Sponsors Link

Bukti Vertigo Yang Disebabkan Asam Lambung Dan Perawatan

Sponsors Link

Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang sangat umum. Gangguan ini terjadi ketika asam dalam lambung naik sampai ke kerongkongan. Rasanya memang tidak nyaman karena asam bisa keluar sampai ke mulut kemudian akan memicu mual dan muntah. Penderita penyakit maag akan berisiko dengan kondisi ini sehingga sulit untuk mendapatkan kondisi tubuh yang nyaman.

ads

Masalah utamanya adalah bahwa asam lambung yang naik biasanya menyebabkan sakit kepala sebagai gejala yang berlebihan. Rasa sakit kepala bisa membuat kondisi tubuh menjadi semakin lemah. Dalam kondisi yang cukup parah maka sakit kepala berkembang menjadi vertigo. Tapi benarkah bahwa ada hubungan vertigo dan gangguan lambung. Berikut ini akan dijelaskan mengenai bukti vertigo yang disebabkan asam lambung dan perawatan yang diperlukan.

Hubungan Vertigo dengan Asam Lambung

Asam lambung adalah kondisi ketika asam dari lambung naik sampai ke kerongkongan. Hal ini yang akan menyebabkan beberapa sensasi seperti mulas, mual, panas pada dada, mulut pahit dan kondisi yang tidak nyaman. Kemudian saat itu maka biasanya kepala menjadi sakit dan ada sensasi berputar. Sensasi berputar inilah yang dinamakan dengan vertigo.

Ternyata memang ada hubungan antara vertigo dan asam lambung dengan beberapa penyebab yang berbeda. Gangguan pencernaan sering menyebabkan sensasi yang tidak nyaman pada kepala termasuk vertigo. Tapi penyebab utama dari kondisi ini adalah sebuah keadaan yang dinamakan POTS atau Postural Orthostatic Tachycardia Syndrome.

Hal ini terjadi ketika aliran darah yang kembali ke jantung ketika berada dalam posisi berbaring lalu bangkit menurun dengan cepat. Kemudian hal ini yang akan menyebabkan beberapa gejala seperti:

  • Sakit kepala yang parah.
  • Pusing berputar.
  • Jantung berdebar kencang.
  • Rasa lelah yang parah.
  • Mual sampai muntah yang akan mengosongkan lambung.
  • Penyebab lain dari kondisi ini termasuk seperti aliran darah yang sangat sedikit dari jantung ke lambung.

Penyebab Vertigo pada Asam Lambung

Terkadang asam lambung bisa jadi karena ada hubungannya dengan efek sakit kepala sebelah yang kemudian menjadi vertigo. Kondisi ini sebenarnya bisa terjadi karena ada beberapa hal yang berbeda. Jika vertigo tidak dipengaruhi oleh POTS maka penyebabnya karena asam lambung itu sendiri.

Hal ini terjadi ketika asam lambung biasanya membuat proses pencernaan dalam lambung menjadi tidak sempurna. Akibatnya makanan yang masuk ke lambung tidak bisa dicerna dengan baik. Sementara itu lambung mengandung bakteri H. pylori yang akan membentuk gas namun sebagian gas ini mengandung racun. Gas dengan kandungan racun yang tinggi akan membuat perut kembung sehingga akan memaksa sfingter esofagus sampai isi lambung keluar.

Gas inilah yang akhirnya juga memicu otak mengalami kondisi yang berbeda bahkan bisa sampai ke otak. inilah yang menyebabkan munculnya tanda tanda vertigo semakin jelas.

Apakah Vertigo Selalu Berhubungan dengan Asam Lambung?

Banyak orang yang selalu mengartikan bahwa asam lambung yang tinggi pasti akan menyebabkan vertigo. Kondisi ini dianggap wajar karena ketika asam lambung naik maka vertigo pasti datang kemudian. Namun beberapa pakar medis membuktikan jika asam lambung yang naik tidak selalu berhubungan dengan vertigo. Jika mengalami vertigo setelah asam lambung naik maka itu bisa jadi karena kebetulan saja. Biasanya awal dari asam lambung yang naik dengan cepat maka akan menyebabkan sakit kepala biasa. Kemudian setelah minum obat sakit kepala maka biasanya gangguan vertigo akan menurun dan bisa sembuh dengan pelan.

Perawatan

  1. Hidrasi tubuh. Ketika penyebab vertigo berhubungan dengan POST yang ringan maka cobalah untuk minum air mineral yang cukup. Hidrasi akan membuat tubuh menerima kondisi yang lebih nyaman. Namun cara minumnya harus pelan-pelan , sedikit demi sedikit agar tidak muntah.
  2. Olahraga rutin dan ringan. Penderita juga harus membiasakan untuk olahraga ringan yang rutin. Ini akan membantu aliran oksigen dalam tubuh menjadi normal dan mengatasi keluhan asam lambung.
  3. Obat sakit kepala. Karena asam lambung sudah mempengaruhi vertigo maka bisa diatasi dengan cara mengobati vertigo karena maag. Beberapa jenis obat yang biasanya diberikan oleh dokter termasuk seperti ibuprofen, aspirin, naproxen sodium dan jenis obat lain yang aman untuk lambung.

Penyebab Vertigo Lain

  1. Masalah irama jantung. Selain kondisi asam lambung ternyata vertigo juga bisa dipengaruhi oleh masalah irama jantung. Hal ini terjadi ketika gangguan irama jantung menyebabkan detak jantung menjadi tidak normal. Kemudian aliran darah dari jantung ke otak menurun dengan cepat sampai menyebabkan pandangan kabur dan sensasi berputar.
  2. Efek mabuk darat atau perjalanan. Mabuk perjalanan atau mabuk darat juga akan menyebabkan sensasi vertigo yang cukup parah. Hal ini terjadi karena mabuk perjalanan membuat sensasi kepala berputar sampai mual dan muntah. Kondisinya bisa lebih buruk lagi jika keadaan lambung bermasalah termasuk karena asam lambung yang tinggi.
  3. Efek obat. Orang yang baru minum obat tertentu juga bisa mengalami vertigo namun diawali dengan lambung yang perih dan sensasi mulas. Beberapa jenis obat memang bisa menyebabkan kondisi ini sehingga efek vertigo memang sangat berat. Jenis obat yang bisa memicu masalah ini termasuk obat untuk tekanan darah tinggi dan gangguan irama jantung.
  4. Dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh juga akan menyebabkan kepala berputar dan tidak nyaman. Kondisi ini terjadi karena jumlah cairan dalam tubuh terus menurun sehingga menyebabkan tekanan darah menurun dengan cepat. Lalu memicu vertigo yang akan membuat tekanan darah menjadi lebih rendah lagi. Karena itu cobalah untuk minum secara perlahan saat terkena vertigo dan gangguan asam lambung.
  5. Dampak migrain. Vertigo bisa juga terjadi akibat dampak migrain yang tidak dirawat dengan tepat. Penderita migrain biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan. Kemudian inilah yang membuat asam lambung naik karena tidak makan dengan baik sehingga lambung tidak mencerna makanan secara normal.

Inilah semua bukti vertigo yang disebabkan asam lambung dan perawatan. Kondisi ini perlu mendapatkan perawatan dari dokter sehingga gangguan asam lambung segera teratasi dan vertigo tidak muncul.

, ,



Oleh :