Sponsors Link

Vertigo Disertai Telinga Berdengung : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Telinga berdengung atau tinnitus merupakan kondisi terdengar suara seperti dengungan dari bagian dalam telinga atau kepala. Telinga bagian dalam akan merasakan suara semacam dengungan yang biasanya dapat membuat telinga dan kepala terasa sakit. Telinga berdengung ini sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Telinga berdengung dapat dialami karena pengaruh mendengarkan suara yang terlalu keras. Selain itu beberapa hal lain yang dapat menyebabkan telinga berdengung diantaranya adalah gangguan pendengaran, obat-obatan, ataupun cedera. Telinga berdengung juga bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit, seperti meniere, neuroma akustik, ataupun labyrinthitis.

ads

Tinnitus dibagi menjadi dua jenis yaitu:

  • Tinnitus Subjektif: Tinnitus jenis ini adalah jenis tinnitus yang biasa dialami. Suara dengung pada telinga atau kepala pada tinnitus jenis ini hanya bisa didengar oleh orang yang mengalaminya. Penyebab tinnitus jenis ini adalah karena adanya gangguan atau kelainan pada telinga. Tinnitus subjektif adalah jenis tinnitus yang paling umum terjadi.
  • Tinnitus Objektif: Tinnitus jenis ini adalah jenis yang sangat terjadi. Pada tinnitus jenis ini, dengung pada telinga tidak hanya bisa didengar oleh penderita, namun juga oleh orang lain.

Kebanyakan kondisi telinga berdengung atau tinnitus tidak disebabkan oleh masalah serius. Namun seperti yang telah dijelaskan di atas, beberapa penyakit ditandai dengan gejala telinga berdengung, salah satunya adalah penyakit meniere. Apabila anda mengalami vertigo disertai telinga berdengung, maka ada kemungkinan anda menderita penyakit ini.

Vertigo

Vertigo merupakan salah satu jenis sakit kepala, dimana orang yang mengalaminya mengalami sensasi lingkungan yang berputar. Vertigo bukanlah suatu penyakit namun merupakan gejala dari suatu penyakit. Vertigo biasanya diikuti dengan gejala pusing, perasaan mual, dan ingin muntah. Penderita biasanya akan mengalami rasa pusing dan sakit kepala yang hebat serta kehilangan keseimbangan sehingga menyebabkan kesulitan berdiri dan berjalan. Dalam kondisi tertentu, vertigo biasanya diikuti dengan telinga yang berdengung. Kondisi seperti ini biasanya menjadi gejala adanya kelainan atau penyakit tertentu pada telinga bagian dalam.

Vertigo dibedakan menjadi dua jenis, didasarkan pada penyebabnya, yaitu:

  • Vertigo Periferal

Vertigo periferal merupakan vertigo yang terjadi karena adanya kelainan atau gangguan pada telinga. Kelainan yang terjadi pada telinga bagian dalam dapat mengganggu fungsi keseimbangan sehingga dapat menyebabkan vertigo. Penyakit-penyakit yang menjadi penyebab jenis vertigo ini diantaranya adalah BPPV, penyakit meniere, labirinitis, dan vestibular neuronitis.

  • Vertigo Sentral

Vertigo jenis ini merupakan vertigo yang biasanya disebabkan karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat, yakni pada otak kecil. Penyebab lain yang menyebabkan vertigo jenis ini adalah migrain, obat-obatan, stroke, dan tumor otak.

Penyakit Meniere

Penyakit meniere adalah gangguan atau kelainan yang terjadi pada telinga bagian dalam. Kondisi ini ditandai dengan tidak normalnya jumlah cairan di dalam telinga bagian tengah. Didalam bagian tengah terdapat membran labirin yang berisi cairan, membran ini dilapisi dengan sensor rambut yang berfungsi untuk merespon gerakan dari cairan. Cairan di dalam membran ini harus mempertahankan volume dan tekanannya sehingga fungsi sensor dalam telinga berfungsi baik. Penyakit meniere dapat membuat penderitanya mengalami gangguan pendengaran.

Belum diketahui sebab pasti dari timbulnya penyakit meniere ini. Beberapa kemungkinan seperti reaksi autoimun, faktor keturunan, trauma kepala serta infeksi virus diduga menjadi pemicu munculnya penyakit ini. Penyakit meniere biasanya hanya terjadi pada salah satu telinga.

Gejala Penyakit Meniere

Penyakit meniere biasanya ditandai dengan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Vertigo

Penyakit meniere merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami vertigo. Vertigo adalah gangguan keseimbangan tubuh yang ditandai dengan perasaan berputar-putar yang disertai dengan rasa pusing. Gangguan pada telinga yang disebabkan oleh penyakit meniere ini menyebabkan penderita mengalami gangguan keseimbangan tubuh. Tanda-tanda vertigo yang dialami penderita meniere biasanya muncul berulang.

Sponsors Link

  • Telinga berdengung dan ada tekanan

Telinga berdengung bisa jadi merupakan sebuah gejala dari suatu penyakit. Seperti penyakit meniere ini, salah satu gejala yang dialami penderitanya adalah telinga berdengung. Penderita bisa merasakan telinga berdengung mulai dari level yang ringan hingga parah yang dapat menyebabkan kepala terasa sakit. Gejala penyakit meniere lainnya adalah tekanan yang dirasakan pada bagian dalam telinga.

  • Gangguan pendengaran

Penyakit meniere ini merupakan sebuah kelainan pada telinga bagian dalam. Penyakit ini dapat mengganggu fungsi sensor pendengaran pada telinga. Oleh karena itu penyakit ini menyebabkan penderita mengalami gangguan pendengaran. Untuk kasus yang serius penyakit meniere dapat menyebabkan penderita kehilangan kemampuan pendengaran.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Apabila anda mengalami telinga berdengung anda bisa menunggu beberapa saat, dengung pada telinga akan hilang dengan sendirinya. Anda juga bisa mencoba untuk mengetuk kepala untuk membantu menghilangkan dengung pada telinga, caranya adalah sebagai berikut:

  • Tutup telinga dengan menggunakan telapak tangan
  • Arahkan jari ke bagian belakang kepala
  • Lakukan ketukan beberapa kali ke arah kepala anda dengan ujung jari
  • Perhatikan dengung pada telinga anda, anda bisa mengulangi ketukan ini sebanyak 40 hingga 50 kali
Sponsors Link

Selain itu cara lainnya adalah dengan menghindari hal-hal yang penyebab telinga berdengung. Langkah-langkah tersebut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan dengungan telinga sementara. Namun tidak semua dengungan telinga merupakan kejadian sementara yang terjadi hanya sesekali dalam kondisi tertentu. Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, vertigo disertai telinga berdengung bisa jadi merupakan gejala dari suatu penyakit, salah satunya adalah penyakit meniere.

Apabila anda mengalami vertigo disertai telinga berdengung, maka ada kemungkinan anda menderita penyakit meniere. Penanganan kondisi seperti ini tentu tidak bisa anda lakukan sendiri. Anda perlu memeriksakan diri anda ke dokter untuk memastikan gejala yang anda alami sehingga anda bisa menentukan langkah pencegahan dan metode pengobatan yang akan dilakukan selanjutnya.

Telinga berdengung merupakan kondisi yang dapat membuat anda merasa tidak nyaman. Pada kondisi tertentu, dengungan yang dirasakan dapat membuat telinga bagian dalam terasa sakit, dan juga rasa sakit di kepala. Telinga berdengung bisa merupakan kondisi ringan yang hanya disebabkan karena anda mendengarkan musik yang terlalu keras. Akan tetapi, apabila anda mengalami telinga berdengung secara berulang anda perlu memberikan perhatian yang lebih karena bisa jadi merupakan gejala penyakit kronis. Oleh karena itu, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter apabila anda sering mengalami telinga berdengung.

, , , ,