Sponsors Link

Ubun-Ubun Terasa Panas : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Penyebab sakit kepala atau pusing banyak macamnya, dari mulai penyebab karena organ tubuh sendiri atau karena adanya pertanda suatu penyakit tertentu. Dan diantara penyebab sakit kepala itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu sakit kepala primer dan juga sakit kepala sekunder. Yang mana pada sakit kepala primer disebabkan oleh adanya gangguan pada organ tubuh, seperti contohnya pada sakit kepala primer ini yaitu, sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, atau migrain. Dan pada sakit kepala sekunder ini adalah sakit kepala yang menjadi penyebabnya yaitu sebagai tanda adanya suatu penyakit tertentu, seperti contohnya pada sakit kepala sekunder ini yaitu sakit kepala karena flu, sinusitis, adanya infeksi telinga, atau meningitis.

ads

Namun pada sakit kepala yang mana ubun – ubun terasa panas, beragam pula penyebab nya. Bisa saja hal ini terjadi karena adanya suatu penyakit tertentu atau karena adanya faktor dari luar yang menyebabkan ubun – ubun menjadi terasa panas, seperti karena pengaruh dari cuaca yang ekstrem sehingga menyebabkan panas nya kepala bagian ubun – ubun. Jenis sakit kepala yang mana ubun – ubun terasa panas ini jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan sakit kepala terus menerus bahkan sakit kepala berdenyut.

Diantaranya ada beberapa penyebab ubun – ubun terasa panas, yaitu sebagai berikut :

  • Cuaca

Penyebab yang pertama yaitu karena faktor cuaca. Cuaca yang panas menyebabkan timbulnya sakit kepala yang disertai dengan panas nya bagian ubun – ubun. Tidak hanya itu, terik matahari yang sangat panas juga sebenarnya tidak baik untuk kesehatan, karena dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah dan bisa juga menyebabkan adanya penggumpalan darah di otak. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu menggunakan pelindung untuk menutupi bagian atas kepala seperti topi atau payung.

  • Migrain

Jenis sakit kepala migrain ini terjadi karena adanya ketegangan pada bagian – bagian kepala tertentu yang menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah sehingga menyebabkan aliran darah berjalan tersendat. Hal ini bisa menyebabkan ubun – ubun pada kepala terasa panas pula.

  • Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang biasanya disebabkan karena terlalu lama menatap layar hp atau laptop atau bisa juga karena lama dalam posisi duduk atau berdiri yang salah. Sehingga hal tersebut menyebabkan otot – otot di sekitar kepala dan juga leher menjadi tegang. Hal tersebut tentunya dapat membuat ubun – ubun di kepala Anda terasa panas pula.

  • Adanya iritasi

Iritasi menyebabkan bagian ubun – ubun pada kepala Anda terasa panas. Hal ini bisa terjadi karena adanya salah pemakaian pada shampo atau produk untuk kepala lainnya yang menyebabkan terjadinya iritasi pada kepala dan juga ubun – ubun.

  • Stres

Stres merupakan penyebab yang kerap kali terjadi pada orang yang mengeluh sakit kepala. Karena stres mampu memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah di otak sehingga otak rentan kekurangan oksigen, yang akhirnya memicu timbulnya gejala sakit kepala dan juga ubun – ubun yang terasa panas.

Itulah tadi beberapa yang bisa menjadi penyebab timbulnya rasa panas pada ubun – ubun. Dengan mengetahui penyebabnya diharapkan dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat yang sesuai dengan penyebab timbulnya.

Setelah kita mengetahui penyebabnya disini akan ada beberapa cara mengatasi ubun – ubun panas :

  1. Cobalah untuk memperbanyak minum air putih dan mengurangi konsumsi pada mengkonsumsi kafein. Karena air putih sangat baik bagi kesehatan, ia dapat mengeluarkan racun – racun yang ada dalam tubuh.
  2. Menghindari rokok, karena rokok memiliki banyak kandungan zat berbahaya yang mampu merusak organ – organ dalam tubuh. Yang mana awal mula nya yaitu zat – zat yang ada dalam rokok tersebut mencemari darah pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah menjadi menyempit dan aliran darah pun menjadi tidak lancar.
  3. Berusahalah untuk tidak terlalu lama berada di sinar terik matahari di siang hari. Dan jangan lupa untuk menggunakan topi atau payung sebagai pelindung dari terik matahari.
  4. Melakukan pijatan pada kepala. Karena dengan pijatan yang dilakukan di kepala mampu melancarkan aliran darah yang ada di kepala, dan juga memberikan efek relaksasi pada otot dan juga saraf -saraf kepala.
  5. Cobalah untuk mandi dengan air hangat. Karena mandi dengan air hangat dapat melancarkan aliran darah Anda dan juga memberikan efek relaksasi.
  6. Cobalah untuk melakukan relaksasi atau yoga, selain itu juga coba untuk melakukan hal apapun yang Anda sukai atau melakukan hobi Anda untuk menghindari stres, serta jangan lupa untuk selalu mendekatkan diri pada Allah swt.
  7. Minumlah obat paracetamol atau ibu profen yang sudah dikonsultsikan ke dokter.

Sekian pembahasan seputar ubun – ubun terasa panas : penyebab dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

, ,