Darah Rendah

Memang ada perbedaan vertigo dan darah rendah yang perlu Anda ketahui. Tetapi ternyata tekanan darah rendah juga bisa memicu datangnya vertigo untuk menyerang kondisi kesehatan kita kembali. Biasanya para penderita darah rendah akan mengalami rasa pusing ketika ia melakukan posisi jongkok lalu berdiri setelahnya. Dan hal ini juga bisa memicu datangnya vertigo.

3. Flu

Flu juga bisa menjadi penyebab kambuhnya vertigo. Seperti yang Anda ketahui, saluran hidung, mulut dan tenggorokan saling terhubung satu sama lain. Oleh karena itu, adanya permasalahan pada salah satu saluran tersebut harus segera diatasi misalnya dengan menerapkan cara mengobati sakit kepala akibat flu.

Sekian informasi mengenai tips agar vertigo tidak kambuh lagi untuk Anda. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengetahui kondisi ini dengan lebih baik dan dapat melakukan pencegahan serta menerapkan pola hidup sehat untuk tetap menjaga kondisi kesehatan Anda. Temukan juga artikel kesehatan yang bisa membantu Anda untuk mengetahui kondisi ini dengan lebih baik seperti terapi penyembuhan vertigo.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan