Sponsors Link

Vertigo Disertai Muntah : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Vertigo merupakan suatu kondisi sakit kepala yang mana sakit kepala yang dirasakan adalah sakit kepala seperti sekeliling berputar tujuh keliling. Dan pada kondisi vertigo ini menyerang pula pada bagian saraf, sehingga disertai pula dengan muntah dan juga masalah pada pendengaran. Sakit kepala yang dirasakan jika tidak diobati akan dirasakan sakit kepala terus menerus hingga sakit kepala berdenyut hebat.

ads

Saraf yang biasa terkena adalah saraf pendengaran serta keseimbangan dan juga saraf yang berhubungan dengan pencernaan. Hal tersebut dinyatakan oleh dokter spesialis saraf dari RS Cipto Mangunkusumo. Dan pada vertigo ini bedanya dengan sakit kepala biasa yaitu, jika pada sakit kepala biasa, rasa sakit nya hanya berupa nyeri atau seperti ada sensasi ditarik pada bagian – bagian kepala tertentu, sedangkan pada vertigo ini yang dirasakan pada vertigo ini rasa sakit kepala yang dirasakan disertai dengan kepala berputar tujuh keliling dan terasa seperti ingin jatuh atau kehilangan pada keseimbangan.

Vertigo memiliki banyak penyebab, dan yang paling sering terjadi adalah yang disebabkan oleh karena adanya gangguan dan masalah pada telinga. Namun, selain itu terdapat beberapa penyebab vertigo disertai muntah lainnya, yaitu diantaranya :

  1. Disebabkan oleh karena adanya perubahan posisi kepala yang mendadak atau yang biasa disebut vertigo paroksimal jinak atau BBPV yaitu Benign Paroxysmal Positional Vertigo.
  2. Sakit kepala migrain atau yang biasa disebut sakit kepala sebelah juga merupakan salah satu penyebab terjadinya vertigo.
  3. Penyakit meniere
  4. Terjadinya infeksi pada telinga bagian dalam atau yang biasa disebut vestibular neuronitis
  5. Terdapat gangguan pada otak seperti tumor
  6. Mengkonsumsi obat – obatan tertentu
  7. Adanya trauma kepala atau cedera pada bagian kepala dan leher

Penyebab vertigo seperti yang telah disebutkan di atas, merupakan beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya vertigo. Dapat kita hindari beberapa penyebab tersebut di atas untuk menghindari terjadinya vertigo atau sakit kepala berputar.

Pada dasarnya penanganan pada vertigo bermacam – macam tergantung pada tingkat keparahan dan juga jenis vertigo tersebut. Seperti telah kita ketahui, jenis vertigo dibagi menjadi dua jenis, yaitu vertigo perifer dan juga vertigo sentral. Vertigo perifer itu adalah jenis vertigo yang biasa terjadi yang pemicunya yaitu adanya gangguan keseimbangan yang sumbernya terdapat pada telinga bagian dalam dan juga adanya masalah pada telinga bagian dalam. Sedangkan vertigo sentral yaitu vertigo yang disebabkan karena adanya masalah pada serebellum atau otak kecil yang letaknya di bawah batang otak atau otak besar.

Selain itu penyebab lainnya dari vertigo sentral yaitu, migrain, sklerosis multipel, stroke, tumor otak, tumor jinak yang menyerang saraf pendengaran atau akibat dari konsumsi obat – obatan tertentu. Dan disini ada beberapa cara menangani vertigo, yaitu diantaranya :

  • Dengan melakukan manuver epley untuk mengatasi BBPV atau suatu kondisi dimana terjadinya perubahan posisi kepala mendadak.
  • Penggunaan obat – obatan seperti prochlorperazine dan juga antihistamin. Namun perlu dicatat pada obat – obatan jenis ini tidak boleh digunakan dalam jangka waktu panjang.
  • Tidur dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi, hal ini bertujuan agar posisi kepala Anda lebih tinggi dari tubuh Anda sehingga darah dapat mengalir lancar.
  • Jika Anda sudah mengetahui atau mengenali pemicu vertigo Anda, maka hindarilah penyebab atau pemicu vertigo tersebut.
  • Membiasakan menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, menghindari rokok dan juga minuman beralkohol serta menghindari stres dan juga istirahat yang cukup.
  • Dengan terapi rehabilitasi vestibular yang bertujuan untuk membantu otak dalam beradaptasi dengan sinyal dari telinga yang menyebabkan vertigo.
  • Hindarilah gerakan yang dilakukan secara tiba – tiba, seperti contohnya saja saat Anda bangun tidur, cobalah untuk duduk terlebih dahulu sejenak dan hindari gerakan langsung bangun berdiri dari tempat tidur langsung.
  • Untuk yang penyakit meniere menjadi pemicu vertigo Anda maka kurangilah konsumsi garam dalam masakan harian Anda.
  • Pengobatan vertigo dengan latihan brandt daroff, latihan brandt daroff ini dapat Anda pelajari melalui dokter tempat Anda berobat. Diklaim latihan brandt daroff ini dapat meringankan gejala vertigo jangka panjang.

Itulah tadi beberapa pemicu atau penyebab vertigo disertai muntah beserta cara mengatasi vertigo disertai muntah. Semoga bermanfaat!

, , ,