Sponsors Link

Vertigo: Penyebab, Gejala, Bahaya, Pengobatan, dan Pencegahan

Sponsors Link

Penyakit vertigo merupakan suatu keadaan sakit pada kepala yang mirip dengan pusing. Perbedaannya terletak pada gejala dan rasa penderitaan yang dialami saat vertigo akan lebih besar dibandingkan sakit kepala biasa. Sakit kepala biasa tidak dapat dibandingkan rasanya dengan sakit yang dialami oleh penderita vertigo. Penderita vertigo mengalami rasa sakit yang tidak bisa digambarkan dengan sederhana. Penderita vertigo menggambarkan bagaimana rasa sakit kepala yang dialaminya membuat dirinya merasa lingkungan di sekitarnya seperti berputar-putar dan matanya seperti memandang segala sesuatu melayang-melayang.

ads

Keadaan yang disebabkan oleh penyakit vertigo ini banyak diderita oleh orang-orang dewasa dengan usia yang juga sudah cukup lanjut. Akan tetapi, tidak berarti bahwa tidak ada orang-orang muda yang menderita vertigo. Saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang menderita vertigo dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai apa saja gejala dari penyakit vertigo, penyebab dari penyakit ini, bahayanya, upaya pengobatannya, serta upaya pencegahannya. Informasi-informasi tersebut tentunya dirasa sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat, khususnya bagi Anda yang mungkin menderita penyakit vertigo. Berikut ini informasi mengenai penyakit vertigo yang berhasil kami kumpulkan untuk menginformasi Anda.

Penyebab Penyakit Vertigo dapat Menyerang

Penyakit vertigo tentunya dilatarbelakangi oleh faktor penyebabnya. Faktor penyebab dari vertigo ini ada banyak macamnya. Sedikitnya terdapat 10 penyebab vertigo yang harus Anda waspadai dan ketahui. Informasi mengenai penyebab vertigo ini kemudian juga dapat manfaatkan untuk memilih cara pengobatan vertigo yang paling tepat untuk Anda. Oleh karena itu, berikut ini 10 penyebab penyakit vertigo dapat menyerang seseorang.

1. Tumor Otak

Vertigo yang disebabkan oleh tumor otak biasanya dikenal juga sebagai Vertigo Sentral. Jenis vertigo ini terjadi akibat keberadaan tumor otak di antara otak kecil dan mengganggu saraf-saraf di otak, termasuk juga saraf pendengaran.. Saraf pendengaran yang terganggu inilah yang merupakan penyebab utama vertigo dapat menyerang. Oleh karena itu, penderita yang mengalami vertigo disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk menemukan apakah ada tumor otak yang menjangkitinya.

2. Trauma di Kepala atau Leher

Trauma di sekitar kepala atau leher juga merupakan salah satu penyebab mengapa seseorang dapat mengidap vertigo. Trauma ini mungkin disebabkan oleh kecelakaan dan kemudian mengganggu atau merusak saraf pendengaran seseorang. Saraf pendengaran yang terganggu inilah yang mungkin membuat sakit kepala berkembang menjadi vertigo. Untuk menghindari efek samping yang lebih besar dari trauma, sebaiknya penderita vertigo segera melakukan pemeriksaan mengenai trauma yang dialaminya dan efek yang dirasakannya.

3. Pengaruh Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan tertentu juga diketahui dapat menjadi penyebab seseorang menderita vertigo. Konsumsi obat-obatan yang dilakukan dalam jangka waktu lama diketahui dapat mengancam kesehatan saraf seseorang. Jika konsumsi obat-obatan tersebut kemudian memberikan efek samping pada saraf pendengaran, maka sudah dapat dipastikan orang tersebut akan menderita vertigo tidak lama lagi. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengonsumsi obat-obatan. Hindari kebiasaan yang menyebabkan ketergantungan pada obat karena obat-obatan akan berpengaruh pada kesehatan saraf Anda.

4. Inflamasi Saraf (Pembengkakan Saraf)

Satu lagi gangguan saraf yang menjadi penyebab terjadinya vertigo adalah inflamasi saraf. Inflamasi saraf pendengaran atau pembengkakan saraf ini merupakan keadaan yang disebabkan oleh peradangan antara labirin di dalam telinga. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi mengapa seseorang akhirnya mengidap vertigo. Karena keseimbangan yang dibangun oleh saraf pendengaran yang terganggu tentunya akan membuat seseorang menjadi mudah pusing dan mengidap vertigo.

5. Sakit Kepala Sebelah (Migrain)

Sakit kepala sebelah atau migraine merupakan penyakit yang ternyata juga dapat menyebabkan penyakit vertigo. Penyakit vertigo akibat dari migraine ini dilatarbelakangi oleh sakit kepala di bagian samping kepala yang menyebabkan keseimbangan tubuh yang dijaga oleh saraf pendengaran  menjadi terganggu. Hal ini kemudian dapat berkembang hingga penderita vertigo dapat mengalami muntah-muntah atau kehilangan keseimbangan. Baca juga: Efek Sakit Kepala Sebelah.

6. Meniere

Meniere merupakan penyakit yang menyerang bagian dalam telinga. Keadaan telinga yang terganggu kemudian dapat menyebabkan penyakit vertigo menyerang. Penyakit meniere diketahui sebagai penyakit langka yang masih sedikit menjangkiti manusia. Akan tetapi jika sudah terjangkit meniere, maka efek selanjutnya dari penyakit ini adalah penderita merasakan pusing berputar seperti yang dirasakan oleh penderita vertigo.

Sponsors Link

7. Infeksi Labirinitis

Labirin merupakan saluran yang ada di dalam telinga yang berfungsi untuk mengendalikan keseimbangan tubuh dan pendengaran. Jika terjadi infeksi pada labirin ini, maka keseimbangan tubuh pun akan terganggu. Tentunya vertigo pun menjadi salah satu efek samping lainnya dari infeksi labirinitis ini. Umumnya labirinitis dapat disebabkan oleh flu dan pilek yang terlalu lama masanya.

8. Stroke

Ternyata alasan lain yang dapat menyebabkan vertigo adalah stroke. Stroke merupakan penyakit yang menyebabkan syaraf tubuh terganggu, khususnya syaraf pada bagian yang mengatur keseimbangan tubuh seseorang. Gangguan syaraf akibat stroke ini khususnya merusak syaraf pendengaran yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Itulah sebabnya, penderita stroke biasanya juga akan mengidap vertigo yang cukup akut.

9. Gangguan Pembuluh Darah

Pembuluh darah yang memiliki gangguan akibat bermacam macam jenis penyakit juga mampu mengganggu keseimbangan tubuh. Keseimbangan tubuh yang tidak dijaga dengan peredaran darah yang lancar akan terganggu. Hal inilah yang dapat menyebabkan seseorang mengidap vertigo. Oleh karena itu, kesehatan pembuluh darah harus dijaga dengan baik.

10. Konsumsi Alkohol dan Kafein Berlebih

Seperti diketahui konsumsi alkohol dan kafein merupakan penyebab utama gangguan pembuluh darah pada diri seseorang dapat terjadi. Gangguan pembuluh darah inilah yang kemudian seperti dijelaskan sebelumnya akan menyebabkan gangguan pada keseimbangan. Efek samping selanjutnya tentu adalah konsumsi alkohol dan kafein yang berlebih dapat menyebabkan vertigo.

Gejala Penyakit Vertigo yang Perlu Diwaspadai

Setelah mengetahui bermacam-macam penyebab vertigo di atas, tentu Anda juga perlu mengetahui apa saja gejala yang dapat membedakan penyakit vertigo dengan sakit kepala biasa. Berikut ini beberapa gejala vertigo yang perlu Anda waspadai.

  1. Gejala pertama adalah sakit kepala yang terasa sangat parah ketika kepala Anda digerakkan ke satu arah. Hal ini disebabkan keseimbangan tubuh terganggu dan penyakit vertigo menyebabkan tubuh Anda sulit menyeimbangkan gerakan ke satu arah, termasuk gerakan kepala ini.
  2. Gejala selanjutnya adalah muntah dan mual yang sangat sering dirasakan. Penderita vertigo diketahui akan sering mengalami rasa ingin muntah atau mual dan juga diikuti oleh muntah. Tentunya sakit kepala biasa tidak akan sampai membuat seseorang muntah, seperti pada penyakit vertigo.
  3. Penderita vertigo juga biasanya sangat lemah pada bagian mata. Gerakan tiba-tiba seperti membuka dan menutup mata dapat menyebabkan pusing yang sangat hebat. Tidak jarang gerakan mata tiba-tiba ini dapat menyebabkan penderita tersebut jatuh karena pusingnya.
  4. Sering merasa lingkungan sekitar berputar adalah salah satu ciri utama dari penyakit vertigo ini. Seseorang yang menderita vertigo akan mudah merasa berputar ketika bergerak. Misalnya saja menggerakkan kepala, bangun tidur, bangun dari duduk, dan gerakan lainnya yang membutuhkan perpindahan cukup besar.
  5. Gejala lainnya yang menandakan seseorang menderita vertigo adalah gejala nafsu maka yang terus menurun. Keadaan syaraf yang terganggu menyebabkan seseorang akan mengalami kesulitan dalam menelan, terutama bagi penderita vertigo yang disebabkan oleh inflamasi labirin. Hal ini akan mempengaruhi proses pencernaan dan penderita menjadi tidak bernafsu makan.
  6. Pandangan mata yang sering berbayang atau kabur juga merupakan gejala vertigo yang tidak dapat dihindari. Hal ini masih berkaitan dengan syaraf yang terganggu yang juga menyebabkan vertigo dapat terjadi.
  7. Tidak jarang penderita vertigo juga mengalami gangguan dalam pendengaran. Misalnya ketika mendengar bunyi yang besar, penderita vertigo akan merasa pusing dan sakit kepala tersebut tidak lagi tertahankan.
  8. Terakhir, seorang penderita vertigo biasanya sering mengalami keringat dingin. Hal ini seperti yang telah dijelaskan sebelumnya disebabkan oleh keseimbangan tubuh yang terganggu dan pengaturan suhu pun menjadi tidak stabil.

Jika gejala-gejala di atas pernah Anda alami, maka kemungkinan besar Anda sedang menderita vertigo. Anda harus berhati-hati karena vertigo juga memiliki bahaya untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasi mengenai bahaya vertigo yang penting untuk kamu ketahui.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Berlebihan.

Sponsors Link

Bahaya Penyakit Vertigo yang Harus Dihindari

Mungkin tidak banyak dari Anda yang tahu bahwa penyakit vertigo tidak boleh disepelekan. Vertigo merupakan penyakit yang tergolong membahayakan. Berikut ini daftar mengenai bahaya vertigo yang harus Anda hindari.

  • Mengancam Kehilangan Pendengaran

Vertigo merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada syaraf pendengaran, tentu pada keberlanjutannya gangguan syaraf pendengaran ini pun dapat mengancam kemampuan pendengaran penderita vertigo. Perlahan-lahan infeksi pun akan menjangkiti organ telinga dan kehilangan pendengaran tidak bisa dihindari lagi. Jenis kehilangan pendengaran ini adalah kehilangan pendengaran secara permanen. Tentunya bahaya yang satu ini sangat perlu dihindari, oleh karena itu penanganan yang tepat harus segera dilakukan untuk meminimalisir resiko kehilangan pendengaran ini.

  • Mengancam Kehilangan Pekerjaan

Penderita vertigo tentunya akan mengalami keterbatasan dalam beraktivitas akibat dari terganggunya syaraf yang mengatur keseimbangan tubuh penderita. Keadaan ini sangat mengganggu penderita dalam melaksanakan kewajiban pekerjaannya. Tidak jarang penderita akan mudah jatuh dan merasa pusing, sehingga aktivitas sehari-harinya harus dikurangi sebanyak mungkin. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan penderita vertigo akan kehilangan pekerjaannya. Tentu resiko dan bahaya yang satu ini pun harus dihindari dengan mencegah vertigo sering kambuh saat Anda beraktivitas.

  • Menjangkiti Penyakit Lain

Penyakit vertigo tidak jarang juga dapat membahayakan karena ancamannya pada kesehatan tubuh di bagian lain. Seperti diketahui, vertigo merupakan awal dari munculnya penyakit-penyakit lain dari penderita. Misalnya saja, bagi penderita yang merasakan vertigo akibat dari tumor otak. Tumor otak ini akan membahayakan jika tidak diketahui sejak dini. Oleh karena itu, penderita vertigo yang tidak memeriksakan dirinya sering mengalami masalah lain karena tumor otak sudah semakin parah kondisinya bahkan dapat hingga mengancam nyawa dari penderita itu sendiri.

  • Mengancam Keselamatan Nyawa

Bahaya lain dari penyakit vertigo ini tentunya adalah dalam hal keselamatan nyawa. Penderita vertigo akan sering mengalami pusing yang membuat lingkungan sekitar berputar atau pandangan menjadi buram. Hal-hal seperti ini akan sangat berbahaya jika terjadi ketika sedang beraktivitas. Misalnya ketika sedang menyetir dan tiba-tiba vertigo kambuh, maka keselamatan nyawa dapat terancam karena kemungkinan kecelakaan yang akan terjadi. Begitu juga ketika penderita vertigo sedang menyeberang dan mendadak kambuh, berbagai hal dapat terjadi diluar kendali dari penderita vertigo tersebut. Oleh karena itu, vertigo harus segera diobati atau dicegah kemungkinan kambuh yang terlalu sering.

Baca juga: Sakit Kepala Cervicogenic.

Alternatif Pengobatan untuk Penyakit Vertigo

Vertigo dapat sembuh tanpa melakukan upaya pengobatan, namun ada juga vertigo yang akan bertambah parah jika tidak dilakukan upaya pengobatan. Alternatif pilihan pengobatan penyakit vertigo tersedia dalam dua pilihan. Pilihan pertama tentunya dengan memanfaatkan teknologi medis, sedangkan cara kedua adalah dengan memanfaatkan pengobatan herbal yang sudah dipercaya dan diketahui ampuh dalam menyembuhkan penyakit vertigo. Berikut ini beberapa alternatif pengobatan penyakit vertigo baik secara medis maupun obat herbal.

1. Latihan Brandt-Daroff

Salah satu alternatif untuk pengobatan vertigo adalah dengan melakukan serangkaian latihan yang dinamakan latihan Brandt-Daroff. Latihan ini diketahui ampuh untuk mengurangi gejala-gejala vertigo yang sering mengganggu aktivitas penderitanya. Latihan ini dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah Anda. Akan tetapi untuk beberapa pertemuan pertama Anda harus melakukannya dulu dengan pantauan dari dokter. Setelah mengetahui macam-macam latihan ini, maka kemudian Anda dapat mengulanginya sendiri setiap hari, minimal dua kali dalam sehari.

ads

2. Terapi Rehabilitasi Vestibular

Bagi penderita vertigo yang sangat sering kambuh, maka Anda sangat disarankan untuk mengikuti terapi yang satu ini. Terapi rehabilitasi vestibular merupakan terapi yang dilakukan untuk membiasakan vestibular yang merupakan bagian yang memiliki kontrol atas vertigo di otak dapat beradaptasi dengan rangsangan yang biasanya memicu vertigo. Adaptasi yang dilakukan ini kemudian akan membiasakan otak untuk tidak memunculkan gejala vertigo terlalu sering. Anda dapat melakukan rehabilitasi ini dengan di bawah pengawasan dari ahli fisioterapi.

3. Konsumsi Obat-obatan Vertigo

Jika melalui pengobatan oleh dokter, maka biasanya penderita vertigo akan diberikan serangkaian pengobatan melalui obat-obat yang akan dikonsumsi dengan rutin. Obat-obatan tersebut banyak jenisnya dan memiliki fungsinya masing-masing dalam mengobati vertigo yang sering mengganggu aktivitas dari penderitanya. Beberapa jenis obat yang sering diberikan untuk mengatasi vertigo antara lain adalah obat Antihistamin yang berguna untuk meredakan mual, obat Betahistine yang berguna untuk meredakan penyakit yang menyebabkan gangguan keseimbangan, dan masih banyak lagi jenis obat yang dapat diberikan sesuai dengan keluhan dari pasien itu sendiri.

4. Ramuan Teh dan Jahe

Selain menggunakan cara medis, vertigo juga dapat diatasi dengan menggunakan ramuan herbal. Salah satunya adalah ramuan herbal dari teh dan jahe.  Ramuan ini sama seperti pada sakit kepala diketahui mampu merelaksasi dan meredakan sakit kepala yang hebat seperti yang dialami oleh penderita vertigo. Mudahnya lagi, ramuan ini dapat Anda buat di rumah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sering mengalami vertigo yang kambuh, maka konsumsilah ramuan ini secara rutin minimal satu kali dalam sehari.

5. Konsumsi Yoghurt dan Strawberry

Ramuan alami lain yang diketahui dapat mengatasi dan mengobati gangguan vertigo adalah ramuan yoghurt dan strawberry. Ramuan yang satu ini akan mencukupi kebutuhan nutrisi serta memberikan efek segar pada penderita vertigo. Hal ini tentu membuat penderita vertigo akan merasa lebih segar dan sehat tidak lagi mudah lemah dan mudah muntah. Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, maka Anda perlu mengonsumsi ramuan ini selama minimal dua kali dalam seminggu. Selanjutnya, Anda pun akan merasakan gejala-gejala vertigo yang mengganggu sedikit demi sedikit akan berkurang intensitasnya.

6. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Vitamin D dan Vitamin B6

Makanan yang kaya akan vitamin D dan vitamin B6 adalah makanan yang wajib dikonsumsi oleh penderita vertigo. Seperti diketahui kebanyakan penderita vertigo memiliki asupan vitamin D dan vitamin B6 yang kurang. Oleh karena itu, pencukupan nutrisi ini penting dilakukan. Cara paling mudah tentunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini. Misalnya untuk vitamin B6 Anda dapat peroleh dengan mengonsumsi alpukat, bayam, daging merah, salmon, tuna, dan banyak jenis makanan lainnya. Sedangkan untuk kecukupan vitamin D, biasanya dokter akan memberikan resep untuk membeli suplemen vitamin D.

7. Mengonsumsi Cabai Rawit dan Ginkgo Biloba

Cabai rawit dan ginkgo biloba merupakan bahan masakan yang diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga gejala-gejala vertigo tidak sering kambuh. Cabai rawit adalah jenis cabai yang sangat pedas, namun kandungannya sangat bermanfaat untuk otak. Konsumsi dari cabai rawit ini dapat mengirimkan sinyal kepada otak agar terdistraksi dari sinyal gejala vertigo. Di sisi lain, ginkgo biloba atau salah satu jenis rempah ini diketahui sangat bermanfaat untuk mendukung proses produksi sel darah merah. Peredaran darah pun menjadi lancar dan kesehatan mata pun dapat terjaga dengan baik dan tidak mudah terjangkit efek vertigo pada kemampuan pandangan.

Cara Mencegah Penyakit Vertigo

Seperti diketahui di atas, ternyata penyakit vertigo sangat membahayakan dan menyulitkan bagi penderitanya. Informasi ini tentu membuat Anda ingin sebisa mungkin menghindari terjangkit penyakit ini. Beberapa ini cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pencegahan pada penyakit vertigo.

  • Menjalani Gaya Hidup Sehat

Menjalani gaya hidup sehat merupakan salah satu pencegahan yang wajib dan harus Anda lakukan. Seperti diketahui tumor otak, trauma, pembengkakan, dan infeksi yang merupakan penyebab utama dari vertigo merupakan hal-hal yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Contohnya adalah kebiasaan untuk mengonsumsi makanan cepat saji, jarang berolahraga, dan banyak kebiasaan buruk lainnya. Anda harus memastikan untuk menghindari gaya hidup tidak sehat tersebut untuk dapat menghindari vertigo.

  • Menghindari Kecelakaan

Membiasakan berhati-hati agar tidak mengalami kecelakaan yang menyebabkan trauma pun penting adanya. Kecelakaan yang menyebabkan trauma juga termasuk dalam beberapa alasan dibalik vertigo yang diderita seseorang. Oleh karena itu, kebiasaan dalam berhati-hati bertindak sangat penting untuk dimiliki. Menjaga kesehatan dengan menjaga aktivitas adalah salah satu cara yang paling ampuh.

  • Mengendalikan Emosi

Menjaga diri dan mengendalikan emosi agar tidak mudah terkena stress juga penting. Seperti diketahui stress dapat mengganggu kesehatan syaraf dan juga dapat menyebabkan stroke. Stroke akan menyebabkan vertigo. Itulah sebabnya mengendalikan emosi dan menjaga diri dari bahaya stress sangatlah penting. Pergilah berlibur dan habiskanlah waktu untuk bersenang-senang. Jangan biarkan diri Anda tersiksa dengan beban pekerjaan atau beban pikiran lain yang membuat Anda menjadi tidak sehat.

  • Lakukanlah Perawatan Telinga Secara Rutin

Penting untuk diketahui sumber masalah vertigo adalah pada syaraf pendengaran yang terganggu. Oleh karena itu, jagalah kesehatan syaraf pendengaran Anda dan hiduplah dengan teratur menjaga dan merawat kesehatan telinga. Hal ini sangat ampuh untuk mencegah gangguan-gangguan yang akan berujung pada penyakit vertigo akibat syaraf pendengaran yang terganggu.

Demikianlah tadi beberapa informasi mengenai vertigo mulai dari penyebab, gejala, bahaya, pengobatan sampai pencegahannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan tetap sehat juga terjaga dari resiko membahayakan penyakit vertigo.

, , , , , ,