Sponsors Link

Vertigo Kronis : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Vertigo menjadi salah satu permasalahan kesehatan pada bagian kepala yang mungkin diidap oleh sebagian orang. Kondisi vertigo dapat menjadi salah satu jenis sakit kepala yang tentunya sangat menganggu bahkan ketika munculnya serangan vertigo, seorang penderita vertigo lebih sering tidak dapat melakukan aktivitas apapun dikarenan dalam serangan vertgo tersebut tubuh akan merasakan sendiri kondisi disekitar lingkungannya seperti terasa berputas secara tiba tiba.

ads

Kondisi vertigo sendiri sangat bervariasi, ada yang memang cukup ringan dan ada juga yang terjadi sangat berat. Serangan yang terjadi pada vertigo sendiri dapat terjadi cukup ringan dengan hanya kondisi pusing saja namun juga dapat terjadi sangat berat, parah, dan berlangsung sangat lama. Serangan yang parah menjadikan seseorang penderita tidak dapat melakukan aktivitas sehari hari dan hanya dapat beristirahat selama beberapa hari akibat kondisi yang terjadi pada bagian bagian kepala bahkan berlangsung beberapa minggu hingga serangan vertigo berakhir.

Dalam artikel kali ini, drsakitkepala.com akan menjelaskan salah satu jenis vertigo yang mungkin dapat terjadi pada beberapa orang yakni vertigo kronis. Kondisi vertigo yang disebut kronis merupakan keadaan dimana sensasi rasa berputar disekeliling lingkungan penderita vertigo dan rasa pusing yang dirasakan secara kronik atau berlangsung sangat lama hingga berbulan bulan. Berikut ini beberapa penjelasan lebih detail mengenai penyabab, cara mengatasi, dan pencegahan terjadinya kondisi vertigo yang kronis tersebut dalam penjelasan dibawah ini.

Penyebab Vertigo Kronis

Vertigo secara umum dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi dari yang ringan pemicunya seperti mabuk darat maupun mabuk laut hingga keadaan yang lebih berbahaya seperti kelainan kelainan neurologis. Vertigo kronis atau vertigo yang berkepanjangan merupakan salah satu jenis sakit kepala yang dapat disebabkan oleh beberapa hal yang perlu dipahami oleh setiap penderita vertigo. Beberapa penyebab vertigo yang berkepanjangan tersebut diantaranya seperti di bawah ini.

  • Anemia kronis, Kondisi pertama yang dapat menjadi penyebab terjadinya vertigo berkepanjangan adalah keadaan anemia kronis. Anemia kronis merupakan kondisi tubuh kekurang sel darah merah yang terjadi cukup lama. Keadaan vertigo akibat anemia tersebut tidak akan berhenti ketika anemia itu sendiri tidak diatasi terlebih dahulu dan tidak diketahui penyebabnya secara detail.
  • Tumor, kondisi tumor terutama yang terjadi pada otak dan yang menekan syaraf vestibularis dapat menjadi penyebab vertigo kronis atau berkepanjangan selanjutnya. Keadaan tumor pada bagian tersebut tentu menyebabkan gangguna sistem syarat yang berakibat terjadinya serangan vertigo. Kondisi vertigo akibat tumor akan terus berlangsung ketika tumor yang muncul tersebut tidak dapat diatas atau disembuhkan dan bahkan meningkan menjadi sebuah kanker.
  • Stroke, kondisi lain yang juga dapat menyebabkan terjadinya vertigo berkepanjangan adalah keadaan stroke. Vertigo sendiri bukanlah sebuah penyakit melainkan hanya sebuah gejala yang muncul akibat keadaan atau penyakit tertentu sehingga untuk dapat mengatasinya maka penyakit atau keadaan yang menajdi penyebab tersebut harus diatasi terlebih dahulu.
  • Penyebab lainya, beberapa keadaan lain yang juga dapat menjadi pemicu terjadinya vertigo berkepanjangan diantaranya seperti infeksi dan peradangan pada sistem syaraf, penyakit meniere, malformasi dan pelebaran pembuluh darah, TIA atau Transient ischemic attack, dan kondisi sakit kepala lainya.

Cara Mengatasi Vertigo Berkepanjangan

Untuk dapat mengatasi yang berkepanjangan tersebut adalah dengan mengatasi penyebab dari munculnya vertigo. Hal ini dikarenakan vertigo hanyalah sebuah gejala yang akan hilang ketika penyakit penyebabnya juga dapat diatasi. Yang dapat dilakukan oleh para penderita vertigo ketika terjadi serangan adalah mencoba untuk menghentikan serangan dan mencegah terjadinya serangan vertigo kembali. Berikut ini beberapa cara mengatasi serangan vertigo yang berkepanjangan tersebut.

  • Mengkonsumsi obat obatan tertentu, langkah konkrit awal yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi serangan vertigo adalah dengan mengkonsumsi obat oabatan tertentu yang sudah pernah diberikan atas petunjuk dokter. Beberapa jenis obat yang biasanya digunakan dalam pengobatan serangan vertigo diantaranya seperti  meclizine, promethazine, diphenhydramine, dimenhydrinate, dan lorazepam.
  • Istirahat dan menghindari aktivitas, langkah untuk menghindari munculnya dampak berbahaya dari serangan vertigo selanjutnya adalah dengan melakukan istirahat pada saat terjadinya serangan tersebut. Selain beristirahat, menghindari beraktivitas juga perlu dilakukan hingga serangan vertigo menghilang.
  • Operasi dan terapi rehabilitasi vestibular, untuk dapat mencegah terjadinya serangan vertigo berkepanjangan maka melakukan tindakan medis yang tepat seperti melakukan operasi dan terapi rehabilitasi vestibular dapat dilakukan tergantung dari penyebab vertigo kronis tersebut dan tentunya berbeda jenis operasi kepala pada setiap sebabnya

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya vertigo berkepanjangan atau kronis serta beberapa cara mengatasi serangan maupun mencegah terjadinya serangan berikutnya. Mencari penyebab dan mengatasi penyebab dari keadaan vertigo tersebut merupakan  langkah yang sebaiknya dilakukan oleh para penderita vertigo untuk dapat menjadikan serangan berikutnya tidak terjadi. Ketika muncul serangan vertigo yang pertama kali maka sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk melakukan beberapa teknis uji atau diagnosis medis agar dapat lebih awal mengetahui penyebabnya.

, , , ,