Sponsors Link

Vertigo Tak Kunjung Sembuh : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Vertigo ini merupakan sakit kepala yang dirasakan seperti sekeliling berputar dan merasa tujuh keliling. Dan vertigo ini berhubungan erat dengan keseimbangan. Tubuh kita memerlukan keseimbangan dalam berjalan begitu pula dalam berdiri, dan dengan koordinasi yang baik antara telinga bagian dalam dengan otak itulah dapat terciptanya keseimbangan. Proses nya yaitu pertama – tama telinga bagian dalam mengirimkan sinyal ke otak melalui saraf keseimbangan selanjutnya saraf – saraf nanti yang akan mengatur sehingga kita nantinya dapat berjalan dan berdiri dengan seimbang.

ads

Dan vertigo ini sebelum dilakukan penanganan kita harus mengetahui terlebih dahulu, jenis vertigo apa yang sedang menyerang, serta apa yang menjadi penyebab atau pemicu dari timbulnya vertigo tersebut. Dan biasanya vertigo ini disebabkan selain dari adanya masalah keseimbangan juga karena adanya masalah pada otak. Serta pada proses penyembuhannya juga berbeda – beda, ada yang dapat sembuh dengan sendirinya namun adapula sifat vertigo tak kunjung sembuh. Dan biasanya rasa sakitnya ini di bagian-bagian kepala tertentu, serta jika tidak segera diobati akan mengakibatkan sakit kepala terus menerus.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Medical Journal, menyatakan bahwa pada orang yang mengalami vertigo tak kunjung sembuh juga maka diperlukan latihan ulang terhadap otak penderita vertigo. Yang mana latihan tersebut dinamakan dengan rehabilitasi vestibular. Yang dianggap mampu mengatasi vertigo yang tak kunjung sembuh. Sehingga tidak terjadi lagi vertigo dengan kondisi sakit kepala berdenyut hebat.

Bagi Anda yang sudah mengalami vertigo dalam jangka waktu lama pasti Anda penasaran mengapa vertigo yang Anda alami tak kunjung sembuh juga. Berikut beberapa penyebab vertigo tak kunjung sembuh :

  1. Migrain atau pusing yang tak tertahankan
  2. Merokok dan minum – minuman beralkohol
  3. Kurang istirahat atau sering begadang merupakan pemicu atau penyebab tak kunjung sembuhnya vertigo, karena dengan seringnya begadang akan merusak dan mengacaukan sistem kerja organ tubuh Anda.
  4. Jarang berolahraga yang mana pada dasarnya olahraga ini sangat penting untuk menstimulasi hormon pembangkit rasa bahagia dan juga melancarkan peredaran darah, sehingga sangat baik dalam proses penyembuhan vertigo.
  5. Stres juga menjadi pemicu vertigo Anda yang tak kunjung sembuh, karena dengan stres tersebut mengacaukan serta merusak organ – organ tubuh, karena pada saat stres memacu tubuh meningkatkan produksi hormon jahat perusak organ tubuh yang bernama kortisol.
  6. Adanya inflamasi atau peradangan pada saraf vestibular yang terletak di telinga bagian dalam
  7. Penyakit meniere yang tak kunjung sembuh
  8. Sering mengalami demam tinggi menyebabkan saraf pada otak menjadi terganggu, dan demam tinggi yang terlalu sering menyebabkan kerusakan pada otak lama kelamaan, yang hal ini tentunya menyebabkan vertigo tak kunjung sembuh.
  9. Mengidap penyakit darah tinggi
  10. Aliran darah ke otak tersumbat atau adanya penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah ke otak terganggu.

Cara mengatasi vertigo yang tak kunjung sembuh:

  • Melakukan latihan rehabilitasi vestibular, yang mana dengan latihan ini penderita vertigo dianjurkan untuk melakukan aktifitas khusus yang dapat mendorong otak menyesuaikan diri dengan pesan abnormal yang ditransfer dari telinga. Dan selama pelatihan ini penderita terus bergerak meskipun mengalami pusing atau vertigo yang menyerang. Dan memaksa otak untuk menandalkan sinyal lain, dengan begitu akan mengurangi gejala vertigo yang tak kunjung sembuh ini.
  • Dokter akan memberikan obat seperti prokloperazin serta antihistamin untuk penderita vertigo.
  • Berolahragalah secara teratur, karena dengan berolahraga selain dapat menghindari diri dari stres, juga dapat melancarkan aliran darah yang menuju ke otak.
  • Menjaga pola hidup sehat, dengan olahraga secara teratur, menghindari begadang, istirahat yang cukup, menghindari rokok dan juga alkohol.
  • Mengambil posisi duduk setelah ituberbaring saat vertigo menyerang dan pada saat tidur, gunakan bantal yang lebih tinggi.
  • Cobalah untuk rutin menggerakkan kepala secara perlahan
  • Hindarilah gerakan kepala mendongak atau tubuh berjongkok dan juga tubuh membungkuk
  • Lakukan latihan – latihan yang dianjurkan oleh dokter untuk mengobati vertigo Anda
  • Konsumsilah makanan yang sehat, jauhi makanan yang mengandung kolesterol tinggi karena dapat menyumbat aliran darah yang menuju ke otak jika kolesterol berlebih dalam darah Anda. Selain itu juga kurangi konsumsi gorengan serta makanan – makanan berlemak.
  • Periksalah ke dokter saraf dan lakukan tindakan CT Scan kepala agar dapat diketahui apakah terdapat masalah pada bagian dalam otak Anda. Jangan lupa pula untuk memeriksakan diri ke dokter THT.

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi vertigo tak kunjung sembuh. Semoga bermanfaat!

, , ,