Sponsors Link

Tulang Kepala Bayi Menonjol

Sponsors Link

Proses pertumbuhan tulang tengkorang dan tulang pada bagian bagian kepala lainya sudah mulai terbentuk sejak bayi masih dalam kandungan dan akan terus berkembang ketika lahir sampai dewasa nantinya. Perkembangan tulang kepala tersebut menjadi penting untuk diperhatikan kerena fungsi tulang tengkorak dan tulang penyusunnya untuk melindungi berbagai macam organ degan fungsi yang sangat berpengaruh bagi tubuh dan kehidupan manusia.

ads

Sama halnya dengan proses perkembangan fisik pada bayi, untuk menjaga pertumbuhan tulang kepala maka pemenuhan nutrisi harus selalu diperhatikan kecukupannya baik jenis maupun jumlahnya agar dapat menghindari resiko terjadinya kelainan pada tulang kepala bayi. Jenis sakit kepala pada bagian tengkorang dan tulang lain yang dialami oleh bayi tentu berbeda dengan kondisi kelainan atau sakit yang dialami oleh orang dewasa. Salah satu bentuk tanda adanya kondisi bermasalah pada tulang kepala bayi adalah kondisi dimana terjadinya atau terasanya tulang kepala bayi menonjol.

Kondisi tulang kepala bayi menonjol tentu merupakan keadaan yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua agar tidak terjadi efek berbahaya yang selanjutnya sehingga kondisi perkembangan bayi maupun kesehatannya tetap terjadi. Dalam artikel ini, drsakitkepala.com akan menjelaskan mengenai kondisi tulang kepala bayi yang mengalami penonjolan tersebut baik untuk penyebab yang menjadikannya terjadi maupun beberapa cara mengatasinya dan hal yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua melalui uraian di bawah ini.

Penyebab Tulang Kepala Bayi Menonjol

Kondisi tulang kepala bayi menonjol biasanya terjadi paling banyak di daerah ubun ubun yang secara umum masih memiliki bentuk yang kenyal dan tidak keras. Kondisi daerah ubun ubun yang menonjol dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi dari yang dapat berdampak bahaya dan yang tidak berbahaya. Berikut ini beberapa penyebab tulang kepala bayi yang menonjol atau muncul benjolan diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Cedera Kepala, kondisi kepala bayi yang mengalami cedera atau trauma kepala tentu dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan atau benjolan akibat terkena pukulan maupun benturan barang yang padat serta tumpul. Cedera kepala juga dapat menyebabkan terjadinya fraktur terbuka yang menyebabkan bagian tulang kepala menonjol kearah permukaan kulit.
  • Tumor, tumor secara medis dapat diartikan sebagai pertumbuhan bagian tubuh yang abnormal. Kondisi tumor yang terjadi pada bagian tulang kepala bayi dapat menimbulkan bentukan yang menonjol akibat pertumbuhan dari tumor tersebut.
  • Adanya penyakit infeksi, bagian ubun ubun bayi dapat menjadi menonjol ketika terjadi infeksi baik pada bagian tubuh lain maupun pada daerah kepala. Jika terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh maka ubun ubun akan menjadi cekung ke dalam. Beberapa jenis infeksi yang dapat menjadikan bagian kepala menonjol seperti infeksi kulit kepala, meningitis, dan infeksi lainnya.
  • Hidrosefalus, kondisi tersebut secara medis dijelaskan sebagai penumpukan cairan pada bagian rongga otak atau daerah ventrikel. Penumpukan cairan pada bagian tersebut dapat menjadi salah satu penyebab bagian tulang kepala bayi mengalami penonjolan pada posisi tertentu terutama bisanya pada bagian ubun ubun. Jika kondisi ini merupakan penyebab tersebut maka salah satu langkah yang akan diambil adalah dengan melakukan operasi hidrosefalus pada bayi.
  • Hipoksia, hipoksia  merupakan kondisi dimana sel dan jaringan tubuh kekurangan oksigen dan dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kondisi kepala bayi yang menonjol.

Cara Mengatasi Tulang Kepala Bayi Yang Menonjol

Seperti dalam penjelasan penyebab tulang kepala bayi yang menonjol tersebut, diketahui ada beberapa hal yang dapat menjadikan bentuk kepala maupun tulang kepala bayi yang berubah menjadi menonjol. Oleh karena banyaknya penyebab yang ada maka sebagai langkah awal untuk dapat mengatasi kepala bayi yang menonjol tersebut adalah dengan mengetahui penyebabnya. Untuk dapat mengetahui penyebab tulang kepala bayi yang menonjol maka sebaiknya ibu membawanya ke dokter spesialis anak agar dapat mendapatkan pemeriksaan yang lebih detail secara medis.

Dalam proses pemeriksaan secara medis tersebut maka dokter spesialis anak akan menentukan bentuk atau cara diagnosis yang dibutuhkan. Setelah penyebab dari kondisi tulang kepala bayi yang menonjol tersebut diketahui maka tindakan medis yang tepat dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi yang ada. Karena pentingnya bagian kepala bagi tubuh bayi maka proses pemeriksaan dengan dokter anak harus dilakukan sesegera mungkin ketika benjolan di kepala bayi mulai terlihat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kondisi tulang kepala bayi yang menonjol dan cara mengatasi benjolan di kepala bayi yang dapat dilakukan untuk mengatasi keadaan tersebut. Benjolan yang terjadi pada kepala bayi perlu diperhatikan dengan baik dan tidak boleh diatasi dengan sembarangan bahkan ibu atau orang tua sebaiknya menghindari tekanan pada bagian yang menonjol tersebut dan jangan terlalu sering memegangnya. Demi menjaga agar bayi tidak mendapatkan dampak negatif terutama bagi perkembangannya maka sebaiknya mempercayakan penanganan yang tepat kepada dokter spesialis anak merupakan langkah yang baik dan perlu diutamakan.

, , , , ,