Sponsors Link

Hubungan Antara Vertigo dan Asam Lambung

Sponsors Link

Vertigo ini merupakan suatu jenis dari gejala sakit kepala, yang mana kepala pada saat itu terasa pusing berputar seperti tujuh keliling yang kadang disertai pula oleh mual dan juga muntah. Sedangkan asam lambung ini adalah kaitannya dengan penyakit maag yaitu lambung iritasi akibat dari naiknya asam lambung, yang mana pada asam lambung ini berkaitan dengan pencernaan. Namun apakah antara keduanya, vertigo dan asam lambung ini ada hubungannya yang saling berkaitan ? Akan kita bahas pada artikel ini.

ads

Vertigo

Telah kita ketahui bahwa vertigo merupakan gejala dari suatu penyakit tertentu, dimana kepala pada saat itu terasa pusing tujuh keliling dan sekeliling terasa berputar. Dan vertigo ini bisa menjadi sakit kepala terus menerus hingga sakit kepala berdenyut hebat, yang juga disertai dengan mual bahkan muntah.

Vertigo ini sendiri penyebabnya dapat disebabkan oleh banyak faktor penyebab sakit kepala vertigo tersebut, seperti, adanya masalah atau gangguan pada telinga, kelelahan, stres, kurangnya waktu tidur, adanya cedera pada kepala ataupun bisa juga karena adanya gangguan pada sistem saraf.

Jenis vertigo yang biasa ditemui pada umumnya adalah jenis vertigo benign paroxysmal positional vertigo, yaitu vertigo yang terjadi secara mendadak dan berlangsungnya kurang lebih selama 1 menit. Dan biasanya terjadi saat penderita berbaring, berguling, bangun dari tempat tidur, yang memicu terjadinya vertigo jenis ini. Dan biasanya terjadi karena terdapatnya endapan kalsium pada salah satu kanal semisirkularis yang ada di dalam telinga bagian dalam. Selain itu, vertigo juga bisa disebabkan oleh karena adanya kelainan pada telinga seperti dalam saraf yang menghubungkan telingan dengan otak.

Asam lambung

Jika tadi pada vertigo terjadi karena berbagai gangguan yang berhubungan dengan kepala. Maka lain hal nya dengan asam lambung, asam lambung ini berkaitan dengan pencernaan. Jika asam lambung Anda naik maka akan menyebabkan timbulnya rasa seperti dada terbakar atau ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan. Dan kenaikan asam lambung juga dapat menyebabkan timbulnya luka dalam lambung Anda, yang menyebabkan sakitnya ulu hati Anda.

Biasanya suatu kondisi naiknya asam lambung ini disebabkan oleh adanya kelainan pada katup esofagus, konsumsi makanan pedas dan makanan berlemak yang berlebih, konsumsi coklat, minuman bersoda dan juga pada penderita kencing manis yang sudah mengalami kerusakan saraf.

Apakah ada hubungannya vertigo dengan asam lambung ?

Seperti telah kita bahas sebelumnya, bahwa penyebab vertigo itu merupakan suatu gejala dimana kepala terasa tujuh keliling dan sekeliling terasa berputar. Yang mana faktor penyebabnya yaitu, adanya gangguan pada telinga, cedera pada kepala, kurang tidur atau istirahat, stres, konsumsi obat – obatan tertentu atau karena adanya gangguan pada otak dan saraf serta tidak ada sama sekali hubungannya dengan pencernaan.

Begitupula dengan asam lambung yang mana merupakan suatu gangguan yang terjadi pada pencernaan, yang mana asam lambung naik sehingga menyebabkan perlukaan pada lambung dan terjadinya heartburn. Yang menyebabkan timbulnya gejala seperti ulu hati yang terasa panas, mual muntah, mulut terasa pahit, dan yang lainnya. Dan keduanya pada vertigo maupun asam lambung umumnya tidak ada hubungannya secara langsung, bisa saja saat asam lambung Anda naik vertigo Anda pun sedang kambuh, karena telah kita ketahui ada gejala yang sama pada vertigo dan juga asam lambung yaitu sama – sama menyebabkan mual dan muntah.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi vertigo dan juga asam lambung, yaitu diantaranya :

Mengatasi asam lambung :

  1. Makanlah dalam porsi kecil namun sering
  2. Jika Anda obesitas, maka turunkanlah berat badan Anda
  3. Sesaat setelah Anda makan cobalah untuk duduk terlebih dahulu selam 2 jam dan jangan langsung tidur atau berbaring
  4. Hindari makanan pedas dan juga berlemak serta makanan yang asam dan juga coklat
  5. Hindarilah rokok, dan jika Anda merokok berhentilah merokok
  6. Sebisa mungkin untuk menghindari stres, karena stres juga merupakan salah satu penyebab yang paling sering jadi pemicu naiknya asam lambung
  7. Tidur dengan bantal yang agak lebih tinggi
  8. Minum air rebusan kunyit yang dicampur dengan sedikit gula jawa
  9. Cobalah untuk membuat ramuan yang terdiri dari sagu yang dicampur dengan gula merah atau gula aren, yang hasilnya nanti akan seperti lem, dan konsumsilah secara teratur.

Cara mengatasi vertigo:

  1. Saat vertigo menyerang cobalah untuk berbaring sejenak di ruangan yang tenang dan bebas dari kebisingan serta gelap.
  2. Hindarilah gerakan yang dilakukan secara tiba – tiba, seperti sehabis tidur atau berbaring langsung berdiri atau dari jongkok langsung berdiri.
  3. Selama vertigo kambuh cepat ambil posisi duduk.
  4. Diusahakan untuk meminimalisir atau kalau bisa menghindari penggunaan komputer dengan layar yang pencahayaannya yang terlalu terang, menonton layar televisi dengan cahaya yang terlalu terang, atau berada pada lampu yang terlalu terang.

Itulah tadi pembahasan mengenai apakah ada hubungan antara vertigo dan asam lambung serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

, ,